Persalinan VBAC Untuk Lahiran Normal Setelah Operasi Caesar

Pasangan Menyambut Kehamilan

Sebagai seorang ibu, pilihan metode persalinan dapat ditentukan berdasarkan kesanggupan sang ibu dan kesehatannya. Apalagi pilihan untuk para ibu yang sebelumnya menjalani caesar dan ingin melahirkan normal. Melahirkan normal setelah caesar disebut VBAC (Vaginal Birth After Caesar).

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dalam studinya mengungkapkan kalau tidak masalah dan mungkin terjadi bagi seorang ibu yang ingin menjalani VBAC.

VBAC merupakan prosedur melahirkan normal setelah seorang ibu pernah menjalani operasi caesar atauc-section.

Biasanya, ibu yang pernah menjalani proses caesar akan direkomendasikan untuk melakukan proses itu jika hamil dan melahirkan lagi. Namun perlu diperhatikan syarat apa saja yang boleh melakukan VBAC yaitu:

  • Ibu yang memiliki sayatan caesar berupa garis horizontal di bawah perut.
  • Ibu dengan mengandung 1 bayi dan hanya pernah menjalani 1 kali operasi caesar sebelumnya tetapi bukan ada sayatan vertikal.
  • Persalinan alami setelah induksi, sehingga kontraksi berlangsung cepat.
  • Perkiraan ukuran berat janin lebih kecil dari ukuran berat janin sebelumnya.
  • Ukuran tulang panggul kamu cukup besar dan memungkinkan bayi keluar dengan mudah. Seringkali dokter dapat menentukan ini.
  • Belum pernah menjalani operasi besar pada rahim, seperti miomektomi untuk mengangkat tumor jinak rahim (fibroid).
  • Belum pernah mengalami robekan rahim pada kehamilan sebelumnya.
  • Tidak ada kondisi medis yang membahayakan persalinan pervaginaan, seperti plasenta previa atau fibroid.

Saat menjalani proses VBAC, risiko yang dialami akan tidak sebesar proses caesar yang berulang. Hal ini meminimalisir risiko yang dapat berpengaruh pada bayi dan kamu yang pernah mengalami caesar. Sebisa mungkin kamu dapat menghindari operasi caesar berulang kali.

Proses VBAC atau melahirkan normal setelah caesar merupakan proses paling baik untuk bayi. Penelitian menunjukan bahwa persalinan normal membuat bayi terpapar bakteri dan memiliki antibodi yang bermanfaat.

Tindakan proses VBAC harus diperhatikan sejak awal kehamilan dan didiskusikan bersama dokter. Untuk itu, banyak pertimbangan dan sangat perlu diperhatikan dari kondisi sang ibu saat ingin memilih VBAC nanti, antara lain:

  • Riwayat operasi caesar lebih dari 2 kali
  • Lewat waktu kelahiran
  • Kehamilan kembar sungsang
  • Diabetes melitus
  • Curiga makrosomia
  • Jarak 18 bulan kelahiran
  • Riwayat Teknik SC

Dengan adanya syarat dan pertimbangan untuk seorang ibu yang ingin menjalankan proses VBAC, ada juga hal-hal yang perlu dipersiapkan seperti penilaian kondisi medis yang dilakukan dokter meliputi anamnesis riwayat persalinan, tipe jahitan dan lain-lain.

Untuk kamu sebagai seorang ayah dan ibu juga harus mempelajari risiko dan manfaat VBAC dan operasi SC berencana. Dengan begitu kamu juga dapat mempersiapkan opsi lain jika menghadapi kondisi darurat.

Hal terpenting juga yang perlu kamu ketahui adalah mempersiapkan diri, pola hidup yang sehat, jika ada kesempatan maka ikuti kelas persalinan, dan pastinya persiapkan rencana persalinan dengan segala kemungkinan.

Prosedur VBAC adalah proses melahirkan dengan tingkat keberhasilan tinggi jika dilakukan dengan tepat. Manfaat yang dirasakan adalah proses pemulihan yang berlangsung cepat, menurunkan risiko komplikasi operasi.

Dari proses VBAC juga dapat menurunkan risiko dampak buruk di kehamilan berikutnya.

Ada juga tips-tips saat ingin melakukan proses VBAC seperti hindari induksi persalinan, cari rumah sakit yang bisa dan dapat mendukung proses VBAC, pola makan yang sehat dan teratur, ikuti senam hamil dan latihan pernapasan, dukungan orang terdekat terutama pasangan kamu, dan yang pasti percaya dan yakin dari diri sendiri.

Setelah tau mengenai proses, syarat dan ketentuan, serta manfaat VBAC (Vaginal Birth After Caesar), bagaimana dengan kisaran biaya yang perlu kamu pikirkan?

Kisaran biaya yang bisa kamu persiapkan dari awal ialah harga yang sebanding dengan biaya persalinan normal lainnya. Biaya persalinan normal di rumah sakit biasanya mulai dari Rp1.000.000,-.

Namun semua itu tergantung diskusi kamu antara rumah sakit dan kebutuhan saat melakukan proses VBAC.

Setelah dengan biaya persalinan, mungkin pertanyaan yang akan kamu tanyakan berikutnya adalah “Apakah ditanggungkan oleh pihak asuransi?” Jawabannya adalah bisa selama dalam asuransi kesehatan yang kamu miliki terdapat perluasan benefit maternity (melahirkan). Perlu kamu ketahui pula, perluasan melahirkan dalam asuransi kesehatan bisa diambil jika saat mendaftar asuransi kesehatan, calon ibu tidak dalam keadaan mengandung. Selain itu, masa tunggu untuk benefit maternity dalam asuransi kesehatan adalah 12 bulan, sehingga klaim bisa dilakukan jika sudah memasuki bulan ke-13. Dengan kata lain, perluasan melahirkan dalam asuransi kesehatan dapat diambil sebagai bentuk perencanaan jangka panjang sebelum kehamilan.

Biasanya pihak asuransi akan menjelaskan polis yang mereka tawarkan dan apa yang kamu butuhkan sesuai dengan kesepakatan antara kamu sebagai nasabah dengan pihak asuransi. Proses melahirkan termasuk benefit yang bisa kamu ambil jika mengikuti asuransi kesehatan.

Pastinya dengan mengikuti asuransi kesehatan terutama dengan mengambil keuntungan asuransi maternity atau melahirkan, kamu akan merasakan keuntungan terlebih dari segi biaya dan fasilitas yang didapatkan. Tentunya kamu perlu membaca kembali polis asuransi yang kamu ambil dengan benefit asuransi maternity, ya.

Asuransi kesehatan yang kamu ikuti bisa membayarkan tanggungan kamu dalam proses melahirkan dengan premi yang ditawarkan. Tidak ada salahnya untuk mengikuti asuransi kesehatan karena kamu bisa merasakan manfaatnya dalam jangka lama.

Cekpremi hadir memberikan rekomendasi asuransi kesehatan untuk kamu yang masih bingung dengan pilihan asuransi yang ditawarkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Kesehatan

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan?” answer-0=”Asuransi kesehatan adalah pertanggungan asuransi yang menjamin biaya pengobatan, pembedahan, pengobatan, dan sejenisnya bagi tertanggung atau pemegang polis. Asuransi ini menjamin biaya pengobatan yang disebabkan oleh penyakit atau cedera, hingga pembayaran biaya pengobatan secara langsung. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja manfaat asuransi kesehatan?” answer-1=”Ketika kamu mauk memerlukan pengobatan berlebih seperti gawat darurat sampai rawat inap, asuransi kesehatan dapat dimanfaatkan untuk peserta asuransi. Perusahaan asuransi kesehatan yang kamu ikuti akan membantu biaya pengobatan ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]