Pentingnya Test Drive Sebelum Membeli Mobil

test drive

Sebelum membeli mobil, kamu harus mempertimbangkan apakah harga mobil sesuai atau tidak dengan anggaran, dan hal terkait spare part, perbaikan, atau segala hal yang berkaitan dengan penggunaan saat berada di jalan. Oleh karena itu, penting untuk kamu melakukan test drive terlebih dahulu.

Melalui test drive kamu dapat merasakan sensasi mengendarai mobil yang akan kamu beli, atau mengetahui kondisi mobil yang sesungguhnya. Berikut ini adalah alasan kenapa kamu membutuhkan test tersebut sebelum membeli mobil.

3 Alasan Kenapa Harus Melakukan Test Drive Sebelum Membeli Mobil

  • Mengetahui Pengoperasian Fitur yang Terdapat Pada Mobil

Sebelum menentukan mobil mana yang akan kamu pilih, biasanya kamu akan melakukan riset terkait mobil tersebut. Seperti apa saja fitur yang ada pada mobil pilihanmu.

Oleh karena itu, dengan kamu melakukan test jenis ini kamu dapat mengetahui secara langsung terkait fitur apa saja yang ada pada mobil, dan bagaimana cara pengoperasiannya. Sehingga kamu dapat memahami dan tidak merasa kesulitan ketika akan menggunakan fitur tersebut.

  • Mengetahui Apa Saja Kelebihan yang Terdapat Pada Mobil

Selain pengoperasian fitur, kamu tentu akan mencari informasi terkait kelebihan yang ada pada mobil pilihan. Selain kamu mencari informasi, tentu saja sales mobil akan memberikan informasi kelebihan apa saja yang ada pada mobil.

Kamu dapat membuktikannya secara langsung dengan melakukan test jenis ini. Sehingga kamu dapat mengetahui apakah informasi terkait kelebihan pada mobil tersebut benar adanya atau tidak.

  • Mengetahui Kondisi Mobil yang Sesungguhnya

Ketika kamu hanya sekadar melihat-lihat mobil yang ingin kamu beli, dengan kamu yang telah melakukan test jenis ini tentu berbeda. Karena kamu dapat mengetahui secara langsung bagaimana kondisi mobil yang sesungguhnya.

Seperti kenyamanan saat mengemudi, dan lain sebagainya. Usahakan untuk melakukan test mobil pada beberapa tipe kontur jalan, seperti jalan bebatuan, atau melewati polisi tidur, dan lain sebagainya.

Ketiga alasan tersebut dapat membantu kamu untuk menentukan pilihan, apakah mobil yang telah kamu coba benar-benar pilihan terbaik atau tidak. Agar test tidak terasa sia-sia, berikut ini adalah tips yang dapat kamu ikuti.

Tips Sebelum Melakukan Test Drive

  • Menentukan Rute untuk Test¬†

Seperti salah satu alasan melakukan test yaitu untuk mengetahui kondisi mobil sesungguhnya, maka kamu dapat meminta kepada sales mobil untuk melakukan test pada jalan yang berbeda.

Usahakan rute jalan yang kamu minta adalah rute sehari-hari yang biasa kamu lewati. Contohnya seperti, jika dalam keseharian kamu biasa melewati jalan raya, kamu dapat meminta test mobil di jalan raya.

  • Mempelajari Sistem Keselamatan yang Tersedia di Mobil

Sebelum melihat apa saja kecanggihan yang ada pada mobil pilihan, kamu juga harus memperhatikan apa saja sistem keselamatan yang tersedia pada mobil tersebut. Sehingga jika terjadi sesuatu setelah kamu membeli mobil tersebut, kamu sudah mengetahuinya.

Sistem keselamatan dapat berupa kamera mundur, blind spot monitor, rear cross traffic alert, dan lain sebagainya. Kamu dapat memeriksa beberapa sistem keselamatan tersebut ketika sedang melakukan test ini.

  • Mencoba Memposisikan Diri Sebagai Penumpang

Selain mencoba mengendarai mobil, kamu dapat mencoba hal ini yaitu memposisikan diri sebagai penumpang. Hal ini dapat dilakukan jika kamu membeli mobil untuk keluarga.

Jika mencoba duduk sebagai penumpang, kamu dapat merasakan kenyamanan pada mobil tersebut. Sehingga kamu tidak akan menyesal dengan salah memilih mobil.

Test drive adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan sebelum melakukan pembelian mobil. Ketika kamu sudah melakukan pembelian mobil, hal yang dapat kamu lakukan adalah mengikuti asuransi untuk mobil.

Asuransi mobil dapat membantu kamu untuk segala sesuatu yang terjadi di waktu mendatang. Meskipun tidak ada yang ingin jika mobilnya terjadi sesuatu, namun tidak ada salahnya bukan untuk mengantisipasi?

Kunjungi Cekpremi untuk rekomendasi asuransi mobil terbaik. Kamu dapat memilih asuransi mobil dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Pertanyaan Seputar Test Drive

Para calon pembeli diperbolehkan untuk melakukan test sebelum membeli mobil pilihannya. Berikut ini adalah pertanyaan yang sering muncul terkait test drive, yaitu:

Apa tujuan dari test drive?

Kamu dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mobil yang akan dibeli

Berapa lama waktu untuk test drive?

Biasanya kamu akan diberi waktu beberapa menit saja untuk melakukan test ini.