Penyebab Mobil Overheat yang Sering Terjadi

overheat

Kamu harus mengetahui penyebab mobil overheat. Sehingga, jika kasus ini terjadi, cara penyelesaiannya tidak salah. Dan perlu diingat, mobil kepanasan adalah pemicu ledakan. Kasusnya cukup banyak hingga memakan korban. Tentunya kamu tidak ingin hal ini juga menimpa.

Terdapat beberapa penyebab kendaraan panas berlebihan. Tentunya ini informasi yang sangat penting dan mendesak untuk dipelajari. Sehingga tidak akan ada korban-korban berikutnya. Untuk itu, silakan disimak, sedangkan di akhir akan dijelaskan tentang solusinya. Ini penyebab yang dimaksud:

1. Kehabisan Air Radiator Coolant

Kendaraan overheat kadang disebabkan oleh air radiator coolant yang habis. Dan ini merupakan penyebab yang paling umum dan termasuk ke dalam bentuk kelalaian pengendara. Karena seharusnya, komponen ini diisi secara berkala. Termasuk dicek ketersediaannya jauh-jauh hari sebelum kendaraan dikendarai.

Terkadang pemilik mobil malas untuk mengecek air radiator. Karena anggapan mereka, masih ada ukuran jarak yang menjadi rujukan. Padahal ini anggapan yang keliru. Justru pengecekan harus dilakukan setiap waktu dan biarkan kalau memang air masih terisi penuh. Kan tidak ada salahnya toh cuma melakukan pemeriksaan saja.

2. Komponen Radiator Mengalami Kerusakan

Radiator merupakan komponen kendaraan yang harus diperiksa kesehatannya secara berkala. Karena kalau mengalami gangguan, mesin akan cepat panas. Dan jika dibiarkan berlarut-larut, tentu kendaraan akan mengalami overheat. Untuk itu, hindari radiator dari kerusakan dengan melakukan perawatan yang tepat.

Salah satu penyebab kerusakan radiator ialah, adanya selang yang sudah aus karena dimakan usia. Jika kasusnya demikian berarti komponen ini tidak mampu lagi mengkondisikan suhu kendaraan dengan baik. Akhirnya terjadilah pemanasan mesin yang ekstrim. Bahkan bisa memicu kebakaran yang membahayakan.

3. Termostat Mengalami Masalah

Ada satu komponen yang harus terus dirawat dengan baik. Namanya termostat yang termasuk ke dalam bagian radiator. Fungsi dari komponen ini salah satunya untuk menyalurkan air radiator ke mesin. Terutama ketika suhunya sedang tinggi. Sedangkan saat suhu rendah, termostat akan melakukan pencegahan saluran.

Kalau termostat bekerja dengan baik, mesin tidak akan cepat panas. Karena saluran pendingin di dalamnya bekerja dengan baik. Sebaliknya, jika komponen ini mengalami masalah kerusakan, tentu mesin akan overheat. Dan air radiator tidak akan berpengaruh sedikitpun untuk mencegahnya.

4. Kipas Pendingin Mobil Telah Rusak

Penyebab mobil overheat yang berikutnya adalah kipas pendingin mengalami kerusakan. Ini merupakan kasus terbanyak terutama menimpa mobil-mobil keluaran lama. Jika komponen ini rusak, tentu mesin akan mengalami pemanasan ekstrim. Apalagi yang digunakan untuk perjalanan jauh.

Komponen kipas pendingin yang paling penting untuk dirawat adalah dinamo. Jika alat ini mengalami kerusakan, tentu kipas tidak akan berfungsi dengan baik. Itu artinya, tidak ada lagi saluran pendingin dari luar yang masuk ke dalam mesin. Sedangkan mesin terus teraliri listrik yang artinya pemanasan terus terjadi.

5. Asal Memilih Oli Mesin Mobil

Jika tidak ingin mobil mengalami overheat lebih baik hentikan kebiasaan asal memilih oli mesin. Karena ini juga berpengaruh pada suhu. Jadi fungsi oli tidak hanya untuk melumasi komponen supaya tidak terjadi aus saja. Untuk itu, pilih oli yang memang berkualitas serta cocok dengan spesifikasi mobil yang digunakan.

Oli mesin yang tidak berkualitas memiliki kelemahan di sisi penguapan. Dan ini sangat berbahaya karena selain oli cepat habis, pemanasan mesin juga semakin cepat. Pasalnya gesekan antar komponen di tengah pelumas yang tekor akan melahirkan titik api. Akibatnya, komponen mudah aus, mesin kendaraan juga mudah terbakar.

Cara Mengatasi Mobil Overheat

Jika kamu sudah tahu penyebab mesin overheat, maka selanjutnya tentang cara mengatasi hal tersebut. Keduanya harus sama dipahami supaya langkah penyelesaian masalah tidak salah. Untuk itu silahkan disimak ini cara-cara yang dimaksud:

1. Berhenti dan Matikan Mesin Mobil

Jika mobil mengalami overheat lebih baik tepikan kendaraan dan berhenti. Pastikan mesin tidak dalam kondisi hidup, untuk mencegah pemanasan semakin tinggi. Kamu harus paham dengan kondisi ini, serta harus tahu kapan pemanasan ekstrim itu terjadi. Selain itu, sering-seringlah melihat deteksi penanda kenaikan temperatur mesin.

2. Segera Buka Kap Mesin

Jika kendaraan mengalami overheat, segera buka kap mesin. Jangan biarkan komponen berada di ruang tertutup dalam waktu lama karena panas akan semakin tinggi. Kamu juga harus berhati-hati ketika membuka kap. Pasalnya, jika tangan tersentuh radiator, rasa panasnya cukup menyengat.

3. Jangan Langsung Membuka Tutup Radiator

Hindari membuka tutup radiator kecuali mesin telah dingin. Pasalnya, uap air akan naik ke permukaan yang rawan terkena kulit. Kasus semacam ini sudah banyak terjadi hingga mengakibatkan luka bakar yang serius. Jika tidak langsung diberikan pertolongan, nyawa juga bisa terancam.

4. Menambah Cairan Pendingin ke Radiator

Silakan tambahkan cairan pendingin ke radiator jika kadarnya masih kurang. Kamu bisa melihatnya dari garis deteksi ketinggian. Jika berada di bawah garis, berarti air sudah waktunya untuk diisi. Ini yang nantinya akan menurunkan suhu mesin menjadi lebih sejuk.

Penyebab mobil overheat dan solusinya perlu kamu pahami demi keselamatan berkendara. Sedangkan yang tak kalah pentingnya, lebih baik asuransikan kendaraan sejak dini. Supaya kerugian tidak besar kalau sekali waktu mobil bermasalah. Silakan pilih Cek Premi yang siap melayani asuransi mobil kamu dengan pelayanan terbaik.

Pertanyaan Seputar Penyebab Mobil Overheat

Ada beberapa pertanyaan seputar penyebab mobil overheat yang perlu diketahui oleh pembaca. Di antaranya ialah:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang Dimaksud dengan Mobil Overheat?” answer-0=”Mobil overheat ialah satu kondisi di mana mesin kendaraan mengalami pemanasan yang ekstrim. Sedangkan gejalanya ditandai dengan laju kendaraan yang tidak maksimal hingga keluar asap dari kap mesin. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=” Apa Penyebab Mobil Overheat?” answer-1=”Sebagian besar penyebab mobil overheat adalah komponen radiator yang mengalami kerusakan. Terutama di bagian termostat yang berfungsi untuk mengatur suhu mesin kendaraan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]