Perawatan Body Mobil Agar Tetap Kinclong

perawatan body mobil

Artikel kali ini akan membahas perawatan body mobil yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Bagi para pemilik mobil, penampilan merupakan hal penting khususnya cat mobil. Banyak mobil yang relatif masih muda tetapi catnya sudah agak kusam atau kondisinya kurang mengkilap.  Berikut ini adalah tips perawatan body mobil tetap kinclong. 

1. Parkir Mobil di Tempat Teduh

Parkirlah mobil kesayanganmu di tempat teduh supaya terhindar dari sinar matahari berlebihan. Ketika kamu berhenti atau mencari tempat parkir di tempat terbuka, carilah tempat teduh atau gunakan sarung mobil. Sinar matahari berlebih dapat memudarkan cat mobil dan mengubah komposisi warna dalam cat mobil.

2. Lap Mobil dengan Kain Lembut

Tips selanjutnya untuk membuat body mobil tetap kinclong adalah membersihkan bagian luar mobil dengan kain lembut. Hindari potongan bekas baju atau bekas handuk supaya cat mobilmu tidak tergores dan memudar. Terdapat 3 jenis kain yang biasa digunakan untuk mengelap mobil:

  • Lap chamois (kanebo)

Lap chamois (kanebo) punya kemampuan menyerap air lebih banyak daripada lap biasa. Biasanya lap ini digunakan untuk mengeringkan kendaraan. Sebaiknya kamu menggunakan kanebo ketika membersihkan kotoran. 

  • Lap microfiber

Lap microfiber punya lubang mikro yang di dalamnya terdapat celah benang berbentuk kail. Fungsi utamanya untuk menghilangkan noda air yang masih menempel pada body kendaraan. Setelah semua bagian body mobilmu kering, lap ini bisa digunakan untuk finishing. 

  • Lap wash mitt

Lap wash mitt merupakan pengembangan dari lap chamois dan microfiber. Bentuknya seperti kantung yang ada busa lembut di dalamnya. Lap ini hanya digunakan untuk mencuci saja, tidak untuk pengeringan. 

3. Menggunakan Sabun Cuci Mobil

Banyak pemilik mobil yang masih mengabaikan penggunaan sabun ketika mencuci mobilnya. Ada yang menggunakan sabun cuci piring hingga sabun colek. Padahal keduanya tidak disarankan untuk mencuci mobil. Sebab, kadar Ph kedua sabun tersebut <7 yang artinya cukup asam. Memang sabun cuci khusus mobil harganya lebih mahal daripada sabun cuci piring dan sabun colek. Namun, jika terlalu sering menggunakan kedua sabun tersebut, mobilmu akan menjadi kusam dan lebih kuninh dari biasanya.  

4. Menggunakan Wax

Setelah dicuci dengan sabun khusus kendaraan, kamu bisa menggunakan wax supaya body mobilmu tetap kinclong. Wax berfungsi untuk menjaga lapisan cat dari air hujan. Kamu bisa menggunakan wax cair yang biasanya dijual dengan botol spray. Cara pakainya cukup disemprot ke body mobil kemudian lap secara merata. 

5. Lap Hingga Kering

Saat selesai mencuci mobil, sebaiknya lap kendaraan kesayanganmu hingga kering. Hal ini dapat meminimalisir timbulnya jamur pada body maupun kaca mobil. Jangan lupa untuk membersihkan bagian yang jarang dilap seperti sela bagasi, sela pintu, bawah kap mesin, hingga bawah pintu. Usahakan juga untuk mengelap kaca depan hingga kering supaya air tidak masuk ke bagian mesin. 

6. Membersihkan Bagian Bawah Mobil

Bagian bawah mobil seringkali terabaikan karena tidak terlihat. Padahal bagian ini perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah karat. Setidaknya kamu bisa membersihkan bagian bawah ini 2x dalam sebulan. Caranya cukup mudah. Kamu bisa menyemprotkannya dengan air bersih menggunakan selang atau mendatangi tempat cuci mobil dengan hidrolik. Kolong mobil yang bersih bisa menambah kenyamanan saat berkendara. Contohnya, suspensi yang bersih akan lebih awet. Bushing yang bersih juga tidak akan berbunyi. 

7. Memasang Sarung Mobil pada Malam Hari

Hindari memarkir kendaraan di tempat terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan body. Jika dibiarkan terus menerus, kendaraan kesayanganmu akan mengalami retak kecil. Maka dari itu, pasanglah sarung mobil pada malam hari. 

Apabila kendaraanmu rusak karena kecelakaan atau bencana, kamu tentu memerlukan asuransi mobil. Kamu tidak perlu pusing dengan biayanya karena akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Staco Mandiri.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai ratusan bengkel yang tersebar di Indonesia. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Simas Insurtech menyediakan benefit asuransi mobil terbaik dengan premi terjangkau.

Asuransi Staco Mandiri memiliki produk asuransi khusus yaitu Tabungan Tampan yang tidak dimiliki perusahaan lain. Produk ini dirancang khusus untuk nasabah bank Sulsel. Polis asuransi yang ditawarkan cukup lengkap. Mulai dari asuransi mobil, unit link sampai dengan asuransi syariah.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi. Kami menyediakan berbagai asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback hingga 25%. 

Pertanyaan Seputar Perawatan Body Mobil

Perawatan body mobil tetap kinclong apa saja?

Perawatan body mobil tetap kinclong: parkir di tempat teduh, pakai sabun cuci mobil & wax, bersihkan bagian bawah mobil, lap dengan kain lembut hingga kering

Apa itu wax mobil?

Wax mampu memberikan pertahanan pada kilau cat serta warna dari mobil sehingga tidak mudah kusam. Biasanya wax diaplikasikan pada mobil yang cenderung masih baru untuk mempertahankan kilapnya.