Cegah Warna Kusam, Ini Cara Perawatan Mobil Putih yang Tepat!

Jun - 26
2021
mobil warna putih

Cegah Warna Kusam, Ini Cara Perawatan Mobil Putih yang Tepat!

Warna putih memang memberikan kesan elegan, tapi banyak yang takut nih untuk memiliki barang-barang berwarna putih karena bisa cepat kotor, termasuk mobil warna putih. Banyak yang takut warnanya cepat kusam, padahal kalau dilakukan perawatan dengan benar, mobil putih Anda dijamin tetap kinclong dan tampil stunning! Untuk para Cekmates, intip yuk beberapa tips perawatan mobil putih di bawah ini!

Namun sebelumnya, kita akan membahas dulu tentang apa saja kelebihan dari mobil warna putih:

Tampil Elegan dan Bersih

Warna putih memberikan kesan bersih dan elegan. Serta semua aksesoris juga bisa terlebihat dengan lebih jelas, seperti aksen chrom, over-fender, side body molding. Jadi bisa tampil lebih outstanding deh. 

Mudah Terlihat

Keberadaan mobil putih di jalan tidak terlalu banyak sehingga lebih mudah terlihat oleh pengguna lain terlebih saat malam hari. Selain itu juga mudah dikenali apabila Anda menjemput seseorang.

Nilai Jual Lebih Tinggi

Sebenarnya peminat mobil putih juga cukup tinggi dan ketersediaannya sedikit langka. Sehingga membuat harga jual kembalinya bisa tetap tinggi dibandingkan dengan warna yang pasaran. 

Cara Perawatan Mobil Putih

perawatan mobil putih

Hindari Menjemur Lama di Bawah Sinar Matahari Langsung

Ketika akan parkir dalam jangka waktu lama, bahkan seharian, usahakan untuk mencari tempat parkir yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Pantulan sinar UV dari matahari bisa membuat warna mobil menjadi cepat kusam. Anda juga bisa menghindarinya dengan penutup mobil yang sudah dilengkapi dengan penangkal sinar UV. 

Hindari Mencuci di Bawah Sinar Matahari

Tips ini berlaku untuk semua warna dan jenis mobil. Banyak orang yang memilih mencuci mobil di ruangan terbuka agar lebih cepat kering. Hal ini sebenarnya bisa membuat warna mobil cepat kusam lho. Kenapa begitu? Jadi pada saat mencuci mobil menggunakan shampo khusus, ada jeda waktu sebelum membilasnya. Nah, jeda waktu ini dapat membuat shampo mengering dengan cepat dan bisa menyebabkan jamur. 

Gunakan Sabun dan Shampoo Khusus

Dalam perawatan mobil putih, Anda harus menggunakan sabun dan shampoo khusus untuk mobil. Jangan sampai menggunakan sabun cuci baju, sabun colek, atau sabun-sabun lainnya yang asal saja. Dengan begitu cat mobil akan terjaga kebersihannya dan warna bisa bertahan lebih lama. 

Gunakan Teknik yang Benar 

Hal ini mungkin sepele, tapi bisa berdampak besar. Cara membilas ketika mencuci mobil yang benar adalah dari atas ke bawah agar kotoran bisa langsung turun dan tidak menyebar. Pencucian jadi lebih efektif tidak membuang-buang tenaga. Pastikan juga pengeringannya dilakukan dengan benar sehingga tidak ada lagi busa dan air yang menempel pada mobil. 

Gunakan Kain Lembut dengan Daya Serap Tinggi 

Kain lap yang bertekstur dan kasar bisa menyebabkan baret pada cat mobil. Jadi sebaiknya pilihlah kain lembut dengan daya serap tinggi untuk menghindari bekas bercak air yang mengering. 

Lakukan Pemolesan Rutin

Untuk menjaga mobil tetap kinclong, mencuci mobil dengan benar saja tidak cukup. Anda perlu melakukan pemolesan rutin yang bisa dilakukan sendiri ataupun di bengkel. Tujuan dari pemolesan ini juga untuk menghilangkan jamur yang menempel dan mencegah cat mengelupas. 

Cara perawatan mobil putih harus dilakukan secara rutin agar body tetap kinclong dan tidak mudah kusam. Miliki juga asuransi kendaraan untuk mencegah kerugian finansial akibat kecelakaan. Jadi mobil Anda bisa dipastikan tetap dalam keadaan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi