Perkakas Mobil yang Harus Dibawa Saat Berkendara

perkakas mobil

Artikel ini akan membahas tentang perkakas mobil yang harus dibawa saat berkendara. Terkadang insiden datang di waktu dan tempat yang tak tepat. Misalnya, ban bocor, aki soak, atau lain sebagainya. Sebaiknya kamu bisa mengatasi kendaraan darurat tersebut dengan beberapa perkakas mobil sederhana. Berikut beberapa perkakas mobil yang perlu dibawa saat berkendara.

  • Dongkrak

Ban mobil kamu bocor di tengah jalan? Dongkrak harus selalu disimpan di dalam mobil setelah digunakan. Dongkrak tak hanya berfungsi untuk mengganti ban saja, tapi juga sangat bermanfaat untuk melakukan perbaikan darurat terutama untuk komponen yang terdapat di bagian kolong mobil. Dongkrak juga bisa digunakan untuk membantu mengembalikan ban mobil yang terperosok ke parit, kembali ke jalan.

  • Kunci Roda dan Tool Set

Dongkrak ada, tapi kunci roda tidak ada, ya sia-sia saja. Kunci roda masing-masing mobil bisa saja berbeda. Sebaiknya kamu juga menyimpan tool set berupa obeng dan kunci soket dalam beberapa ukuran. Peralatan ini bermanfaat untuk mengencangkan baut maupun komponen mobil lainnya. Tentu kamu juga bisa melakukannya sendiri karena pekerjaan mengencangkan baut aki atau clamp selang radiator cukup sederhana.

  • Kabel Jumper

Mobilmu tiba-tiba gak bisa nyala? Mungkin akimu soak. Jangan khawatir, kabel jumper bisa jadi solusinya. Cukup hubungkan kabel jumper dari aki mobilmu dengan aki mobil kendaraan lain yang berkondisi baik, maka mobilmu bisa hidup kembali. Diamkan mesin menyala beberapa saat dan tunggu alternator untuk mengisi kembali energi baterai. Lalu, matikan mesin dan diamkan. Kemudian, coba hidupkan kembali. Jika mesin menyala normal berarti aki mobilmu masih sehat.

  • APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Ketika terjadi kebakaran yang tak diinginkan misalnya karena korsleting atau overheat, APAR bisa membantu. Dengan material khusus yang terkandung di dalamnya, APAR bisa memadamkan kebakaran berskala kecil. Lagi pula, memadamkan api yang menyala dengan APAR jauh lebih aman ketimbang memadamkannya dengan air biasa.

  • Kotak P3K

P3K merupakan perkakas mobil sederhana yang wajib ada di mobil sepanjang waktu. Ini akan berguna ketika terjadi kecelakaan kecil atau ketika kamu melintasi wilayah yang minim perlengkapan medis. Beberapa peralatan yang harus ada di dalam kotak P3K antara lain, alkohol, kapas, cotton bud, penyemprot nyamuk, salep untuk mengatasi luka bakar, plester, obat antiseptik, gunting, masker, hand sanitizer.

  • Ban Cadangan

Setiap kendaraan roda empat tentu wajib membawa ban cadangan. Meski sudah menjadi perlengkapan standar, kamu juga wajib mengecek kondisi ban cadangan. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah mengecek tekanan angin setiap bulan, kondisi alur ban, dan perawatan dengan menggunakan semir ban.

  • Sekring Cadangan

Fungsi sekering sebagai penahan arus listrik berlebih di mobil sangat penting. Jika sekring rusak, maka bisa terjadi risiko korsleting dan kebakaran. Ada baiknya kamu selalu menyediakan sekering cadangan supaya kamu bisa segera mengganti sekring lama dengan sekering baru. Setiap sekering memiliki kapasitas tersendiri. Kamu bisa melihatnya dari warna kepala sekering itu. Jadi, jika salah satu sekering mengalami kerusakan, maka sekering tersebut harus diganti dengan sekering yang berwarna sama.

  • Segitiga Pengaman

Musibah bisa datang tiba-tiba kapan saja dan di mana saja, termasuk saat malam hari. Perlengkapan ini berguna untuk berguna untuk memberikan tanda kepada pengguna jalan lainnya jika mobil kamu sedang bermasalah dan harus menepi untuk mengalami perbaikan. Kamu disarankan memiliki sepasang segitiga pengaman untuk diletakkan di bagian depan dan belakang mobil saat berhenti. Kamu juga wajib memperhatikan pemasangannya. Untuk di jalan non tol, kamu disarankan untuk memasang segitiga pengaman setidaknya 25 sampai 30 meter dari posisi mobil berhenti. Sementara jika mobilmu berhenti di bahu jalan tol, maka kamu harus memasang segitiga pengaman dengan jarak 50 hingga 100 meter dari posisi mobil berhenti.

Apabila kendaraanmu rusak, kamu tentu memerlukan asuransi mobil. Kamu tidak perlu pusing dengan biayanya karena akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Mega Insurance dan Staco Mandiri.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSMDCCTS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH III, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Asuransi Staco Mandiri membagi asuransi kendaraan bermotor ke dalam dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback untuk premi yang lebih hemat.

Pertanyaan Seputar Perkakas Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Perlengkapan mobil apa saja yang digunakan dalam keadaan darurat?” answer-0=”Dongkrak, kunci roda atau tool set, kabel jumper, APAR (alat pemadam api ringan), kotak P3K, ban cadangan, sekring cadangan, segitiga pengaman. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Peralatan apa saja yang wajib di dalam mobil untuk perbaikan ringan?” answer-1=”Perlengkapan P3K, kabel jumper, tool kit, APAR (alat pemadam api ringan), segitiga pengaman, ban cadangan, dongkrak. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]