7 Penyebab Kecelakaan Mobil di Tol (Jangan Disepelekan!)

Nov - 08
2021

7 Penyebab Kecelakaan Mobil di Tol (Jangan Disepelekan!)

Last Updated on November 9, 2021 by Rhandy Verizarie

Kecelakaan tunggal yang menewaskan artis Vanessa Angel dan sang suami Febri ‘Bibi’ Ardiansyah di ruas tol Jombang km 672 arah Surabaya pada Kamis (4/11/2021) lalu menambah daftar panjang kasus kecelakaan yang terjadi di jalan tol. Tentunya bukan tanpa sebab insiden seperti ini bisa terjadi. Lantas, apa saja penyebab kecelakaan mobil di jalan tol? Bagaimana tips aman berkendara di jalan tol? Simak informasinya berikut ini!

Penyebab Kecelakaan Mobil di Jalan Tol

Data dari Balitbang Kemenhub RI tahun 2018-2019 menyebutkan bahwa jumlah kecelakaan di jalan tol Indonesia mencapai 3.735 kasus per tahun, terbanyak terjadi di ruas tol Trans Jawa. Kecelakaan mobil sendiri secara umum disebabkan oleh faktor kelalaian manusia (human error) dan juga faktor alam.

Berikut ini beberapa penyebab kecelakaan mobil di jalan tol yang paling umum:

1. Rem Mobil Blong

Penyebab kecelakaan mobil di jalan tol yang pertama adalah rem blong. Ya, rem yang merupakan komponen vital mobil bisa mengakibatkan insiden fatal jika tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sistem pengereman mobil wajib dalam kondisi prima sebelum dikendarai.

Agar kejadian rem blong ini dapat dihindari, Anda sebagai pengendara harus selalu memeriksa kondisi rem sebelum berkendara. Selain itu, lakukan perawatan sistem pengereman mobil secara berkala agar kondisi tetap baik.

2. Pecah Ban

Penyebab kecelakaan tunggal di jalan tol selanjutnya adalah pecah ban. Ban yang pecah tiba-tiba tentu saja membuat laju mobil jadi tidak terkendali dan kemungkinan besar mengalami kecelakaan, entah itu terguling ataupun menabrak dinding pembatas jalur.

Oleh sebab itu, memastikan ban dalam kondisi baik sebelum bepergian wajib hukumnya untuk Anda lakukan agar risiko kecelakaan setidaknya dapat diminimalisir.

3. Tidak Menjaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda juga menjadi hal yang mutlak dilakukan saat berada di jalan tol. Pasalnya, banyak juga kasus kecelakaan yang dialami oleh mobil yang tidak menjaga jaga jarak aman satu sama lain.

Anda tidak bisa memprediksi kapan kendaraan di depan tiba-tiba melakukan rem mendadak, bukan? Maka dari itu, pastikan jarak Anda dengan kendaraan di depan aman, yakni sekitar 3 detik.

4. Mengemudi Melebihi Batas Kecepatan

Jalan tol dirancang untuk kecepatan tertentu. Itu sebabnya, lumrah kita lihat rambu yang mengisyaratkan batas kecepatan minimal dan maksimal ketika berkendara di jalan tol.

Nah, faktanya banyak pengemudi yang tidak mengindahkan rambu tersebut dan tetap saja memacu mobilnya melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan. Hal ini tentu saja berpotensi membuat mengganggu kestabilan mobil yang bisa berimbas pada kecelakaan tunggal.

5. Mengantuk

Banyak kasus kecelakaan tunggal mobil di jalan tol yang juga disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk saat mengendarai mobilnya. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, baik bagi pengemudi, penumpang, bahkan pengendara lain di sekitarnya.

Oleh sebab itu, jangan paksakan diri Anda untuk tetap mengemudi saat rasa kantuk datang. Segeralah cari tempat istirahat (rest area) atau bergantian dengan pengemudi lainnya saja agar perjalanan tetap lancar dan selamat.

6. Kelebihan Muatan

Penyebab kecelakaan mobil di jalan tol lainnya adalah kelebihan muatan. Sudah jelas, membawa muatan melebihi kapasitas maksimal kendaraan juga bisa berakibat fatal. Hal ini dikarenakan mobil berpotensi kehilangan keseimbangan saat melaju di jalan tol.

Oleh karenanya, jangan memaksa untuk membawa muatan lebih dari kapasitas maksimal mobil Anda, ya.

7. Kurang Konsentrasi

Mengemudi membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Itu sebabnya, Anda sangat dilarang untuk mengemudi sambil melakukan hal-hal lain seperti bermain ponsel, berbicara, dan sebagainya yang mana ini bisa mengurangi konsentrasi.

Jadi, fokuskan pikiran Anda pada jalanan yang sedang dilalui selama menyetir agar terhindar dari kecelakaan.

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Berikut ini sejumlah tips aman berkendara di jalan tol agar risiko kecelakaan tunggal setidaknya bisa Anda minimalisir sehingga selamat sampai ke tempat tujuan. Apa saja sih?

1. Kendalikan Kecepatan

Pertama, pastikan kecepatan mobil Anda saat melaju di jalan tol selalu terkendali, dalam hal ini mengikuti aturan batas kecepatan yang telah ditentukan yaitu minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam.

2. Gunakan Lajur secara Bijak

Jalan tol memiliki 2-3 lajur yang mana lajur paling kiri merupakan lajur lambat, sedangkan lajur kanan diperuntukkan untuk kendaraan yang hendak mendahului.

Gunakan lajur tersebut secara bijak. Apabila Anda sedang dalam kecepatan minimum hingga sedang dan tidak ingin mendahului kendaraan lain, sebaiknya tetap berada di lajur kiri. Gunakan lajur kanan hanya untuk mendahului.

3. Beri Tanda saat Akan Pindah Lajur

Saat hendak berpindah lajur, baik itu dari lajur lambat ke lajur cepat maupun sebaliknya, pastikan tidak melakukannya secara terburu-buru dan nyalakan lampu sein guna memberi tanda pada kendaraan lain.

4. Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

Menjaga jarak aman dengan pengendara lain menjadi tips aman berkendara di jalan tol selanjutnya yang harus Anda terapkan untuk meminimalisir risiko kecelakaan. Selain itu, menjaga jarak juga bisa memperluas jarak pandang Anda sehingga berkendara jadi lebih aman.

Idealnya, jarak dengan mobil di depan adalah 10-20 meter atau sekitar 3 detik.

5. Gunakan Bahu Jalan Hanya dalam Kondisi Darurat

Banyak pengendara yang salah kaprah dalam menggunakan bahu jalan yang notabene merupakan lajur untuk keadaan darurat. Alih-alih demikian, bahu jalan justru digunakan untuk menyalip kendaraan lain yang ada di depan.

Hal ini tentu saya dapat membahayakan Anda dan juga pengendara lainnya. Untuk itu, hindari perilaku seperti ini agar berkendara jadi lebih aman.

6. Istirahat Apabila Lelah atau Mengantuk

Tips berkendara aman di jalan tol yang terakhir adalah, segera menuju rest area apabila merasa ‘ngantuk’ saat menyetir. Atau, Anda bisa bergantian dengan penumpang yang juga bisa mengendarai mobil dan sedang dalam keadaan ‘fresh’.

Itu dia informasi mengenai penyebab kecelakaan mobil di tol dan tips aman ketika berkendara di jalan bebas hambatan ini. Semoga bermanfaat!

Lindungi Mobil Kesayangan Anda dengan Asuransi Terbaik!

Pastikan mobil Anda terlindungi asuransi mobil terbaik dan terpercaya. Temukan asuransi mobil all risk dan total loss only (TLO) sesuai kebutuhan Anda dengan premi yang lebih murah hanya di Cekpremi.com,  dan dapatkan diskon 25% plus extra cashback 10%!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november