Mobil Bekas Tabrak, Begini Cara Mengenalinya

bekas tabrak

Membeli mobil bekas adalah salah satu solusi bagi kamu yang ingin membeli mobil tapi juga ingin menjaga pengeluaran. Pengecekan harus kamu lakukan agar mendapat mobil yang masih layak, dan bukan mobil bekas tabrak.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas tabrak atau tidak? Simak ciri-cirinya berikut ini, ya!

Ciri-ciri Kondisi Fisik Mobil Bekas Tabrak

Memilih mobil bekas harus dilakukan secara teliti, jika tidak tentunya akan merugikan kamu. Kamu tidak ingin bukan, jika harapan awal dengan membeli mobil bekas akan lebih menghemat pengeluaran, namun kenyataannya harus lebih menguras biaya?

Karena mobil bekas tabrakan akan membuatmu kurang nyaman, selain itu harga jual di kemudian hari juga turun drastis. Oleh karena itu, ciri-ciri berikut ini patut kamu ketahui agar kamu tidak salah pilih.

  • Warna Cat Mobil Berbeda

Hal utama ini yang dapat kamu lihat secara jelas, yaitu warna cat body mobil. Karena biasanya warna cat mobil bekas tabrakan akan sedikit berbeda dengan cat warna aslinya.

Selain body mobil, kamu juga bisa melihat warna baut yang tertutup cat. Jika baut yang berada di bagian ruang mesin tertutup oleh cat dengan warna body, ada kemungkinan jika bagian tersebut sudah pernah diperbaiki.

  • Spare Part Tidak Original

Ketika mobil pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan, biasanya terdapat beberapa bagian yang rusak dan harus diganti. Namun harga spare part original lebih mahal dibandingkan yang palsu, sehingga jika kamu menemukan mobil bekas dengan suku cadang palsu, ada kemungkinan jika mobil tersebut adalah bekas tabrakan.

Spare part yang biasanya rusak akibat kecelakaan yaitu airbag. Kamu dapat melakukan pengecekan kondisi airbag dari indikator yang berada pada speedometer. Jika normal, akan muncul tanda saat kunci kontak berada dalam posisi menyala, dan beberapa detik kemudian indikator akan mati sebelum mesin mobil dinyalakan.

  • Terdapat Bekas Las

Hal selanjutnya yang bisa kamu lihat yaitu, apakah terdapat bekas pengelasan atau tidak. Karena biasanya mobil bekas tabrakan akan mengalami kerusakan pada body, dan untuk memperbaikinya mekanik akan melakukan pengelasan.

Bagian utama yang harus kamu lihat yaitu di bagian kap mobil, bumper, body samping, atau bagian pintu depan dan belakang. Jika kamu melihat ada bekas pengelasan, maka dapat dipastikan jika mobil tersebut bekas tabrakan.

Ketiga hal tersebut dapat kamu periksa tanpa harus melakukan test drive, karena ketiga ciri tersebut dapat dilihat dan tidak perlu dirasakan. Selain memeriksa kondisi fisik, kamu juga bisa memastikannya setelah melakukan test drive. Bagaimana cara mengetahuinya?

Ciri-ciri Mobil Bekas Tabrakan Setelah Melakukan Test Drive

Kamu dapat melakukan uji coba atau test drive sebelum membeli mobil bekas. Cara ini dapat berguna untuk memastikan apakah mobil ini bekas tabrakan atau tidak.

Kemudian kamu dapat mendengarkan suara mesin, apakah mengeluarkan bunyi ketukan atau tidak. Jika mesin berbunyi dengan adanya ketukan, maka hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi permasalahan pada mesin mobil.

Pada mobil manual, kamu dapat memeriksa kondisi rem dan transmisinya. Jika kamu merasa kurang nyaman, atau kurang bekerja dengan semestinya, kamu dapat memastikannya pada penjual mobil tersebut.

Hal selanjutnya yang dapat kamu periksa adalah kondisi ban saat melaju di jalanan. Jika kamu merasa ada gangguan pada kemudi stir yang tidak normal, maka dapat dikatakan bahwa mobil tersebut telah mengalami kerusakan.

Terjadinya kecelakaan tabrakan, selain merugikan kondisi fisikmu, juga merugikan kondisi finansial jika tidak menggunakan asuransi mobil. Oleh karena itu, kamu dapat berkonsultasi dengan Cek Premi, untuk memilih rekomendasi asuransi mobil terbaik dan terpercaya yang dapat memberikan layanan memuaskan.\

Pertanyaan Seputar Mobil Bekas Tabrak

Bagi beberapa orang yang ingin membeli mobil bekas, ada yang merasa kesulitan untuk memilih apakah mobil tersebut adalah mobil bekas tabrak atau mobil yang masih layak. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pembeli, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang harus di cek ketika membeli mobil bekas?” answer-0=”Selain melihat kondisi unit seperti fisik dan mesinnya, kamu dapat mengecek kelengkapan dan keaslian dokumennya. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa kilometer mobil bekas yang normal?” answer-1=”Biasanya total kilometer mobil bekas yang digunakan pribadi di Indonesia selama 1 tahun yaitu, 15.000 – 20.000 km. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]