Ragam Hal Penting yang Mempengaruhi Harga Jual Mobil Bekas

Apr - 25
2019
Ragam Hal Penting yang Mempengaruhi Harga Jual Mobil Bekas

Ragam Hal Penting yang Mempengaruhi Harga Jual Mobil Bekas

Berganti jenis mobil adalah hal yang kerap dilakukan para pemilik mobil. Ada banyak hal yang mendasari keputusan tersebut. Mobil yang sudah terlalu tua, kurang sesuai dengan kebutuhan, dan bahan bakar yang boros kerap menjadi alasannya. Bila Anda akan mengganti mobil lama dalam waktu dekat, sebaiknya Anda menjual mobil lama tersebut. Supaya uang hasil penjualannya bisa Anda gunakan untuk kebutuhan mobil baru.

Apakah Anda sudah tahu bahwa beberapa hal penting ini mempengaruhi harga jual mobil bekas Anda?

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Merek Mobil

Merek mobil memang sangat mempengaruhi harga jual mobil bekas Anda. Masyarakat cenderung lebih menyukai merek-merek mobil yang berasal dari Jepang. Karena sistem operasionalnya mudah dan harga spare part-nya relatif terjangkau. Tak mengherankan bila merek-merek mobil bekas Jepang dibanderol dengan harga relatif tinggi. Sebab merek-merek mobil tersebut tidak pernah sepi peminat.

Tahun Produksi Mobil

Semakin tua tahun produksi suatu mobil, maka semakin murah pula harganya saat dijual dalam kondisi bekas. Mobil keluaran lama tentu sudah digunakan selama beberapa tahun sebelum berpindah tangan. Risiko kerusakannya pun tergolong tinggi dan butuh biaya mahal untuk memperbaikinya. Banyak orang memilih mobil bekas dengan tahun keluaran terbaru agar tidak terbebani dengan biaya servis.

Jarak Tempuh Mobil

Jarak tempuh mobil juga mempengaruhi harga mobil bekas ketika di jual. Mobil yang jarak tempuhnya sudah banyak jelas lebih berisiko rusak. Apalagi bila mobil tersebut sering digunakan untuk melewati jalanan rusak. Hal tersebut berbanding terbalik dengan mobil yang jarak tempuhnya masih sedikit. Itulah sebabnya ada oknum penjual mobil bekas yang mengakali speedometer mobil demi mengurangi jarak tempuhnya. Sehingga calon pembeli diharapkan lebih tertarik membeli mobil yang jarak tempuhnya tampak sedikit.

Warna Eksterior Mobil

Jangan menganggap remeh warna mobil ketika Anda akan menjualnya. Mayoritas calon pembeli mobil lebih menyukai warna-warna netral seperti merah, hitam, putih, dan abu-abu. Sehingga mobil dengan warna-warna tersebut lebih cepat laris di pasaran. Sebaliknya, mobil dengan warna agak mencolok seperti biru, hijau, dan kuning nyatanya lebih sepi peminat. Karena tidak banyak orang yang menyukai mobil dengan warna terang. Agar bisa terjual cepat, mobil-mobil bekas dengan warna mencolok sering dijual dengan harga lebih murah.

Kondisi Body Mobil

Tak dapat dipungkiri bahwa kondisi body mobil turut mempengaruhi harga jual mobil bekas. Orang pasti lebih menyukai mobil yang body-nya masih mulus tanpa goresan atau keropos. Mobil bekas yang body-nya kurang mulus membuat pemilik barunya harus merogoh kocek untuk memperbaiki kekurangan body tersebut. Jika Anda ingin menjual mobil bekas secara cepat, sebaiknya Anda merawat body-nya dengan benar agar selalu mulus dan menarik.

Kualitas Mesin Mobil

Saat akan membeli mobil, calon pembeli pasti akan melakukan test drive terlebih dahulu. Kualitas mesin mobil akan dinilai selama test drive berlangsung. Terutama jika test drive-nya dilakukan dalam waktu cukup lama. Mesin mobil bekas yang masih berkualitas membuat calon pembeli tak ragu membayarnya dengan harga mahal. Sebaliknya, mesin mobil yang mulai terganggu akan menghambat proses penjualan. Karena calon pembeli pasti menginginkan kualitas mesin terbaik saat membeli mobil bekas.

Modifikasi dan Aksesori Mobil

Banyak mobil bekas yang dibanderol dengan harga sangat tinggi karena sudah dimodifikasi secara maksimal. Biaya modifikasi mobil memang tidak murah. Terutama bila mobil bekas tersebut dimodifikasi agar fungsinya tak kalah dengan mobil baru. Para kolektor mobil biasanya tak segan membeli mobil bekas yang modifikasinya istimewa. Namun, Anda tentu butuh waktu cukup lama untuk mendapatkan pembeli yang bersedia membayar mahal.

Kepemilikan asuransi mobil memang tidak mempengaruhi harga mobil bekas secara langsung. Namun, Anda tentu memanfaatkan proteksi yang diberikan perusahaan asuransi mobil semaksimal mungkin. Sehingga mobil kesayangan Anda selalu terawat dengan baik dan tak mudah rusak.

Asuransi mobil ACA dan beberapa merek lainnya memang berkomitmen memberikan perlindungan maksimal sesuai kesepakatan. Oleh sebab itu, Anda tak perlu ragu melindungi mobil kesayangan dengan asuransi yang tepat. Kalau mobil Anda selalu dilindungi asuransi mobil terbaik, kondisinya pasti terjaga dengan baik sampai nanti Anda berencana menjualnya kembali.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *