Plus Minus Pondasi Cakar Ayam beserta Penjelasan lengkapnya!

Apr - 16
2021
pondasi cakar ayam

Plus Minus Pondasi Cakar Ayam beserta Penjelasan lengkapnya!

Pondasi yang pada awalnya dicetuskan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada tahun 1961 ini merupakan cikal bakal pondasi yang digunakan oleh gedung-gedung tinggi di Indonesia. Pondasi ini merupakan sebuah terobosan brilian yang ada pada zamannya, mengingat tanah yang ada di Indonesia dulu masih berbentuk rawa. Seiring berkembangnya waktu, pondasi ini menjadi pondasi utama yang dipilih saat ingin membangun menara-menara tinggi.

Di artikel kali ini kami akan memberikan informasi lengkap tentang segala yang ingin kalian ketahui mengenai pondasi cakar ayam. Berikut hal-hal yang akan kami bahas di artikel ini:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Pengertian pondasi cakar ayam

Pondasi ini disebut sebagai cakar ayam dikarenakan memang bentuknya yang menyerupai cakar ayam. Pipa-pipa beton yang mencengkram tanah diumpamakan sebagai sebuah cakar ayam dengan tujuan agar bangunan diatasnya dapat berdiri dengan kokoh.

Kelebihan utamanya adalah pondasi ini dapat diaplikasikan ke berbagai macam jenis tanah baik itu tanah lember yang berair. Untuk kelebihan dan kekurangannya akan kami bahas lagi lebih lengkap di bawah nanti.

Kelebihan pondasi cakar ayam

– Bisa dibangun di tanah yang lembek dan berair

Seperti yang sudah disebutkan tadi, pondasi ini mampu menopang bangunan yang ada di atasnya sekalipun tanah yang dijadikan alas itu lembek dan berair. Pondasi ini juga dijamin tidak akan membuat tanah ambles. longsor atau bergeser.

– Tidak membutuhkan sistem drainase

Kelebihan selanjutnya dari pondasi cakar ayam adalah tidak membutuhkan sistem drainase. Dikarenakan seluruh isi pondasi nya yang benar-benar berisikan beton padat yang kuat. Dengan begitu proses pengerjaan bisa lebh efisien dan tidak membuang waktu banyak.

– Bangunan menjadi lebih kokoh

Salah satu kelebihan utama lainnya dari bangunan yang menggunakan pondasi cakar ayam adalah bangunan menjadi lebih kokoh. Dikarenakan pondasi yang mencengkram tanah begitu kuat dan menggunakan bahan beton maka otomatis bangunan yang dibangun pun akan lebih kokoh.

– Sesuai dengan karakteristik tanah di Indonesia

Mengingat Indonesia memiliki banyak tanah yang lembek, maka kehadiran pondasi ini cocok digunakan untuk berbagai macam keperluan pembangunan. Sudah banyak developer-developer properti di Indonesia menggunakan pondasi ini sebagai pondasi utama proyek mereka.

Kekurangan pondasi cakar ayam

– Biaya pengerjaan lebih mahal

Dikarenakan pondasinya yang sangat kokoh, maka proses pengerjaan pun otomatis akan lebih rumit dan memerlukan banyak teknologi-teknologi canggih. Karena alasan itulah biaya yang dibutuhkan untuk proses pengerjaan nya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

– Proses pembuatan yang rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama

Untuk menghasilkan pondasi yang kokoh tentunya kita memerlukan banyak waktu dan proses pengerjaan yang rumit. Sama halnya dengan pondasi ini yang memerlukan banyak tenaga dan waktu.

– Hanya cocok bagi bangunan bertingkat

Pondasi ini sama sekali tidak disarankan untuk pembangunan rumah pribadi, karena tidak sebanding dengan harga dan tenaga yang dikeluarkan. Ada baiknya kalian memakai jenis pondasi lainnya yang lebih ekonomis dan lebih mudah pengerjaannya.

Harga besi yang dibutuhkan untun membangun pondasi yang dilansir oleh besibeton.net 

No Ukuran (cm) 6,4 ex 8sd 8 Full 10 Full 12 Full 13 Full
1 40 x 40 Rp 30.000 Rp 48.000 Rp 75.000
2 50 x 50 Rp 43.000 Rp 69.000 Rp 108.000
3 60 x 60 Rp 78.000 Rp 123.000 Rp 177.000 Rp 209.000
4 70 x 70 Rp 136.000 Rp 198.000 Rp 234.000
5 80 x 80 Rp 181.000 Rp 262.000 Rp 310.000
6 90 x 90 Rp 230.000 N/A Rp 380.000
7 100 x 100 N/A Rp 470.000

Pastikan aset berharga anda terlindungi dari berbagai macam resiko!

Setelah melihat biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membuat sebuah gedung bertingkat, maka ada baiknya kalian memberikan proteksi kepada aset-aset berharga kalian dengan asuransi properti. Kalian bisa membandingkan dan memilih produk asuransi properti yang terpercaya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *