Persiapan dan Prosedur Operasi Amandel

tenggorokan

Saat melakukan operasi, biasanya para pasien akan melakukan saran-saran yang dianjurkan dokter demi kelancaran operasinya. Salah satunya dengan persiapan operasi amandel.

Dilakukannya operasi amandel karena sudah terjadi radang amandel. Penyakit itu disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Beberapa jenis virus juga menjadi penyebab radang amandel dan biasanya adalah virus yang juga menyebabkan batuk pilek atau flu.

Dokter akan merekomendasikan pasien melakukan operasi amandel bertujuan untuk mengangkat amandel (tonsil) palatina yang berada di bagian atas tenggorokan.

Kira-kira apa saja persiapan operasi amandel dan prosedur operasi amandel? Cekpremi akan membagikan informasinya.

Operasi Amandel (Tonsilektomi)

Amandel merupakan dua kelenjar kecil yang terletak di belakang tenggorokan dan memiliki sel darah putih untuk membantu melawan infeksi, walaupun amandel juga bisa terinfeksi.

Ukuran Amandel (tonsil) bisa berubah ukuran seiring waktu. Ukurannya bisa besar saat anak-anak dan mengecil saat dewasa.

Para dokter yang merekomendasikan pasiennya melakukan operasi amandel karena sebagai pengobatan terhadap tonsilitis (radang amandel) yang kronis. Bisa juga dokter melakukan operasi pengangkatan amandel untuk membantu mengatasi atau mengobati masalah pernapasan, terutama pada anak-anak.

Alasan paling umum yang dokter temukan yang memerlukan operasi amandel di antaranya tonsilitis bakteri yang berulang atau kronis. Ternyata seseorang yang mendengkur yang mengganggu, sleep apnea, masalah pernapasan akibat amandel yang membengkak atau membesar, kanker, hingga pendarahan pada amandel juga bisa melakukan tindakan operasi tersebut.

Persiapan Operasi Amandel

Ada hal yang harus kamu lakukan saat persiapan operasi amandel. Sebelum menjalani operasi, kamu harus berhenti minum obat antiinflamasi selama dua minggu. Pengonsumsian jenis obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen dapat meningkatkan risiko perdarahan selama dan setelah operasi.

Kemudian, jika kamu sedang mengkonsumsi obat secara rutin, kamu harus memberi tahu dokter apa saja obat yang dikonsumsi. Hal ini dikhawatirkan akan terjadi risiko perdarahan pra dan pasca operasi.

Persiapan operasi amandel yang perlu kamu lakukan adalah berpuasa. Ternyata tak hanya operasi-operasi besar yang harus berpuasa, persiapan operasi amandel juga memerlukan puasa untuk pasiennya.

Tujuan dari berpuasa ini adalah untuk menurunkan risiko terjadinya pneumonia aspirasi. Pneumonia aspirasi merupakan infeksi dan peradangan paru-paru. Insiden dan keparahan pneumonia aspirasi pascaoperasi diduga berkaitan dengan volume dan keasaman cairan lambung yang masuk ke jalan napas.

Selanjutnya persiapan operasi amandel yang perlu dilakukan adalah berpuasa dari makan atau minum. Dokter biasanya menganjurkan melakukan puasa 6-8 jam. Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi risiko mual dari obat bius.

Persiapan operasi amandel lainnya adalah menghindari penyakit lain seperti batuk. Jika kamu masih dalam kondisi batuk saat dalam persiapan operasi amandel, dokter bisa saja menunda jadwal operasi tersebut.

Batuk yang masih pasien alami dikhawatirkan terjadinya jahitan yang robek, apalagi pasien masih batuk keras.

Prosedur Operasi Amandel

Setelah mengetahui persiapan operasi amandel apa saja yang harus kamu jalani, sekarang kamu juga perlu tau nih tentang prosedur operasi amandel.

Ada beberapa cara berbeda untuk mengangkat amandel. Salah satu metode yang umum dilakukan para dokter ialahcold knife dissection. Saat operasi berlangsung, dokter bedah akan mengangkat amandel dengan pisau bedah.

Cara lainnya untuk operasi amandel ialah membakar jaringan melalui proses yang disebut kauterisasi. Selain itu, metode dengan getaran ultrasonik (yang menggunakan gelombang suara) juga bisa digunakan dalam beberapa prosedur operasi amandel (tonsilektomi).

Saat operasi akan berlangsung, pastinya para dokter yang akan menangani jalannya operasi tersebut memberitahukan pasien saat persiapan operasi amandel dalam menggunakan bius saat operasi.

Umumnya, semua metode operasi amandel menggunakan bius umum.

Nanti selama operasi kamu akan tidak sadarkan diri karena anestesi umum tersebut. Sehingga kamu pun tidak akan merasakan sakit apapun selama operasi. Durasi operasi amandel biasanya selama setengah jam.

Setelah operasi selesai, kamu akan dibawa ke ruang pemulihan.

Setelah Operasi Amandel (tonsilektomi)

Setelah melakukan persiapan operasi amandel dan melakuakn operasinya, kamu akan masuk dalam masa pemulihan.

Pasien akan dapat merasa nyeri pada tenggorokan. Keluhan ini juga dapat terasa di telinga hingga ke leher.

Beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri, mempercepat pemulihan, dan pencegahan komplikasi diantaranya:

  • Pemberian obat-obatan

Dokter akan memberikan obat pereda nyeri guna membantu dalam mengurangi gejala. Pastikan mengkonsumsinya sesuai anjuran.

  • Pemberian cairan

Untuk mencegah dehidrasi, disarankan untuk banyak minum air putih setelah operasi.

  • Pemilihan jenis makanan

Pasien pasca operasi mengonsumsi makanan yang lunak yang mudah dikunyah dan ditelan. Hindari jenis makanan yang asam, pedas, garing, dan keras karena dapat menimbulkan nyeri dan perdarahan.

  • Cukup istirahat

Tirah baring (bed rest) selama beberapa hari pasca operasi sangat penting. Hindari aktivitas berat juga perlu dihindari selama dua minggu sesudah operasi.

Di atas merupakan penjelasan mengenai persiapan dan prosedur operasi amandel. Penyakit-penyakit yang sedang kita alami atau yang akan datang harus kita obati dengan pelayanan dan memberikan yang terbaik kepada diri kita sendiri dapat kembali sehat.

Kamu bisa mengikuti Asuransi kesehatan dengan premi yang ditawarkan. Tidak ada salahnya untuk mengikuti asuransi kesehatan karena kamu bisa merasakan manfaatnya dalam jangka lama. Cekpremi hadir memberikan rekomendasi asuransi kesehatan untuk kamu yang masih bingung dengan pilihan asuransi yang ditawarkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Kesehatan

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan?” answer-0=”Asuransi kesehatan adalah pertanggungan asuransi yang menjamin biaya pengobatan, pembedahan, pengobatan, dan sejenisnya bagi tertanggung atau pemegang polis. Asuransi ini menjamin biaya pengobatan yang disebabkan oleh penyakit atau cedera, hingga pembayaran biaya pengobatan secara langsung. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja manfaat asuransi kesehatan?” answer-1=”Ketika kamu mauk memerlukan pengobatan berlebih seperti gawat darurat sampai rawat inap, asuransi kesehatan dapat dimanfaatkan untuk peserta asuransi. Perusahaan asuransi kesehatan yang kamu ikuti akan membantu biaya pengobatan ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]