6 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter & Langkah Antisipasinya

mobil matic tidak bisa distarter

Last Updated on November 18, 2021 by Rhandy Verizarie

Mobil tiba-tiba tidak bisa di-starter tentu membuat Anda jengkel, bukan? Apalagi di saat Anda harus segera bepergian. Nah, hal ini bisa dialami oleh semua jenis mobil, tak terkecuali mobil bertransmisi automatic. Lantas, apa penyebab mobil matic tidak bisa distarter? Bagaimana cara mengatasinya? Simak informasinya berikut ini!

Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Ada sejumlah faktor yang ditengarai menjadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter, dan penting bagi Anda untuk mengetahui faktor-faktor tersebut agar bisa segera melakukan langkah antisipasi manakala masalah ini menimpa mobil matic kesayangan.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang umum menyebabkan mobil matic tidak mau distarter:

1. Aki Lemah

Aki yang sudah lemah alias ‘soak’ menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter yang paling umum. Pasalnya, aki merupakan sumber daya utama yang diperlukan oleh mobil agar bisa menyala. Biasanya, hal ini terjadi pada mobil-mobil yang usianya sudah cukup lama.

Idealnya, aki mobil dapat bekerja normal selama 2 hingga 5 tahun. Lewat dari itu, daya aki biasanya mulai melemah. Alhasil, mobil berpotensi sulit atau bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali.

Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi, lakukan perawatan aki secara rutin agar tidak cepat ‘soak’. Memanaskan mobil setiap hari—bahkan jika tidak sedang dipakai sekalipun—sebaiknya dilakukan karena ini adalah salah satu cara menjaga daya tahan aki.

2. Masalah pada Kunci Kontak

Kunci kontak (ignition switch) pada mobil matic berfungsi untuk menghubungkan aliran listrik dengan mesin mobil. Nah, apabila ignition switch ini bermasalah, maka mesin mobil matic tidak bisa distarter menjadi lumrah terjadi.

Anda bisa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu guna memastikan apakah aliran listrik ada dan sampai ke mesin mobil. Jika aliran listrik ada, Anda hanya perlu menghubungkannya secara langsung tanpa perlu menggunakan kunci kontak. Biasanya, mesin mobil akan kembali menyala.

3. Kerusakan pada Busi, Kabel Busi, dan Koil

Faktor penyebab mobil matic tidak bisa distarter selanjutnya adalah adanya masalah pada busi dan oli mobil. Pasalnya, untuk bisa menyala, mobil membutuhkan percikan ‘bunga api’ dari busi. Busi yang bermasalah tentu tidak dapat menghasilkan percikan tersebut sehingga mobil pun tidak bisa distarter.

Coba Anda periksa busi mobil. Apabila busi kotor, bersihkan kemudian pasang kembali. Biasanya mobil sudah bisa kembali dinyalakan. Namun, jika masih tidak mau menyala juga, kemungkinan besar busi memang rusak dan harus segera diganti.

4. Filter Bahan Bakar Tersumbat

Filter bahan bakar yang tersumbat kotoran juga bisa menjadi ‘biang keladi’ dari tidak bisanya mobil matic distarter. Filter bahan bakar sendiri berfungsi untuk menyaring air dan kotoran dari bahan bakar. Dengan begitu, aliran bahan bakar yang dibutuhkan mesin mobil matic untuk bisa bekerja lancar.

Filter yang tersumbat atau bahkan rusak membuat bahan bakar tercampur dengan air maupun kotoran sehingga membuatnya tidak mampu mencapai mesin mobil. bahan bakar serta masuk ke dalam mesin mobil sehingga membuatnya menjadi tersumbat.

Oleh karena itu, lakukan pengecekan filter bahan bakar secara berkala untuk menghindari masalah ini. Jika sudah telanjur, maka segera ganti filter tersebut.

5. Masalah pada Kompresi Silinder

Penyebab mesin mobil matic tidak bisa distarter lainnya adalah rendahnya kompresi silinder dan masalah pada choke. Ini biasanya terjadi pada mobil-mobil yang bahkan akinya masih dalam kondisi baru.

Kompresi silinder yang rendah menyebabkan tenaga mesin menjadi berlebihan. Alhasil, mesin justru tidak bisa distarter.

6. Injektor Kotor

Tidak ketinggalan, injektor yang kotor juga menjadi faktor mengapa mesin mobil matic Anda tidak mau menyala saat distarter. Pasalnya, apabila injektor bermasalah, suplai bahan bakar ke silinder jadi terhambat. Inilah yang kemudian menyebabkan mobil tidak mau distarter.

Masalah seperti ini umum dijumpai pada mobil matic yang sudah mengusung sistem injeksi.

Selain sejumlah faktor di atas, penyebab mobil matic tidak bisa distarter juga bisa karena bahan bakar yang habis hingga adanya komponen mobil yang rusak tapi tidak terdeteksi. Maka dari itu, penting bagi Anda para pemiliki mobil untuk melakukan perawatan kendaraan secara berkala agar hal seperti ini dapat dihindari.

Mobil Matic Tidak Bisa Distarter, Lakukan Hal Ini

Manakala mobil Anda tidak mau distarter, cobalah lakukan sejumlah langkah berikut ini guna memastikan penyebabnya:

1. Periksa Fuel Pump

Pertama-tama, cobalah periksa bagian fuel pump. Pasalnya, komponen mobil matic ini berfungsi menyalurkan bahan bakar menuju mesin mobil.

Anda bisa memeriksa kondisi fuel pump dengan melihat ke multi information display (MID). Layar MID akan memberikan informasi atau peringatan jika memang fuel pump mengalami masalah.

2. Cek Kondisi Aki Mobil

Seperti yang telah dijelaskan, salah satu penyebab paling umum dari mobil matic yang tidak bisa distarter adalah aki yang ‘soak’. Itu sebabnya, Anda juga harus segera mengecek aki apabila  mesin mobil tiba-tiba tidak mau dinyalakan.

Selain tidak mau distarter, aki mobil matic yang lemah juga berpotensi menyebabkan mobil tiba-tiba mogok saat di tengah jalan. Oleh karenanya, lakukan perawatan aki secara rutin, ya.

3. Busi Mobil yang Rusak

Apabila fuel pump maupun aki dalam kondisi yang baik, maka kemungkinan masalah ini disebabkan oleh busi yang rusak. Jadi, coba Anda cabut busi mobil terlebih dahulu dan periksa kondisinya.

Jika busi kotor, bersihkan lalu pasang kembali ke tempatnya. Biasanya, mesin akan bisa kembali menyala normal.

Selain itu, periksa juga apakah busi menghasilkan percikan atau tidak. Jika tidak, sepertinya busi perlu diganti dengan yang baru.

4. Periksa Alternator dan Dinamo Starter

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter juga bisa karena adanya masalah pada alternator dan dinamo. Akibatnya, aliran listrik dari aki menuju mesin terhambat. Ini biasanya terjadi pada mobil yang usianya 8 tahun ke atas.

Alternator adalah komponen yang fungsinya menjaga stabilitas tegangan air aki. Jika alternator rusak, biasanya indikator aki pada speedometer akan terus menyala.

Sementara itu, dinamo adalah komponen yang fungsinya untuk menggerakkan mobil. Mobil yang tidak bisa distarter ada kemungkinan juga disebabkan oleh tidak berfungsinya dinamo secara normal. Anda bisa meminta bantuan teknisi guna memeriksa kondisi dinamo.

5. Cek Kondisi Sekring Mobil

Cek juga sekring mobil Anda apabila mesin tidak mau menyala saat distarter. Ya, sekring juga merupakan komponen penting untuk menghidupkan mesin mobil matic.

Biasanya, mesin mobil yang tidak mau menyala disebabkan oleh kabel sekring yang putus. Solusinya adalah dengan menyambungkan kembali kedua kabel tersebut. Atau, ganti kabel sekring dengan yang baru.

Akan tetapi, ada baiknya jika prosedur ini dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli di bidangnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk memeriksa kondisi sekring ini, ada baiknya dilakukan oleh tenaga ahli. Jika kamu merasa tidak memiliki kemampuan dalam bidang mekanik, akan lebih baik datang ke bengkel untuk melakukan pengecekan. Pasalnya jika salah penanganan justru akan membuat kerusakan semakin parah.

6. Pastikan Mengecek Suhu pada Koil Secara Rutin

Mesin mobil matic yang tidak bisa distarter juga bisa disebabkan oleh suhu koil yang terlalu tinggi. Jadi, jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen yang satu ini manakala mobil tidak bisa distarter.

Lakukan pemeriksaan di bengkel terdekat agar kerusakannya bisa dipastikan dan teknisi dapat segera melakukan penanganan.

Mobil matic memang menjadi pilihan ideal, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan. Namun, mobil matic juga tak luput dari beragam masalah, seperti tidak bisa distarter ini salah satunya.

Jadi, pastikan untuk melakukan perawatan berkala terhadap mobil matic Anda agar tidak mengalami hal-hal seperti ini di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Lindungi Mobil Kesayangan Anda dengan Asuransi Terbaik!

Pastikan mobil Anda terlindungi asuransi mobil terbaik dan terpercaya. Temukan asuransi mobil all risk dan total loss only (TLO) sesuai kebutuhan Anda dengan premi yang lebih murah hanya di Cekpremi.com,  dan dapatkan diskon 25% plus extra cashback 10%!