Mengenal Plat RF, Siapa Saja yang Boleh Menggunakannya?

Oct - 26
2021
plat rf

Mengenal Plat RF, Siapa Saja yang Boleh Menggunakannya?

Last Updated on October 26, 2021 by Rhandy Verizarie

Pemeriksaan Rachel Vennya di Polda Metro Jaya beberapa hari yang lalu sontak menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Bukan hanya karena kasus yang tengah dihadapi sang selebgram, fokus publik juga tertuju pada kendaraan dengan plat RF, tepatnya RFS, yang ditumpangi oleh dirinya.

Seperti diketahui, kode plat RF pada mobil merupakan sesuatu yang “spesial” karena tidak sembarang orang boleh menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, simak informasi mengenai plat mobil RFS, RFD, RFP, RFK, dan lainnya berikut ini.

Apa Itu Plat RF?

Selain untuk menunjukkan tempat sebuah kendaraan terdaftar, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor juga berfungsi untuk mengidentifikasi jenis kendaraan.

Nah, di Indonesia sendiri, beberapa kendaraan bisa dikategorikan ke dalam jenis kendaraan khusus. Hal ini lantas membuat kendaraan-kendaraan tersebut memiliki kode tersendiri pada plat nomornya.

Salah satu kode yang dimaksud adalah RF. Plat nomor kendaraan dengan kode RF di bagian belakang biasanya tidak diawali dengan angka 1 atau 2. Selain itu, terdapat dua atau tiga digit angka sebelum kode tersebut.

Ini menjadi pertanda jika kendaraan tersebut merupakan milik atau sedang digunakan oleh seseorang yang bekerja di suatu instansi atau badan tertentu di dalam Pemerintahan.

Macam-Macam Plat RF

Pada dasarnya, plat RF memiliki beberapa kode. Tiap kode menandakan instansi yang berbeda satu sama lain.

Pembeda kode RF tersebut ada pada tambahan satu huruf di belakangnya. Jadi, secara total ada tiga digit huruf pada TNKB.

Berikut ini adalah macam-macam kode RF sesuai dengan instansi terkait:

  • RFS, adalah akronim dari “Reformasi Sekretariat Negara”. Kode plat ini diperuntukkan bagi kendaraan pejabat sipil. Secara spesifik, kode RFS ini ditujukan bagi pejabat eselon 1 (setingkat Direktur Jenderal) di suatu Kementerian.
  • RFO, RFH, dan RFQ, adalah kode plat RF yang diperuntukkan bagi kendaraan milik pejabat eselon 2 (setingkat Direktur) di suatu Kementerian.
  • RFP, adalah singkatan dari Reformasi Polisi. Sesuai dengan namanya, kode plat ini digunakan oleh kendaraan pejabat di Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).
  • RFD, adalah singkatan dari Reformasi Darat. Kode plat ini ditujukan bagi kendaraan pejabat TNI Angkatan Darat.
  • RFL, adalah singkatan dari Reformasi Laut. Kode plat ini ditujukan bagi kendaraan pejabat TNI Angkatan Laut.
  • RFU, adalah merupakan kepanjangan dari Reformasi Udara. Kode plat ini ditujukan bagi kendaraan pejabat TNI Angkatan Udara.

Aturan Mengenai Penggunaan Plat RF

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih keistimewaan dari plat RF tersebut? Apakah benar kendaraan dengan kode khusus tersebut wajib diprioritaskan saat berada di jalan raya?

Plat nomor dengan kode RF memang tidak sama dengan kendaraan pribadi pada umumnya. Namun demikian, sebenarnya tidak ada aturan yang membenarkan kendaraan-kendaraan tersebut untuk mendapat perlakuan khusus di jalan raya.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 134 dan 135 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Aturan tersebut mengatur 7 (tujuh) golongan kendaraan yang boleh diprioritaskan ketika berada di jalan raya.

Nah, untuk kendaraan ber-plat RF sendiri, kendaraan tersebut bisa mendapat prioritas. Dengan catatan, kendaraan sedang dalam pengawalan polisi lalu lintas atau voorijder.

Sementara itu, apabila kendaraan tersebut melaju di jalanan tanpa dikawal, maka statusnya dengan kendaraan pribadi lain tetaplah sama.

Plat RF Tidak Bisa Dimiliki Semua Kendaraan

Dari penjelasan di atas, jelas sudah bahwa memang tidak sembarang orang bisa mendapatkan plat nomor kendaraan dengan kode RF.

Ketentuan atas kepemilikan kendaraan ber-plat khusus tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri No. 3 Tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi STNK dan TNKB Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas.

 

Lindungi Mobil Kesayangan Anda dengan Asuransi Mobil Terbaik!

Pastikan mobil Anda terlindungi dari segala risiko kerusakan hingga kehilangan. Beli asuransi mobil terbaik di Cekpremi.com bisa dapat diskon 25 persen plus cashback 10%! Tunggu apalagi? Yuk, lindungi mobil kesayangan Anda sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november