Pilihan Asuransi Motor Terbaik dengan Harga Polis Terjangkau

Apr - 28
2021
asuransi motor terbaik

Pilihan Asuransi Motor Terbaik dengan Harga Polis Terjangkau

Last Updated on October 1, 2021 by Andrian

Resiko kecelakaan di jalan raya akan selalu ada walaupun Anda sudah hati-hati dalam berkendara. Untuk menghindari kerugian finansial akibat kecelakaan, Anda harus memiliki asuransi motor yang akan mengganti biaya kerusakan hingga kehilangan. Ada berbagai pilihan asuransi motor terbaik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sementara, untuk pilihan perlindungannya sendiri ada 3 jenis, yaitu:

TLO

Menjamin kerugian akibat kehilangan atau kerusakan yang menyebabkan motor tidak bisa berfungsi atau nilai perbaikan motor yang mencapai 75% akibat kecelakaan.

Komprehensif

Menjamin kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan motor seperti lecet, penyok, sampai dengan kerusakan yang besar.

Extra Protection

Merupakan paket lengkap yang menjamin kerugian 75% ke atas akibat kecelakaan pada sepeda motor, yang dilengkapi dengan pilihan perluasan jaminan seperti tanggung jawab hukum pihak ketiga, santunan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang, dll.

Baca juga artikel seputar asuransi kami lainnya:

Simak Rincian Biaya Klaim Asuransi Mobil Berikut Prosedur Klaimnya

Tips Memilih Asuransi Motor

asuransi motor adira

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Setelah mengetahui jenis perlindungan asuransi seperti di atas, kini saatnya Anda memutuskan jenis mana yang akan dipilih. Tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi motor secara keseluruhan, seperti: usia, jenis, serta nilai ekonomi yang terdapat di dalamnya. Pada dasarnya ketiga jenis asuransi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Hitung Premi dan Klaim

Penting untuk mengetahui besaran premi asuransi yang harus dibayarkan sesuai dengan spesifikasi motor yang Anda miliki. Besaran premi ini juga akan mempengaruhi besaran klaim yang bisa dilakukan ketika terjadi kecelakaan. Cek perbandingan berbagai pilihan premi asuransi motor di cekpremi.com.

Sesuaikan dengan Keuangan

Setelah mengetahui besaran premi dan manfaat yang akan didapatkan, Anda bisa mempertimbangkan pilihan yang tepat sesuai dengan kemampuan keuangan. Jangan sampai memilih premi tinggi, namun mengganggu cash flow keuangan Anda. 

Lihat Kredibilitas Perusahaan

Pilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik. Berbagai informasi bisa Anda temukan di internet, mulai dari pelayanan pelanggan, bagaimana menghadapi komplain, hingga laporan keuangan publiknya. Anda juga bisa mengecek rasio penyelesaian klaim yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. 

Fitur Layanan dan Bengkel Rekanan

Penting untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki layanan hotline 24 jam, mobil derek, ambulance, dan berbagai layanan lainnya yang sewaktu-waktu bisa saja Anda butuhkan. Kemudian pilih perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan dan mudah diakses. Semakin banyak bengkel rekanan dari sebuah perusahaan asuransi, maka semakin mudah Anda mendapatkan pelayanan dan klaim. 

Pilihan Asuransi Motor Terbaik

asuransi motor sinarmas

1. Adira

Asuransi Motopro merupakan asuransi kendaraan dari Adira yang memberikan perlindungan terhadap potensi kerugian dengan objek pertanggungan berupa kendaraan roda dua. Menariknya, terdapat dua jenis asuransi motor yang ditawarkan oleh Adira Insurance, antara lain yaitu Motopro Classic (Konvensional) dan Motopro (Syariah). Beberapa resiko yang ditanggung antara lain adalah pencurian, kebakaran, kerusakan 75 persen akibat kecelakaan, santunan cacat dan kematian akibat kecelakaan, dan perluasan jaminan tuntutan dari pihak ketiga dengan limit pertanggungan Rp 20 juta. 

2. Etiqa

Asuransi Kendaraan Bermotor Etiqa memberikan dua jenis pertanggungan, yang bisa dipilih disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jenis yang pertama adalah komprehensif yang memberikan pertanggungan atas kerugian, kerusakan sebagian atau menyeluruh yang terjadi pada kendaraan bermotor Anda. Kemudian yang kedua adalah Kerugian Total (TLO) yang memberikan pertanggungan atas kerugian yang dialami dengan biaya perbaikan sama dengan atau lebih dari 75% harga kendaraan sebenarnya. Selama masa pandemi ini, untuk melakukan klaim asuransi kendaraan tidak perlu menunggu tim survey datang ke rumah, bisa melalui panggilan video saja!

3. Sinarmas

Asuransi motor Sinarmas dinamakan Asuransi Simas Motor. Asuransi ini memberikan perlindungan khusus untuk kendaraan roda dua dengan jaminan dasarnya adalah Total Loss Only (TLO) yang artinya hanya akan menanggung kerusakan minimal 75% atau motor yang hilang. Namun, asuransi Simas Motor juga menawarkan perlindungan All Risk yang dapat menanggung segala jenis kerusakan. Asuransi TLO akan lebih sesuai untuk harga motor Rp 30 juta ke bawah dan asuransi all risk lebih sesuai untuk motor dengan harga di atas Rp 30 juta. Seluruh motor yang akan diasuransikan harus melalui proses survei, kecuali motor baru. Usia maksimum kendaraan yang boleh diasuransikan adalah 10 tahun.

4. Tugu Insurance 

Asuransi motor TRide adalah salah satu asuransi motor terbaik dengan premi yang ramah di kantong, mulai dari Rp 10 ribuan per bulan. Perlindungan yang diberikan mulai dari ganti rugi kerusakan akibat kecelakaan hingga kehilangan. Dengan harga premi terjangkau, produk asuransi TRide memberikan biaya penggantian atas kerusakan total sepeda motor tertanggung akibat kecelakaan atau kehilangan sebesar Rp 5 juta.

5. Asuransi MAG

Asuransi Multi Artha Guna (MAG) memberikan perlindungan untuk kendaraan roda dua dengan pilihan komprehensif dan TLO. Komprehensif memberikan perlindungan secara lengkap terhadap kerusakan sebagian maupun total akibat benturan, kebakaran maupun pencurian. Sedangkan Total Loss Only (TLO) memberikan perlindungan apabila kendaraan mengalami kecelakaan dengan kerusakan di atas 75%. Kelebihan dari asuransi ini adalah proses klaim yang mudah dan harga polis terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *