Penyebab Mobil Kebakaran Saat Sedang Berkendara

Mobil kebakaran bisa terjadi bukan tanpa sebab. Ada penyebab yang bisa membuat hal ini terjadi. Kamu perlu mewaspadai mobil kebakaran yang terjadi saat berkendara.

Asuransi Mobil

Kebakaran bisa terjadi karena memang ada masalah pada mobil. Tidak hanya saat dikemudikan, kebakaran juga bisa terjadi saat mobil diparkir.

Yang berbahaya adalah saat di dalam mobil ada yang mengendarainya. Hal itu tentu bisa membahayakan nyawa penumpangnya.

Mungkin banyak orang mengira terjadinya mobil terbakar karena ada komponen mobil yang rusak. Namun sebenarnya, ada penyebab lain yang bisa menyebabkan mobil terbakar.

Berikut ini penyebab mobil terbakar saat dikendarai yang perlu kamu ketahui. Baca sampai habis ya.

Penyebab Mobil Kebakaran

Pada artikel ini akan dibahas penyebab kebakaran terjadi pada mobil saat dikendarai. Kamu perlu mengetahuinya agar bisa terhindar dari kebakaran mobil. Berikut ini penyebabnya.

  • Kondisi Mesin Mobil Overheat

Mobil kemungkinan bisa mengalami kebakaran jika kondisi mesin mengalami overheat atau terlalu panas. Kondisi overheat dipicu oleh beberapa hal seperti, radiator rusak atau katup mesin mobil rusak.

Jika radiator mobil mengalami kerusakan, mesin tidak bisa bekerja dengan optimal. Selanjutnya, gesekan antar komponen mesin bisa menimbulkan kenaikan suhu secara drastis.

Kamu bisa mengetahui kondisi mesin overheat ini dengan melihat lampu indikator dashboard mobil.

Apabila di perjalanan mesin mobil kesayanganmu mengalami overheat, kamu perlu berhenti sejenak menunggu suhu mesin turun. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan lagi. Jika membiarkan kondisi mesin overheat tentu akan sangat berbahaya.

  • Terjadi Korsleting Listrik

Penyebab kebakaran mobil selanjutnya adalah korsleting listrik. Saat mengendarai mobil dan tiba-tiba terjadi korsleting listrik, mobil bisa terbakar.

Hal yang memicu terjadinya korsleting listrik adalah hubungan arus pendek pada aki mobil. Pemicunya lagi adalah kabel terkelupas yang tersentuh air atau logam.

Kamu perlu memperhatikan kondisi kabel saat memperbaiki mobil atau melakukan modifikasi. Setiap kabel aliran listriknya ada yang berbeda. Kamu perlu menyesuaikannya agar terhindar dari korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

  • Bahan Bakar atau Oli Mobil Mengalami Kebocoran

Penyebab terjadinya kebakaran pada mobil tidak hanya kerusakan komponen mobil saja, tetapi juga kebocoran oli atau bahan bakar. Saat mobil digunakan, tempat penyimpanan oli dan bahan bakar mengalami kenaikan suhu. Jika terjadi kebocoran, kebakaran bisa terjadi.

Kamu perlu menghindari kebakaran ini dengan rutin merawat tempat sirkulasi oli dan bahan bakar.

  • Cacat Mobil dari Pabrik

Terkadang, mobil yang dibeli mengalami cacat komponen. Komponen yang tidak sempurna tersebut bisa menyebabkan kebakaran.

Untuk itu, kamu harus segera membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

  • Pemicu dari Luar

Mobil bisa mengalami kebakaran karena faktor eksternal. Hal ini memang jarang terjadi, tetapi kamu juga harus berhati-hati agar tidak timbul kebakaran pada mobil.

Faktor eksternal ini juga bisa berupa kelalaian saat menutup tangki bahan bakar. Jadi, kamu harus tetap waspada.

  • Radiator Mobil Bermasalah

Kebakaran mobil juga sering terjadi akibat radiator atau mesin pendingin yang bermasalah. Yang paling sering terjadi adalah karena selang radiator bermasalah.

Apabila radiator mengalami masalah, kamu sebaiknya segera memperbaikinya. Lebih baik lagi jika menggantinya dengan yang baru agar terhindar dari masalah yang lebih serius.

  • Perawatan Mobil Minim

Mobil perlu dirawat secara rutin agar performanya tetap optimal. Jika tidak, komponen-komponen mobil akan bermasalah.

Mobil memerlukan perawatan, tidak hanya dipakai secara terus-menerus tanpa servis. Apabila tidak dilakukan servis secara berkala, mobil bisa mengalami kebakaran.

  • Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

Terjadinya kecelakaan lalu lintas juga bisa menyebabkan mobil sampai terbakar. Hal ini disebabkan karena adanya komponen seperti tangki bahan bakar yang bocor lalu terkena percikan api dari mesin. Hal itu perlu diwaspadai oleh setiap pengendara.

  • Bocornya Korek Api Gas

Kebakaran yang terjadi pada mobil juga bisa disebabkan oleh korek api gas yang bocor. Kamu harus menghindari menyimpan korek api gas di laci mobil atau tempat lainnya di dalam mobil.

Korek api gas berpotensi bocor saat mobil mengalami guncangan. Karena adanya guncangan yang keras atau suhu panas, korek api gas bisa meledak. Jika meledak akan mengakibatkan kebakaran.

Nah itu tadi informasi mengenai mobil kebakaran dan penyebabnya. Kamu harus selalu waspada dan menghindari penyebab mobil terbakar.

Kamu sebaiknya juga melindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kamu pilih yaitu, asuransi mobil komprehensif dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu bisa menemukan asuransi mobil terbaik di cekpremi. Segera kunjungi cekpremi dan temukan asuransi mobil untuk melindungi mobil kesayanganmu.

Pertanyaan Seputar Mobil Kebakaran

Kebakaran bisa terjadi saat mobil dikendarai. Apabila masih ada pertanyaan yang terbersit tentang kebakaran pada mobil, berikut ini contoh pertanyaan yang biasanya diajukan.

Apakah mobil yang terbakar bisa meledak?

Mobil yang mengalami kebakaran juga berpotensi meledak. Kebakaran tersebut biasanya timbul akibat percikan api yang terjadi karena suhu mesin sangat panas.

Mobil terbakar gara gara apa?

Penyebab utama mobil terbakar adalah rusaknya komponen mobil. Kerusakan tersebut bisa menyebabkan munculnya percikan api dan bisa menjalar ke komponen mobil lainnya.