Inilah 9 Penyebab Mesin Mobil Bergetar. Periksa Kendaraanmu Segera!

mesin mobil

Mesin mobil bergetar saat dinyalakan tergolong hal yang normal. Kondisi tersebut terjadi karena pergerakan komponen mesin yang beroperasi.

Namun bila getarannya terasa hingga kabin dalam, dan membuat pengemudi dan penumpang tidak nyaman selama perjalanan, kamu perlu curiga.

Ada baiknya melakukan pengecekan dengan membawa mobil ke bengkel atau secara mandiri. Kemungkinan terdapat partisi mesin yang rusak sehingga perlu perbaikan atau penggantian.

Lalu apa yang menyebabkan mesin mobil bergetar? Cari tahu penyebabnya di bawah ini.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar

Berikut beberapa penyebab mesin mobil bergetar saat diam.

  • Kerusakan pada Karet Penahan Kap Mesin

Kap mobil memiliki peran sebagai pelindung mesin mobil agar tetap terjaga. Komponen ini dilengkapi dengan karet agar bisa tertutup dengan sempurna. Selain itu, karet penahan juga bermanfaat sebagai penahan getaran mesin.

Apabila karet penahan aus karena panas dari mesin, akan terjadi getaran yang cukup kencang. Kamu perlu memeriksa bagian tersebut.

Jika karet penahan mengembang, berarti masih bagus. Namun bila sudah rusak, segera ganti dengan yang baru.

  • Gangguan pada Engine Mount

Komponen ini bekerja untuk menahan mesin agar tidak goyang dan berada stabil di posisinya.

Kerusakan pada engine mount merupakan hal yang paling sering terjadi ketika mesin mobil bergetar. Penyebabnya bisa karena telah dipakai dalam waktu lama, sehingga perlu diganti. Atau penggunaan mobil di medan yang ekstrim.

Jika bagian ini rusak, engine mount tidak lagi mencengkeram getaran dari mesin. Sehingga akan terjadi guncangan keras yang tak bisa dihindari. Apabila kerusakan dibiarkan, akan menimbulkan korsleting.

  • Piston Mobil Aus

Piston bekerja dalam suatu gerak statis secara terus menerus agar mobil bisa berjalan. Apabila komponen ini mengalami gangguan, akan terjadi penurunan kinerja pada mesin.

Mobil yang sering dipacu dalam kecepatan tinggi dapat membuat piston menjadi cepat aus. Getaran akan muncul saat piston bermasalah. Piston hanya bisa diperbaiki dengan menggantinya.

  • Busi yang Bermasalah

Meskipun ukurannya kecil, busi merupakan komponen yang sangat penting dalam pembakaran.

Busi bisa menjadi penyebab mesin mobil bergetar ketika II kl kendaraan roda empat dalam kondisi diam. Hal ini biasanya terjadi karena adanya salah satu busi yang bermasalah.

  • Shock Breaker yang Abnormal

Shock breaker memiliki peranan dalam menjaga kestabilan mobil ketika dijalankan. Apabila komponen ini bermasalah, maka bisa dipastikan kendaraanmu akan jadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan tersebut menimbulkan getaran yang cukup kuat.

Kerusakan shock breaker bisa disebabkan kendaraan terlalu sering melintasi area jalan yang jelek. Usia partisi ini yang sudah lama atau sering mengganti oli, bisa jadi masalahnya. Ketika komponen ini rusak, segera menggantinya agar mobil bisa kembali stabil.

  • Velg Ban Bengkok

Kamu yang sering mengganti velg ban, harus berhati-hati. Salah memasang velg bisa menjadi sebab mesin mobil bergetar saat diam. Juga bengkoknya velg ban akibat kecelakaan.

Velg ban bengkok tak dapat lagi menahan beban mobil. Komponen yang bermasalah ini hanya bisa diganti dengan yang baru. Pilihlah velg dari pabrikan asli dan ukurannya standar serta benar.

  • Kendala Kopling Mobil

Komponen kopling pada mobil jika mengalami kerusakan, akan menimbulkan getaran yang muncul dari clutch cover. Karena partisi ini sudah tidak rata lagi.

Selain itu, kampas kopling yang habis bisa membuat pedal kopling loss dan getaran kencang terasa hingga kabin.

  • Distribusi BBM Tidak Lancar

BBM yang masuk ke dalam ruang bakar jumlahnya harus tepat. Apabila volume bahan bakar kurang, besar kemungkinan getaran pada mesin akan sangat terasa kencang. Akibat dari tenaga yang diciptakan tidak sempurna.

Anda perlu mengecek kembali mengenai sistem BBM yang ada di mobil.

  1. Propeller Shaft Rusak

Khusus pada mobil dengan propeller shaft untuk menahan guncangan, komponen ini bertugas mendistribusikan tenaga penggerak ke transmisi di bagian gardan.

Ketika terjadi kerusakan dari tenaga penggerak tidak tersalurkan dengan baik, getaran pun akan terasa kencang pada mobil ketika diam yang berasal dari roda belakang.

Itulah sembilan penyebab mesin mobil bergetar. Setiap kendaraan tentunya memerlukan proteksi untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan. Perlindungan tersebut bisa didapat dengan mengasuransikan mobil.

Cekpremi, portal online pembelian asuransi menyediakan berbagai produk terbaik bagi kendaraan. Rekomendasi proteksi diantaranya, Mega Insurance, Simas Insurtech, Intra Asia, dan Staco Mandiri. Keempatnya juga memberikan beberapa tipe produk, seperti Total Loss Only (TLO), Comprehensive, dan All Risk.

TLO memberikan jaminan penggantian kerugian atas risiko seperti kehilangan dan kerusakan besar. Comprehensive menawarkan jaminan proteksi minor hingga menyeluruh. Dan kamu pun bisa menambahkan perluasan untuk kondisi tertentu di All Risk.

Dapatkan segera cashback menarik untuk pembelian produk asuransi mobil di Cekpremi.

Pertanyaan Seputar Mesin Mobil Bergetar

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Bagaimana Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Bergetar?” answer-0=”Cara mengatasi mesin mobil bergetar yaitu dengan membawanya ke bengkel untuk diperiksa bagian yang bermasalahnya. Apabila ada masalah yang perlu diperbaiki, atau kerusakan yang memerlukan penggantian komponen, akan bisa langsung diambil tindakan. Sebelum kendala menyebar ke bagian mobil lainnya. ” image-0=”” count=”1″ html=”true” css_class=””]