10 Perlengkapan Esensial yang Harus Ada Saat Persiapan Camping

Jul - 15
2021
tenda camping

10 Perlengkapan Esensial yang Harus Ada Saat Persiapan Camping

Aktivitas di luar ruangan memang asyik untuk dinikmati beramai-ramai. Camping, saat ini menjadi jenis kegiatan yang banyak diminati. Selain memberikan manfaat untuk kesehatan, camping juga bisa mengakrabkan hubungan. Bagi keluarga, anak-anak pasti senang mengeksplorasi alam, membuat api unggun, dan tidur di tenda. Sebuah pengalaman positif yang bisa membangun kepercayaan diri anak. Liburan menyenangkan di alam bebas tentu membutuhkan persiapan camping yang matang. Apalagi jika Anda akan membawa anak-anak dalam petualangan.

Alat-Alat yang Wajib Anda Masukkan Dalam Daftar Persiapan Camping

persiapan camping

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

1. Tenda

Perlengkapan satu ini wajib dan paling penting untuk camping. Tidak perlu khawatir apabila Anda tidak memiliki tenda. Anda tidak harus membeli tenda baru. Saat ini, banyak jasa penyewaan tenda. Anda bisa memilih tenda sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis tenda, di antaranya tenda pramuka, tenda dome, dan tenda flysheet. Saat ini banyak orang lebih memilih tenda dome karena lebih praktis, mudah didirikan, dan mudah pula dibawa kemana-mana. Meskipun menyewa tenda lebih murah, Anda tetap harus berhati-hati dalam penggunaannya, ya! Pasalnya perlengkapan satu ini memiliki harga yang terbilang mahal. Pastikan Anda menyewa tenda dengan kualitas yang baik dan lengkap. Periksa kembali jumlah pasak, tiang, dan lainnya.

2. Kompor dan Gas

Banyak alat masak praktik yang cocok untuk menemani aktivitas camping. Kompor portable dan gas mini adalah perlengkapan yang wajib dibawa agar Anda bisa menikmati coklat panas sambil melihat bintang di langit tanpa repot mencari kayu bakar. Kompor portable ini berukuran lebih kecil dengan sumbu api yang besar. Bobotnya kurang dari setengah kilogram dan mudah dipacking dalam satu tas besar. Pastikan Anda membawa gas cadangan, ya!

3. Perlengkapan Masak dan Makan

Agar bisa menikmati secangkir teh hangat, tentu Anda perlu membawa cangkir dan panci untuk memasak air. Anda bisa membawa panci kecil serbaguna dan satu spatula untuk keperluan memasak. Selain itu, bawa juga piring, gelas, sendok, dan alat makan kesayanganmu untuk menambah kenyamanan berlibur.

4. Korek api

Benda mungil satu ini seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang, padahal memiliki fungsi yang sangat besar. Korek api jadi barang berikutnya yang tidak boleh ketinggalan saat camping. Korek api bisa Anda gunakan untuk menghidupkan kompor bila pemantik kompor mati atau Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat api unggun.

5. Sleeping Bag atau Alas Tidur

Demi kenyamanan tidurmu di alam bebas, bawalah sleeping bag untuk alas tidur di dalam tenda. Ada dua jenis sleeping bag yang bisa Anda pilih, yakni tipe selimut dan tipe mummy. Keduanya sama-sama nyaman dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bandung Barat Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

6. Matras

Meski sudah membawa sleeping bag, Anda juga harus membawa matras untuk tidur yang lebih nyaman. Sebelum menggunakan sleeping bag, lapisi terlebih dahulu dengan matras. Hal ini bertujuan agar tubuh terasa lebih hangat. Benda satu ini tak hanya berguna untuk kenyamanan tidur saja tapi juga bisa digunakan untuk berkumpul bersama teman atau keluarga di luar tenda.

7. Senter atau Headlamp

Kedua benda ini bisa Anda gunakan sebagai sumber penerangan di malam hari karena lampu flash dari handphone saja tidak cukup.

8. Jas Hujan

Berkegiatan di luar ruangan sangat bergantung pada cuaca. Sayangnya kita tidak tahu pasti kapan akan turun hujan. Membawa jas hujan bisa menjadi tindakan preventif yang perlu Anda lakukan. Karena akan digunakan dalam situasi mendesak, pastikan Anda menyimpangnya di bagian yang mudah dijangkau, misalnya di bagian paling atas ransel.

9. Obat-Obatan dan P3K

Ketika mendaki, Anda bisa tergores ranting atau benda-benda lainnya dan menyebabkan lecet. Luka kecil jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan infeksi. Maka penting sekali untuk selalu membawa kotak P3K yang berisi antiseptic, gunting, perekat, kain kasa, sabun, pelindung mulut CPR, dan peluit darurat. Jangan lupa masukkan juga anti nyamuk dan obat-obatan pribadi.

10. Pisau Lipat dan Sekop Kecil

Pisau lipat ini sangat berguna untuk memotong tali, memotong tanaman merambat, dan bahan makanan ketika memasak. Selain itu, Anda juga membutuhkan sekop untuk menggali tanah dan menimbun sampah organikmu atau untuk keperluan toilet sementara.

Nah, itu tadi 10 perlengkapan esensial yang wajib Anda pastikan ada saat persiapan camping. Selain mendapatkan kesenangan dari alam, kita juga harus menjaga alam dari segala jenis pencemaran. Anda bisa melakukannya dengan cara sederhana seperti tidak meninggalkan sampah di tempat camping.

Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Hits di Garut, Dijamin Asri dan Sejuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *