Bingung Pilih Mobil Matic atau Manual, Cari Tau Dulu Perbedaannya

Apr - 17
2021
perbedaan mobil matic dan manual

Bingung Pilih Mobil Matic atau Manual, Cari Tau Dulu Perbedaannya

Saat akan membeli mobil, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan jenis mobil, fitur, spesifikasi, hingga harga mobil. Ada pilihan 2 jenis mobil berdasarkan transmisinya, yaitu mobil matic dan manual. Nah, banyak orang bingung harus memilih jenis mana yang cocok untuknya. Sebelum memutuskan, Anda harus mengetahui dulu perbedaan mobil matic dan manual. 

Mobil matic belakangan ini menjadi idola karena harganya affordable dan mudah dioperasikan. Serta, dengan sistemnya yang automatic, dinilai lebih aman untuk pengendara pemula. Hanya tinggal menginjak pedal gas dan rem, mobil bisa dikendalikan dengan baik tanpa harus repot mengatur kopling. Untuk yang masih bingun, berikut adalah perbedaan dari kedua jenis mobil ini.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Perbedaan Mobil Manual dan Mobil Matic

perbedaan mobil matic dan manual

Performa

Perbedaan utama dari kedua jenis mobil ada pada sistem transmisinya. Transmisi mobil matic sendiri masih terbagi lagi menjadi dua macam, yakni semi automatic, dimana perpindahan gigi dilakukan oleh pengemudi, tetapi tidak melibatkan kopling dan otomatis sepenuhnya, dimana perpindahan gigi terjadi secara otomatis tanpa perintah pengemudi. Sedangkan mobil manual menggunakan transmisi manual. Harus menggunakan kopling saat akan mengoper gigi. 

Akselerasi mobil manual cenderung lebih mulus daripada mobil matic karena pengemudi mengatur sendiri laju kecepatan dan persneling kendaraan. Mobil manual juga memiliki lebih banyak gigi percepatan sehingga bisa dibilang lebih responsif dalam hal kecepatan dibandingkan dengan mobil matic.

Baca juga: 5 Rekomendasi Mobil Keluarga Murah, Hanya Rp 100 Jutaan!

Pengoperasian

Pada mobil manual terdapat 3 pedal, yaitu kopling, rem, dan gas. Sementara di mobil matic hanya terdapat 2 pedal, yaitu rem dan gas. Kemudian saat mengoperasikan mobil manual, perpindahan gigi dilakukan dengan menggunakan pedal kopling dan tuas kopling. Sementara mobil matic, menggunakan gearbox dan tanpa kopling. 

Kinerja tangan juga lebih banyak ketika mengendarai mobil manual karena harus aktif memindahkan transmisi. Apalagi saat kondisi macet atau di jalanan menanjak, tangan dan kaki harus berkoordinasi dengan baik.

Baca juga: 10 Tips Perawatan Mobil Matic agar Performanya Selalu Prima

Harga

Jika dibandingkan dari harganya, mobil matic memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan mobil manual. Hal ini terjadi karena perbedaaan sistem dan fitur di dalamnya. Biaya perawatannya juga terbilang akan lebih mahal karen jenis sparepart dan komponen lain yang ada di mobil tersebut.

Konsumsi Bahan Bakar

Perbedaan mobil mati dan manual lainnya ada pada konsumsi bahan bakar. Mobil bertransmisi matic dinilai lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan transmisi manual. Beberapa orang berpendapat bahwa penyebabnya ada pada mesin mobil yang beekrja lebih berat pada sistem automatic.

Kenyamanan Saat Berkendara

Untuk kenyamanan sendiri, sebenarnya sifatnya subjektif, tergantung pada individu masing-masing. Ada yang sudah terbiasa dengan transmisi manual, ada yang lebih nyaman dengan mobil matic. Namun secara umum, banyak yang lebih nyaman berkendara dengan mobil matic karena tidak membutuhkan tenaga besar, hanya menginjak rem dan gas saja. 

Perawatan

Mobil matic memang memiliki biaya perawatan lebih tinggi karena semua sistemnya otomatis sehingga dibutuhkan teknisi khusus untuk memperbaiki saat ada kerusakan. Sedangkan perawatan mobil manual untuk beberapa kasus ringan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Mudah Untuk Pemula

Fungsionalitas

Sistem otomatis yang dihadirkan oleh mobil matic, membuatnya cocok untuk digunakan oleh pengendara pemula atau baru belajar menyetir. Kenyamanannya bisa meminimalkan kelelahan dan keamanannya terjamin. Mobil matic juga menjadi pilihan tepat untuk berkendara di dalam kota yang lalu lintasnya padat. Namun, jika Anda membutuhkan mobil yang dapat melaju cepat atau menempuh medan cukup berat, mobil manual adalah pilihannya. 

Kedua jenis mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setelah mengetahui perbedaan mobil matic dan manual seperti dijelaskan di atas, Anda tim mobil matic atau manual?

Asuransi Mobil Untuk Lindungi Kerugian Keuangan

Untuk perlindungan selama berkendara, penting untuk memiliki asuransi mobil. Jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kerusaka mobil, Anda akan terbesar dari biaya apapun karena asuransi akan mengganti biaya tersebut. Temukan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik di cekpremi.com!

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *