Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Mudik Pakai Mobil Sendiri

May - 23
2019
Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Mudik Pakai Mobil Sendiri

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Mudik Pakai Mobil Sendiri

Beberapa orang mulai sibuk ketika sudah menginjak pertengahan bulan Ramadan. Ada mencari asuransi yang bagus untuk mobil karena mudik nanti mereka menggunakan kendaraan pribadi. Ada juga yang mulai menyelesaikan pekerjaan agar mereka bisa mudik lebih awal.

Apapun itu, Anda tidak boleh lupa membawa peralatan yang Anda butuhkan selama perjalanan mudik. Mungkin Anda sudah mengecek kondisi mobil. Anda juga sudah pastikan mobil dalam kondisi yang fit untuk dibawa mudik. Namun, bagaimanapun juga, ada risiko yang bisa terjadi di jalan nanti.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk membawa perlengkapan mudik. Apa saja itu?

Perlengkapan yang Tidak Boleh Lupa Dibawa

Terlalu banyak membawa perlengkapan mudik bisa membuat mobil terlalu berat. Dan penumpang bisa juga tidak terlalu nyaman selama perjalanan mudik.

Dalam hal ini, setidaknya ada 8 hal yang wajib Anda bawa.

Uang Receh

Anda sangat membutuhkan uang receh. Dan usahakan Anda membawa dalam jumlah yang banyak.

Uang receh sangat dibutuhkan ketika Anda parkir, entah itu parkir di minimarket untuk membeli makanan kecil atau parkir di rest area ketika Anda ingin istirahat sebentar.

Saat jalan begitu macet, tidak jarang masyarakat melakukan inisiatif dengan menunjukkan jalan alternatif atau yang sering disebut dengan ‘jalan tikus’. Sebagai rasa terima kasih, Anda bisa memberikan uang receh, entah itu Rp 1000 atau Rp 2000. Itu sudah cukup.

Saat Anda ke toilet untuk buang air besar atau buang air kecil, Anda juga memerlukan uang receh untuk Anda masukkan ke dalam kotak. Jadi, bawalah uang receh dalam jumlah yang banyak ya. Karena Anda sangat membutuhkannya ketika perjalanan mudik nanti.

Roof Box

Agar memberikan kenyamanan dalam perjalanan, usahkaan barang-barang Anda tidak terlalu memenuhi kabin. Manfaatkan roof box agar barang-barang seperti tas bisa Anda taruh di dalam roof box. Dengan demikian, kabin tidak sesak dengan terlalu banyak barang.

Kabel Jumper

Jika kendaraan Anda sudah Anda daftarkan asuransi yang bagus untuk mobil, mungkin Anda bisa lebih tenang. Ketika terjadi kerusakan karena kecelakaan misalnya, Anda bisa menghubungi pihak asuransi. Atau Anda bisa hubungi pihak bengkel agar dikirim mobil derek.

Namun, bagaimana jika mobil Anda tiba-tiba mogok tanpa sebab? Biasanya, ini disebabkan aki yang sudah mengalami masalah. Dalam hal ini, Anda butuh kabel jumper.

Jika Anda punya kebal jumper, Anda bisa meminta tolong mobil lain untuk membantu meng jump sehingga mesin mobil Anda bisa dihidupkan lagi. Maka dari itu, sebelum perjalanan mudik, sebaiknya Anda beli dulu kabel jumper ini.

Kunci Stir

Mungkin mobil Anda sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang komplit. Selain itu, Anda juga sudah mengambil asuransi mobil yang bagus. Namun, langkah antisipasi terhadap pencurian mobil harus tetap Anda lakukan. Diantaranya dengan mengunci stir.

Mengunci stir perlu Anda lakukan jika Anda berencana untuk keluar dari mobil dalam kurun waktu yang lama. Misalnya saja Anda ingin tidur sejekan di rest area. Memang biasanya sudah ada tim keamanan atau tukang parkir. Namun, sebaiknya Anda tetap mengunci stir agar mobil Anda benar-benar aman.

Dongkrak

Tidak ada yang tahu jika ternyata ban Anda bocor di jalan. Untuk itu, pastikan dongkrak ada di bagasi. Jika perlu, buka dulu dongkrak tersebut. Terkadang, dongkrak yang sudah lama tidak digunakan tidak bisa berfungsi dengan baik. Coba dulu apakah dongkrak masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Ban Serep

Apakah ban serep yang Anda pasang di bagian belakang masih dalam kondisi baik? Usahakan ban serep tersebut masih bagus dan anginnya cukup. Cek jika diperlu. Karena terkadang ban serep sedikit kurang angin lantaran tidak pernah digunakan.

Charger untuk Mobil

Saat ini, sulit sekali untuk terlepas dari smartphone. Apalagi jika Anda berencana untuk mudik dengan kendaraan pribadi. Kemungkinan besar, Anda akan mengaktifkan smartphone lebih sering, seperti untuk melihat Google Maps. Agar baterai smartphone Anda terisi penuh, bawalah charger mobil.

Kotak P3K

Risiko kecelakaan saat mudik itu tinggi mengingat jalan akan dipenuhi dengan kendaraan. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengambil polis asuransi yang bagus untuk mobil.

Selain itu, bawa juga kotak P3K. Jika ada salah satu anggota keluarga yang mudah sekali terserang penyakit tertentu, misalnya saja batuk, bawa obat batuk dan masukkan ke dalam kotak P3K.

Nah, sudah lengkapkah peralatan tersebut di mobil Anda?

Tips Mudik Aman Pakai Mobil Sendiri

Memang lebih fleksibel ketika Anda mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Akan tetapi, faktor keamanan harus benar-benar diutamakan

Jika Anda mudik dengan menggunakan mobil pribadi, usahakan jangan melakukan perjalanan di malam hari. Ada risiko di mana mobil Anda mogok. Dan pada waktu malam, terkadang sulit sekali untuk mendapatkan bengkel.

Selain itu, sebaiknya Anda mudik dengan rombongan lainnya. Mungkin ada teman yang juga mudik ke kota yang sama. Sebaiknya Anda ajak mereka untuk mudik secara beriringan atau berombongan.

Hindari jalan tikus. Karena bisa saja jalan tersebut rusak dan tidak aspal. Ini bisa membuat roda mobil Anda mudah bocor. Belum lagi jika ada orang yang mencoba melakukan hal buruk kepada Anda.

Jadikan mudik tahun ini mudik yang begitu menyenangkan. Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Siapkan juga kondisi fisik Anda sekeluarga. Berikan proteksi terhadap kendaraan Anda dengan cara mengambil asuransi yang bagus untuk mobil.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *