Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic pada Mobil

sunroof

Seringkali bagian atap dari beberapa mobil terdapat perangkat kaca yang bisa dibuka tutup secara elektris. Ada yang menyebutnya dengan nama sunroof , moonroof, hingga disebut panoramic roof. Sebenarnya perangkat tersebut sama-sama mampu memberikan pemandangan langit. Bedanya adalah mekanisme pergerakannya saja. Ada yang bergerak keluar dari atap bodi, ada yang bergerak masuk ke dalam, dan ada yang tertanam.

  • Sunroof

Fungsinya untuk mensirkulasi udara yang ada di dalam kabin. Pada mobil lawas, perangkat ini menggunakan pelat logam sebagai materialnya. Sesuai berkembangnya tahun, perangkat ini menggunakan material kaca sebagai bahan utamanya. Karena jika menggunakan pelat, jika ingin melihat pemandangan maka panelnya harus dibuka. Berbeda dengan kaca yang tidak perlu dibuka jika ingin melihat pemandangan. Pergerakannya ke arah luar bodi. Saat dibuka, kabin akan menerima udara serta sinar matahari langsung dari luar. Jika kamu ingin memasang sunroof, siapkan dana sekitar Rp 15 juta sampai dengan Rp 25 juta, tergantung dari jenis yang digunakan.

  • Moonroof

Arah pergerakan moonroof justru masuk ke dalam bodi. Jadi komponen moonroof jauh lebih kompleks dibandingkan sunroof. Sebenarnya, perbedaan keduanya hanya cara membukanya saja yang berbeda. Sunroof dibuka dengan cara diangkat ke atas. Moonroof memiliki rel yang berfungsi untuk menggerakkan kaca. Moonroof akan masuk ke dalam kaca ketika dibuka sehingga pandangan semakin luas dan ruang sirkulasi udara juga semakin lega. Moonroof digerakkan oleh rel, sehingga rawan macet. Untuk itu, moonroof butuh perawatan yang baik.

  • Panoramic Roof

Perangkat ini berukuran cukup besar, bahkan ada yang hampir sebesar atap mobil. Panoramic roof hanya sebuah kaca yang terbentang di atap mobil tapi tidak dapat dibuka. Pada panoramic roof, bagian yang bisa bergerak hanya atap atau penutup yang berada di bawahnya. Selain itu panoramic roof umumnya tidak bisa digerakkan alias tertanam paten. Hanya panel pelindung di bawah panoramic roof yang bisa bergerak untuk menghalangi sinar matahari. Panoramic roof jamak terdapat di MPV dan SUV, meskipun beberapa sedan juga terdapat fitur mewah ini. Walaupun memiliki ukuran yang cukup besar, panoramic roof biasanya sudah dilengkapi dengan lapisan anti ultraviolet. Jadi, penumpang atau pengendara di dalam kabin akan terlindungi dari sinar matahari langsung.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp.35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Sunroof

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Berapa harga pasang sunroof?” answer-0=”Harga pasang sunroof mobil keluaran Eropa sekitar Rp20 juta. Bagi pemilik mobil seperti BMW dan Mercy, harga pasang resmi dari pabrikan bisa mencapai Rp.25 jutaan. Kemudian, harga pasang untuk mobil MPV sekitar Rp10 juta hingga Rp.15 juta. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Sunroof buat apa?” answer-1=”Fungsi sunroof dan moonroof sebenarnya sama, yaitu memberikan jangkauan pandang yang lebih luas dari arah atap mobil. Fitur ini cocok untuk kamu. Yang sangat senang mengamati cerahnya langit pada siang hari dan indahnya bintang pada malam hari.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]