Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala seringkali menjadi masalah. Hal ini menandakan ada gangguan pada sistem kelistrikannya. Berikut beberapa penyebabnya yang perlu kamu ketahui.

  • Gangguan pada Busi

Busi adalah sistem mobil yang berfungsi untuk proses pengapian mesin, tepatnya untuk membakar bensin dan udara melalui gerakan piston agar mobil bisa nyala. Jika busi mengalami korosi atau karat, usang, dan kotor, maka hal itu akan menghambat percikan bunga api saat proses starter mobil. Kemungkinan, ini menjadi salah satu penyebab mobil susah distarter. Gosoklah busi yang kotor dengan cairan khusus supaya tetap bersih.

  • Dinamo Starter/Ampere Rusak

Dinamo starter atau dinamo ampere adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menyalakan atau menggerakan mesin. Bila dinamo starter ini rusak, jelas mobil tidak bisa distarter. Namun, sebenarnya komponen dinamo starter adalah komponen yang awet dan jarang sekali rusak. Jika rusak, segeralah bawa ke bengkel terdekat.

  • Koil Terlalu Panas

Koil berfungsi untuk mengubah tegangan aki menjadi daya listrik. Jika koil terlalu panas, itu bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Jika koil memang rusak, yang dapat diketahui dari suhunya, maka sebaiknya minta ke montir untuk diganti.

  • Oli Mobil Belum Naik

Jika mobil tidak bisa distarter, bisa jadi karena oli pada mobilmu belum naik. Biasanya, ini terjadi pada mobil yang jarang dipakai sehingga oli mobil hanya mengumpul pada bagian oil pan atau carter karena mobil jarang dipanaskan. Solusi mobil tidak bisa distarter karena faktor ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu menunggu oli mobil naik lalu cobalah untuk menstarter mobil kamu kembali.

  • Aliran Bahan Bakar Tersumbat

Bahan bakar adalah sumber energi untuk mengaktifkan kerja mesin mobil dan seluruh komponen kendaraan agar bekerja sesuai sistemnya. Bila mesin tidak mendapat aliran bahan bakar atau aliran tersumbat, maka mobil tidak bisa menyala. Bagaimana mengatasinya? kamu cukup membersihkan tangki bahan bakar, filter, dan needle valve.

  • Gangguan pada Engine Mounting

Fungsi dari engine mounting adalah sebagai dudukan mesin sehingga posisinya harus stabil. Komponen ini dibuat dari bahan logam serta karet dengan fungsi sebagai peredam. Jika karet peredam nya sobek, maka mesin dapat mengeluarkan bunyi. Solusinya, kamu perlu mengganti karet peredam yang sobek tadi saja.

  • Gigi Pinion Bermasalah

Gigi pinion adalah roda gigi kecil di antara dinamo starter dan flywheel. Komponen ini berfungsi ketika mesin dihidupkan. Kemudian, roda gigi pinion muncul dan kemudian bertautan dengan roda gigi pada flywheel. Roda gigi pinion ini bisa aus karena selalu bersinggungan dengan flywheel. Solusinya, bawalah ke bengkel terdekat untuk mengganti komponen ini.

  • Soket atau Konektor Terlepas

Bisa saja beberapa soket atau konektor terlepas akibat getaran dan kotoran. Konektor yang terlepas sudah pasti tidak dapat mengalirkan arus listrik dan sering memunculkan bunyi. Pemeriksaan sistem listrik secara menyeluruh perlu dilakukan sehingga sumber masalah bisa diketahui.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkan untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp.35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Asuransi Mobil

Pertanyaan Seputar Mobil Tidak Bisa Distarter

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa penyebab mobil susah distarter?” answer-0=”Penyebab mobil tidak bisa distarter bisa melibatkan banyak komponen mobil dan penyebabnya tidak melulu soal aki soak. Komponen lain yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter antara lain dinamo, aki, saluran bensin atau selang bensin, bensin habis, dan koil yang terlalu panas. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa lama harus ganti aki mobil?” answer-1=”Rata-rata aki mobil mampu bertahan antara 2 hingga 5 tahun. Namun, hal ini bisa berbeda antara satu mobil dengan mobil lainnya. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]