Perhatikan 5 Faktor Ini Untuk Mengatur Biaya Sekolah Anak Anda

Asuransi pendidikan
Source : Klik Riau

Mungkin anda seorang istri akan merasa hidup ini akan terasa berat jika suami anda meninggal dunia begitu cepat. Dimana saat itu anak – anak anda baru ingin masuk usia sekolah, mungkin anda sebagai seorang istri akan mempunyai peran ganda dimana anda harus tetap menjadi seorang ibu yang mengayomi anak-anak anda, anda juga perlu bekerja agar tetap bisa menghidupi anak – anak anda dan membiayai pendidikan mereka.

Bukan hal yang mudah memang menjadi single parents dengan beberapa anak. Tetapi jika takdir sudah berbicara kita sebagai manusia harus tetap menjalaninya dengan rasa ikhlas. Tapi sebenarnya jika anda atau mendiang suami anda pernah ikut Asuransi Pendidikan sepertinya hal itu bukanlah masalah yang berat untuk anda jalani. Mengapa demikian?

Pentingnya Persiapan Dana Pendidikan Biaya Sekolah Anak

Dari pengalaman di atas adalah contoh kalau persiapan pendidikan anak wajib memperhitungkan banyak aspek. Terlebih lagi menurut perhitungan, biaya pendidikan akan selalu mengalami pelonjakan antara 10-15% setiap tahunnya. Persiapan yang dilakukan dari jauh-jauh hari pun dapat mengalami perubahan. Manfaat asuransi pendidikan yang diawal hanya sebagai cadangan, ternyata justru menjadi salah satu sumber bantuan pendidikan utama untuk anak-anaknya.

Berdasarkan pengalaman di atas, perlu Anda pahami apakah Anda sudah mempunyai perencanaan pendidikan yang cukup? Berikut ini beberapa pertanyaan untuk anda dalam mengecek persiapan pendidikan anak-anak Anda:

1. Sudahkah Anda perkirakan setinggi apa pendidikan anak?
Saat ini pemerintah sudah menetapkan batasan minimal pendidikan 9 tahun atau sampai tamat SMP. Oleh karena itu pemerintah juga memberikan sejumlah subsidi pendidikan Bantuan Operasional Sekolah atau BOS sampai pendidikan 9 tahun.

2. Sudah tahu mau menyekolahkan anak ke mana?
Untuk biaya sekolah negeri sampai jenjang SMP, pemerintah sudah memberikan dana BOS. tetapi bagaimana jika Anda menginginkan anak anda ke sekolah swasta atau bahkan sekolah favorit yang mewajibkan Anda mengeluarkan biaya tambahan? Mungkin misalnya Anda ingin menyekolahkan anak anda ke sekolah nasional plus yang mampu mengajari anak berkemampuan bahasa asing? Nah, disitulah anda sudah harus merencanakannya agar anggaran yang anda keluarkan tidak membengkak.

3. Sudahkah Anda hitung berapa kebutuhan biaya pendidikannya?
Setelah anda mengetahui sampai jenjang manakah anda menyekolahkan anak dan ke mana anak akan disekolahkan, Anda perlu menghitung perkiraan biaya yang harus anda keluarkan. Biaya tersebut itu meliputi biaya sekolah sampai biaya kebutuhan hidup selama sekolah. Hal tersebut dilakukan agar anda bisa benar – benar mempersiapkannya dengan matang.

4. Sudahkah mempunyai rencana keuangan untuk memenuhi dana pendidikan anak anda?
Setelah anda mengetahui berapa dana kebutuhan pendidikan anak, Anda juga perlu tahu rencana apa yang terbaik agar biayanya dapat terpenuhi. Untuk jangka pendek, menengah, dan panjang, Anda harus membedakan sumber keuangan untuk memenuhinya. Untuk jangka waktu antara satu tahun, Anda bisa mencari investasi dengan resiko yang rendah, contohnya tabungan pendidikan. Namun untuk jangka waktu yang panjang, Anda bisa mencari pilihan investasi dengan sistem bagi hasil lebih tinggi.

5. Sudahkah Anda memiliki proteksi dana pendidikan?
Jika sekarang ini Anda menjadi satu-satunya pemberi nafkah bagi keluarga, Anda harus memikirkan bagaimana memberi perlindungan diri jika terjadi sesuatu pada diri Anda. Untuk itu Anda harus memikirkan untuk mempunyai beberapa jenis asuransi. Salah satunya adalah asuransi kesehatan, jiwa, serta asuransi pendidikan.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

July 19, 2016

Posted In: Financial, Hot News

Tags:

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami