Simak Rincian Biaya Klaim Asuransi Mobil Berikut Prosedur Klaimnya

Jun - 28
2021
biaya klaim asuransi mobil

Simak Rincian Biaya Klaim Asuransi Mobil Berikut Prosedur Klaimnya

Seringkali pemegang polis asuransi mobil kurang mengetahui mengenai biaya klaim asuransi mobil yang harus dibayarkan terlebih dahulu oleh pemegang polis sebelum mengklaim dana tanggungan. Banyak dari pemegang polis yang kaget dengan adanya biaya tambahan yang ternyata harus mereka bayarkan. Bagi kalian yang ingin mengetahui besaran biaya yang harus dibayarkan, yuk simak selengkapnya di artikel ini!

Besaran biaya klaim asuransi mobil yang harus ditanggung

Biaya klaim atau sering disebut juga dengan sebutan biaya deductible adalah biaya yang harus dibayarkan oleh pemegang polis sebelum mereka dapat mencairkan dana tanggungan. Besaran yang biasanya dipatok bervariasi, tergantung besaran premi bulanan yang diambil. Jika premi bulanan yang dipilih biaya nya kecil maka biaya deductible semakin besar dan sebaliknya juga jika biaya premi bulanan besar maka biaya deductible juga bisa kecil. Berikut adalah biaya minimal yang harus dibayarkan:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Biaya minimal klaim asuransi mobil: Rp 300.000

Biaya minimal klaim asuransi kendaraan roda dua: Rp 150.000

Ketentuan khusus mengenai biaya klaim

Seringkali banyak perusahaan asuransi yang mengatur mengenai biaya klaim nya dengan cara mereka sendiri. Misalnya ada perusahaan asuransi yang memberikan besaran biaya klaim sebesar 10% dari dana tanggungan yang diberikan. Biasanya biaya tambahan akan  dipotong langsung dari dana tanggungan yang akan diberikan. Contohnya:

Dana tanggungan: Rp 10 juta 
Biaya klaim: Rp 1 juta 

Dana tanggungan yang diberikan: Rp 9 juta 

Prosedur klaim asuransi

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan agar klaim asuransi cepat cair:

– Buat laporan klaim ke pihak asuransi

Dalam membuat laporan pastikan kalian mengikutsertakan beberapa dokumen penting seperti:

1. Fotokopi polis asuransi
2. Fotokopi STNK
3. Fotokopi SIM
4. Surat keterangan dari kepolisian

Jika sudah memastikan seluruh dokumen disediakan, maka proses pengajuan dapat berjalan lebih cepat.

– Survei dari pihak asuransi

Pihak asuransi akan melaksanakan sebuah survey agar memastikan data-data yang kalian berikan valid dan tidak ada unsur penipuan. Jika kalian memasukkan seluruh data dengan jujur tentunya proses ini dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga artikel seputar asuransi kami lainnya:

Simak Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet yang Benar Disini!

– Isi formulir klaim

Jika proses survey dan kelengkapan dokumen sudah kalian lalui, maka pihak asuransi akan meminta kalian untuk mengisi formulir pengajuan. Isi data diri dan penyebab terjadinya kehilangan/kerusakan dengan lengkap dan jujur ya!

Pilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan

Asuransi mobil terbagi menjadi 2 jenis yang bisa kalian pilih ada Total Loss Only dan ada juga All Risk.

Asuransi mobil TLO (Total Loss Only)

Jenis asuransi satu ini hanya akan memberikan dana pertanggungan saat kondisi mobil hilang dan saat kondisi kerusakan pada mobil mencapai 75%. Biaya premi yang dibayarkan biasanya lebih kecil dan murah dibandingkan dengan asuransi mobil all risk.

Asuransi mobil All Risk

Jenis asuransi satu ini akan memberikan dana pertanggungan pada apapun kerusakan yang mobil kalian alami. Jika mobil lecet atau mesin rusak, maka biaya servis seluruhnya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Meskipun biaya premi yang harus dibayarkan relatif lebih besar, namun proteksi yang didapat tentunya lebih aman bagi mobil kesayangan kalian.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil murah

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *