Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan

tenggorokan

Terkadang, banyak orang mengira bahwa sakit tenggorokan saat menelan terjadi akibat peradangan. Namun kenyataannya, peradangan bukan menjadi satu-satunya penyebab sakit tenggorokan.

Terdapat beberapa penyebab lain yang perlu kamu ketahui selain peradangan. Lalu, apa saja penyebab dari sakit tenggorokan?

Penyebab dari Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Rasa tidak nyaman pada tenggorokan, khususnya ketika menelan terjadi karena beberapa alasan. Gangguan ini dapat membuat kegiatanmu terganggu, oleh karena itu kamu perlu mengetahui penyebabnya.

  • Adanya Luka di Tenggorokan

Kemungkinan tenggorokan sakit saat menelan dapat terjadi karena adanya luka pada tenggorokan. Hal ini dapat terjadi jika kamu mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas.

Selain makanan atau minuman yang terlalu panas, luka dapat terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang terlalu tajam. Oleh karena itu, pastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi tidak terlalu panas, dan halus saat kamu akan menelannya.

  • Adanya Infeksi Bakteri

Penyebab selanjutnya diakibatkan adanya infeksi bakteri, sehingga kamu merasakan sakit pada tenggorokan saat menelan.

Jika hal ini terjadi, amandel akan menjadi bengkak. sehingga kamu dapat menyembuhkannya dengan menggunakan obat antibiotik agar tidak terjadi komplikasi yang serius.

  • Penyakit Asam Lambung

Jika kamu memiliki penyakit asam lambung, hal ini dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan. Umumnya, tenggorokan menjadi sakit akibat gangguan pada asam lambung yang sudah kronis.

Asam lambung dapat naik menuju tenggorokan, sehingga iritasi terjadi pada dinding area tersebut. Hal tersebut menyebabkan tenggorokan akan sakit saat menelan.

  • Tenggorokan Kering

Tenggorokan kering dapat membuat tenggorokan menjadi sakit ketika menelan, karena kondisi kerongkongan akan terasa kasar dan gatal. Hal tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman saat menelan.

Usahakan untuk rajin minum air putih, selain membuat tenggorokan menjadi tidak kering, air putih memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan dalam tubuh.

  • Flu atau Sinus

Ketika kamu memiliki sinus atau sedang mengalami flu, tidak perlu khawatir jika tiba-tiba tenggorokan terasa sakit. Karena biasanya hal ini dapat terjadi.

Biasanya tenggorokan menjadi sakit satu hari sebelum kamu mengalami gejala batuk dan pilek. Kamu dapat mengkonsumsi cairan lebih, dan memperbanyak istirahat.

Memperbanyak konsumsi air putih dapat sangat membantu meminimalisir rasa sakit pada tenggorokan saat menelan. Kamu juga dapat melakukan beberapa hal agar terhindar dari rasa tidak nyaman akibat sakit tenggorokan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah sakit pada tenggorokan!

Cara Mencegah Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Jika kamu merupakan seorang perokok aktif, mengurangi atau berhenti merokok adalah pilihan yang tepat. Selain itu, menghindari asap rokok juga dapat kamu lakukan.

Namun karena salah satu penyebab dari sakit tenggorokan adalah adanya infeksi, maka beberapa cara berikut ini dapat membantumu terhindar dari sakit, yaitu:

  • Mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan air bersih dan sabun
  • Menghindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan
  • Memakan makanan sehat dan bergizi
  • Istirahat yang cukup
  • Hidrasi tubuh tetap terjaga dengan minum banyak cairan

 

Bila rasa sakit pada tenggorokan tidak kunjung mereda, kamu dapat berkonsultasi pada dokter untuk memeriksakan diri. Agar kamu bisa mendapatkan penanganan khusus, dan segera terhindar dari rasa tidak nyaman tersebut.

Jika kamu merupakan pengguna asuransi, kamu akan terbantu karena dengan mengikuti produk asuransi kesehatan maka biaya obat-obatan, berobat, hingga fasilitas kesehatannya akan terjamin.

Kunjungi Cekpremi untuk memilih produk asuransi terbaik, agar kamu bisa mendapatkan bantuan dan keuntungan di masa mendatang.

Pertanyaan Seputar Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Mengalami sakit pada tenggorokan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari akibat dari rasa nyaman yang ada. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar sakit tenggorokan, yaitu:

Berapa lama waktu sembuh dari radang tenggorokan?

Umumnya radang dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 5-10 hari.

Apa yang tidak boleh dimakan saat radang tenggorokan?

Segala jenis makanan bertekstur kasar dan renyah seperti kerupuk, keripik, kacang, biskuit, dan lain sebagainya dapat membuat tenggorokan semakin sakit.