Pentingnya Peringatan Hari Sejuta Pohon di Indonesia

 Sejuta Pohon

Kebanyakan orang banyak yang antusias dengan perayaan tahun baru. Awal tahun seakan sudah sangat identik dengan perayaan tahun barunya, entah itu dengan menyalakan kembang api, pesta barbeque, sekadar berkumpul bersama keluarga, dan lain-lain. Hampir tidak ada orang (khususnya orang perkotaan) yang tidak tahu mengenai tradisi ini. Namun, apakah Anda tahu jika ada tanggal penting juga di awal bulan Januari yang patut diketahui dan diperingati?

Hari sejuta pohon yang jatuh pada tanggal 10 Januari adalah apa yang dimaksud di sini. Hari peringatan ini sesungguhnya juga sudah mendunia atau dengan kata lain sudah menjadi hari peringatan di seluruh dunia. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu mengenai hari peringatan ini. Padahal, hari peringatan ini harusnya bahkan lebih penting dari pada perayaan tahun baru. Kenapa? Karena peran pohon bagi dunia ini sangatlah besar.

Pohon memang memiliki peranan yang sangat penting bagi dunia ini, terutama bagi keberlangsungan hidup di bumi. Fungsi pohon yang paling utama adalah sebagai penghasil oksigen, sebuah komponen utama pernapasan manusia. Pohon juga merupakan alat penyerap karbondioksida, dan juga sebagai penyerap dan penampung cadangan air. Tanpa pohon, selain tidak adanya supply untuk bernapas, keseimbangan lingkungan hidup di dunia juga bisa hancur. Bagaimana? Sangat penting bukan, peran pohon ini?

Pentingnya peranan pohon inilah yang menjadi alasan mengapa hari sejuta pohon itu penting untuk diperingati. Hari sejuta pohon bisa dijadikan sebagai momentum atau pengingat betapa pentingnya peran pohon bagi bumi ini dan betapa kita sebagai manusia harus melakukan yang terbaik untuk melestarikan keberadaan pohon di dunia ini. Apalagi di Indonesia sebagai negara tropis.

Indonesia terkenal dengan kehijauannya, banyak sekali pepohonan, terutama yang berasal dari hutan tropis di Indonesia. Sayangnya, keberadaan pohon dan hutan-hutan itu semakin lama semakin terancam yang tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh ulah manusia Indonesia sendiri. Penebangan pohon, penggusuran daerah terbuka hijau untuk mendirikan bangunan-bangunan perkotaan, hingga kebakaran hutan lah yang mengancam kehijauan negara ini, sehingga tidak sehijau dulu. Dikhawatirkan, kondisinya akan semakin parah dalam waktu mendatang.

Oleh sebab itu, kita sebagai rakyat Indonesia dan terutama mahluk bumi, harus melakukan sesuatu untuk menghindari resiko seperti itu. Salah satu usaha yang bisa kita lakukan adalah dengan lebih memperhatikan lingkungan sekitar dan keberlangsungan hijaunya pepohonan di negeri ini. Hal itu bisa Anda lakukan dengan turut memperingati hari sejuta pohon.

Peringatan untuk hari ini bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara, di antaranya adalah dengan melakukan kampanye untuk mengajak orang-orang lain peduli, atau dengan melakukan penanaman pohon. Diharapkan dengan ini, Indonesia bisa menjadi lebih hijau dan dunia pun bisa terhindar dari kegersangan, serta mengurangi yang namanya pemanasan global.

Related Post

Tips Menabung Dengan Cara Sistematis Uang? Tahukah anda apa arti uang dan manfaat uang bagi kehidupan anda? Uang menjadi salah satu faktor utama penunjang kehidupan anda sehari – hari. Ba...
Sadar Asuransi, Pahami Pengertian Asuransi Sebelum...   Pada masa ini hanya sekitar 5% masyarakat Indonesia yang memiliki asuransi dan tertarik akan asuransi. Mengapa? Maka jawabannya akan berag...
200 Miliar Rupiah Untuk Asuransi Tangan Pemilik Ge...   image source bussinesinsider Bagi seseorang yang bekerja pada setiap bidangnya salah satu aset yang harus dijaga adalah anggota tubuh ya...

Leave a Reply

January 6, 2017

Posted In: Lifestyle

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami