Penjaminan Mobil Yang Paling Dicari

Penjamin MobilBila kita melihat angka kecelakaan di jalan raya yang semakin tinggi belakangan ini, seharusnya hal itu berdampak juga kepada tingginya kesadaran masyarakat dalam menggunakan asuransi mobil. Tapi, apa kita bisa yakin penjaminan asuransi yang ditawarkan oleh agen asuransi sudah sesuai dengan kebutuhan kita? Lebih baik kita intip dulu penjelasan penjaminan asuransi mobil yang paling diminati berikut ini.
Ada 2 jaminan yang diberikan dalam penjaminan asuransi mobil, yaitu All Risk (jaminan untuk kerusakan parsial maupun secara keseluruhan, termasuk kehilangan akibat pencurian) dan TLO (jaminan atas kerusakan secara keseluruhan dengan minimal kerusakan 75%, hingga kehilangan akibat pencurian).

Umumnya 2 paket ini merupakan paket yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi untuk mobil, namun ada beberapa tambahan jaminan dalam paket tersebut yang juga ditawarkan oleh penjamin asuransi yaitu perluasan jaminan. Jaminan perluasan ini antara lain menjamin Tuntutan Hukum Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri Pengemudi dan Penumpang, RSCCTS (Kerusuhan, Pemogokan, Huru Hara, Terorisme dan Sabotase), Kerusakan akibat alam (Banjir, Angin Topan, Badai, Gempa Bumi, Gunung Meletus dan lainnya), Pencurian yang dilakukan oleh supir pribadi. Ada juga perluasan jaminan bagi Anda yang menginginkan pelayanan dari Bengkel Resmi (ATPM) dengan jaminan perluasan Authorized Workshop.

Sedangkan untuk paket yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini, khususnya untuk yang tinggal di perkotaan yaitu penjaminan menggunakan paket All Risk dan ditambah dengan paket jaminan perluasan Tanggung Jawab Hukum pihak ketiga dan Jaminan Kerusakan yang disebabkan oleh Banjir.

Mengapa harus Tanggung Jawab Hukum Pihak Ke-3 & Jaminan kerusakan yang disebabkan oleh banjir? Mari kita buat ilustrasinya:

Amir (nama samaran) merupakan seorang karyawan swasta yang baru saja membeli mobil baru dengan pembayaran cash, sebagai salah satu penghargaan dari hasil kerja kerasnya. Karena ia menghargai jerih payahnya dan melihat teman-temannya yang menggunakan asuransi mobil cukup menguntungkan, ia pun tertarik menggunakan asuransi. Namun, ia bingung harus memilih paket asuransi apa yang cocok, yang mampu menjamin mobilnya namun tidak terlalu mahal dari segi harga premi. Didukung oleh faktor, tempat tinggalnya diperkotaan yang tingkat kemacetannya sangat tidak bisa dihindari, motor yang lalu lalang tanpa perduli lingkungan, dan juga keadaan alam yang sering kali tidak bisa ditebak. Akhirnya Amir memutuskan membeli penjaminan All Risk dengan jaminan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga serta dilengkapi dengan jaminan kerusakan akibat Banjir dan Water Damage. Singkat cerita, Amir yang baru belajar mengemudikan mobil barunya itu menyerempet kendaraan lain dan dituntut ganti rugi oleh sang pengemudi kendaraan tersebut yang kebetulan memang tidak memiliki asuransi, maka Amir melakukan klaim terkait perihal tersebut ke pihak asuransi penanggung kendaraannya dan ia hanya dibebankan biaya Resiko Sendiri (Own Risk) untuk klaim tersebut. Dan saat memasuki musim penghujan, Amir lebih sering menggunakan mobilnya untuk transportasi utama demi menghindari hujan-hujannan diperjalanan, tidak mengetahui bahwa akan ada musibah yang datang, mobil Amirpun terendam banjir pada saat parkir didaerah perkantoran tempat ia bekerja, alhasil Amir harus merogoh kocek untuk perbaikan mobil kesayangannya akibat terendam banjir, namun karena ia memiliki jaminan TSFWD (Typhoon, Storm, Flood, Water Damage), maka ia mendapatkan keringanan dari musibah yang baru saja menimpa dirinya, dan akhirnya Amirpun menyadari bahwa asuransi hadir sebagai transfer resiko yang tidak sengaja diderita olehnya.

Dari ilustrasi diatas, seandainya saja si Amir tidak mengambil jaminan kerusakan akibat banjir dan Tanggung Jawab Hukum Pihak ke-3, Ia pasti akan mengeluarkan uang yang banyak, walau sebenarnya mobilnya dilindungi oleh pihak asuransi (dengan penjaminan All Risk standar). Jaminan tanggung jawab pihak ke-3 ini berfungsi untuk Anda yang tidak sengaja merugikan orang lain, dan pihak tersebut tidak memiliki penjaminan asuransi atas kendaraan yang dirugikan oleh si Amir.

Sedangkan untuk jaminan kerusakan yang disebabkan oleh banjir atau water damage sendiri sebenarnya banyak digunakan oleh mereka yang sudah menyadari bahwa sampai saat ini, Ibukota sering kali digenangi oleh air saat hujan lebat turun dalam waktu yang cukup panjang. Banjir merupakan bencana alam yang hampir terjadi setiap tahunnya, dan merugikan banyak orang, baik itu bisa merusak rumah mereka ataupun kendaraannya, untuk perbaikannya pun cukup merogoh kocek sangat dalam. Maka itu, tidak heran bila banyak masyarakat terutama untuk mereka yang tinggal daerah perkotaan menggunakan kedua paket jaminan perluasan ini.

Jadi apakah Anda sudah dapat menentukan penjaminan asuransi mobil yang tepat untuk mobil kesayangan Anda? Cek dan Bandingkan semua jaminannya sebelum Anda membeli. Let’s be a smart shopper. Cheers!

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

September 8, 2016

Posted In: Automotive

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami