5 Penyebab Setir Mobil Goyang yang Perlu Diperhatikan

Jul - 14
2021
penyebab setir mobil goyang

5 Penyebab Setir Mobil Goyang yang Perlu Diperhatikan

Last Updated on September 27, 2021 by Andini

Jangan abai, mengetahui penyebab setir mobil goyang memang sangat penting. Jika dibiarkan terlalu lama, masalah ini dapat menimbulkan risiko lebih besar bahkan mengundang terjadinya kecelakaan.

Setiap kerusakan pasti diperbaiki sesuai dengan penyebabnya. Karena itu sebelum mengetahui cara memperbaiki setir mobil yang rusak, penting untuk kita membahas faktor-faktor penyebabnya.

Perlu diingat, kerusakan mesin tidak selamanya terjadi karena urusan teknis. Sebagian besar justru disebabkan oleh faktor kelalaian pengendara. Agar semakin paham, simak ulasannya di bawah ini.

 

Inilah 5 Penyebab Setir Mobil Goyang

1. Kondisi Velg yang Penyok

Kondisi jalan yang terjal dan berlubang merupakan salah satu faktor penyebab velg mobil penyok. Jika dibiarkan terlalu lama, masalah ini juga bisa menjadi penyebab setir mobil goyang.

Velg bisa penyok dikarenakan benturan antara mobil dan aspal jalan yang terlalu keras. Bila tidak waspada dan kurang rutin melakukan pengecekan velg, maka bagian ini akan mudah rusak. 

Saat velg rusak, kendaraan menjadi kurang seimbang dan setir mobil pun mudah goyang. Apabila masalah ini terjadi, mau tidak mau maka Anda harus memperbaikinya langsung ke bengkel mobil.

2. Kondisi Ban Tidak Prima

Bukan cuma kempes, ban mobil yang menggelembung juga bisa berakibat fatal pada proses berkendala. Sebab saat ban menggelembung, kemudi mobil jadi goyang dan susah dikendalikan.

Perlu Anda ketahui, gelembung pada ban sendiri diakibatkan oleh usia pemakaian yang sudah terlalu lama. Karena itu, penting untuk mengecek kelayakan ban mobil saat melakukan servis bulanan.

3. Spooring dan Balancing

Velg tidak penyok dan ban pun tidak dalam kondisi menggelembung, lantas apa penyebab setir mobil goyang? Bisa jadi masalah ini diakibatkan oleh belum dilakukannya spooring dan balancing.

Manfaat spooring dan balancing tidak hanya menyeimbangkan roda kendaraan, namun menghindari keausan pada kaki-kaki mobil. Karena itu, dua perawatan ini terbilang sangat penting dilakukan.

4. Kampas Rem yang Habis

Penyebab setir mobil goyang lainnya adalah kampas rem yang habis. Umumnya, terdapat dua kampas rem pada kendaraan kita. Komponen ini berfungsi sebagai penjepit cakram atau tromol.

Apabila salah satu dari kampas tersebut habis, maka kendaraan tidak akan bergerak secara seimbang. Jika hal ini terjadi, segera periksakan kondisi mobil ke bengkel resmi terdekat, ya.

5. Link Stabilizer Rusak

Stabilizer berfungsi sebagai penahan goncangan dari ruas jalan yang tidak rata. Apabila komponen ini rusak, mobil menjadi tidak seimbang lalu mengeluarkan suara yang sangat mengganggu.

Sebab itu agar masalah tidak semakin buruk, segera lakukan pemeriksaan pada kedua ujung ball joint link stabilizer. Jika kondisinya sudah rusak, lakukan penggantian komponen secepat mungkin.

Demikian beberapa penyebab setir mobil goyang yang wajib diantisipasi. Jangan lupa daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya, agar kenyamanan berkendara semakin terjaga.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi