Rekomendasi Obat Alergi Gatal Paling Ampuh

alergi

Gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi biasanya akan berlangsung agak lama jika kondisi tubuh kamu tidak stabil. Kamu bisa mengatasinya dengan obat alergi gatal yang ada di apotek.

Apa saja rekomendasi obat gatal yang ada di apotek? 

  • Hydrocortisone – kortikosteroid

Krim hydrocortisone merupakan obat yang bisa mengobati berbagai macam kondisi kulit seperti dermatitis, alergi, ruam kulit, dan gatal pada bagian luar alat kelamin wanita. Hidrokortison termasuk kedalam jenis obat kortikosteroid. 

Kortikosteroid juga menjadi anti inflamasi atau melawan peradangan dan imunomodulator. Jadi obat ini bisa respons kekebalan tubuh untuk mengurangi peradangan.

Kamu harus menggunakan krim ini dengan anjuran dokter, ya.

Rentang Harga: Rp5.000 – Rp14.000

  • Alleron – chlorpheniramine maleate

Alleron termasuk salah satu obat gatal paling ampuh. Obat ini berfungsi untuk meredakan gatal. Biasanya diakibatkan oleh gigitan serangga maupun alergi. Alleron tergolong obat antihistamin yang berfungsi untuk menghambat  pemicu reaksi alergi. 

Penggunaannya harus sesuai saran dan petunjuk dokter.

Rentang Harga: Rp8.000 – Rp27.000

  • Orphen

Orphen merupakan obat yang mengandung chlorpheniramine maleat. Kandungan ini merupakan zat antihistamin untuk mengatasi anafilaksis atau reaksi alergi berat. 

Obat ini bisa meredakan  gatal yang disebabkan alergi gatal karena gigitan serangga. Selain itu juga bisa meredakan alergi pada kulit seperti biduran (urtikaria).

Tak hanya untuk meredakan alergi gatal, orphen dapat meredakan gejala alergi, seperti bersin-bersin, gatal pada kulit, pilek, dan mata berair. 

Cara mengkonsumsinya harus dengan aturan yang ada dan bisa dikonsultasikan lebih lanjut kepada dokter yang menangani kamu.

Rentang Harga: Rp1.306 – Rp125.000

  • Caladine Cream

Obat ini bisa mengatasi gatal, terutama karena gigitan serangga. Obat caladine ini mengandung calamine yang cocok untuk mengobati gatal-gatal akibat alergi ringan. 

Obat alergi gatal ini mudah dibeli di apotek tanpa resep dokter. 

Biasanya dipakai oleh anak-anak hingga dewasa, karena bahan dari obat ini termasuk ringan dan bisa dibeli di apotek.

Rentang Harga: Rp7.000 – Rp15.000

  • Kenacort-A – triamcinolone

Kenacort-A ini merupakan obat gatal yang mengandung triamcinolone. Obat ini termasuk kedalam golongan kortikosteroid.

Biasanya disajikan dalam bentuk krim sehingga mudah untuk digunakan. Obat ini berguna dalam mengurangi peradangan serta mengobati gatal-gatal, kekeringan pada kulit, dan kemerahan.

Penggunaanya harus sesuai dengan petunjuk dokter. Biasanya dioleskan 2 – 3 kali per hari di area yang sakit dan gosok dengan lembut. 

Rentang Harga: Rp85.000 – Rp167.000

  • Cetirizine

Cetirizine merupakan obat yang dapat mengurangi efek reaksi alergi yang dikeluarkan oleh tubuh (histamin). 

Obat ini tergolong obat keras, jadi penggunaannya Cetirizine harus melalui resep dokter. 

Efek samping obat ini antara lain sakit kepala, mengantuk, mulut kering, dan gangguan pencernaan ringan. Obat ini dilarang dikonsumsi pada pasien dengan gangguan ginjal berat.

Rentang Harga: Rp7.000 – Rp65.000

  • Mesol

Untuk kamu yang menderita gangguan kulit seperti dermatitis dan psoriasis, kamu bisa mencoba obat gatal mesol. 

Obat mesol ini termasuk obat alergi gatal yang termasuk ke dalam golongan kortikosteroid sehingga ampuh meredakan reaksi alergi. Jika kamu merasa gatal kulit akibat infeksi atau luka, tidak disarankan untuk menggunakan obat ini.

Obat mesol termasuk ke dalam obat keras, jadi kamu harus menggunakannya sesuai dengan petunjuk dokter. 

Rentang Harga: Rp4.500 – Rp155.000

  • Proceles Sirup

Untuk meredakan gatal-gatal, kamu bisa menggunakan obat alergi gatal sirup Proceles. Sirup Proceles mengandung Betametason yang bermanfaat meredakan gatal-gatal pada kulit. Selain itu juga bermanfaat untuk saluran pernapasan, dan mata. 

Obat ini  tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan penderita diabetes melitus karena kandungan glukosa. 

Karena proceles termasuk ke dalam kategori antihistamin, kamu harus berhati-hati karena dapat menimbulkan efek mengantuk dan pusing. 

Rentang Harga: Rp.25.000 – Rp.53.106

  • Xyzal

Obat yang memiliki kandungan zat aktif Levocetirizine dihydrochloride biasanya digunakan sebagai obat anti alergi. Orang yang memiliki alergi rhinitis akibat pergantian musim, alergen (debu, bulu hewan dan lainnya), atau bahkan gatal yang tidak diketahui penyebabnya bisa meminum obat dengan kandungan ini. 

Obat ini termasuk ke dalam obat keras, jadi penggunaannya harus dengan resep dan anjuran dari dokter yang menangani kamu.

Rentang Harga: Rp5.000 – Rp95.000

  • Lameson

Lameson termasuk obat alergi gatal apotek kategori kortikosteroid. Obat ini sering digunakan untuk peradangan, kemerahan, dan kekeringan pada kulit. 

Obat gatal ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa.

Biasanya digunakan dengan resep dokter karena bisa menimbulkan efek samping. 

  • Claritin

Terakhir, Claritin juga termasuk obat alergi gatal. Obat ini termasuk kedalam golongan  antihistamin dan  dapat mengobati gejala rhinitis.

Obat gatal ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan atau sesuai dengan anjuran dokter

Rentang Harga: Rp.5.000 – Rp.186.900

Nah itu tadi beberapa obat alergi gatal di apotek. Selain  pengobatannya, kamu juga bisa memiliki perlindungan lain yang bisa dilakukan dengan mengikuti asuransi kesehatan. Asuransi ini  memiliki berbagai macam premi yang ditawarkan. Tidak ada salahnya untuk mengikuti asuransi kesehatan karena kamu bisa merasakan manfaatnya dalam jangka lama. Cekpremi hadir memberikan rekomendasi asuransi kesehatan untuk kamu yang masih bingung dengan pilihan asuransi yang ditawarkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Kesehatan

Apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah pertanggungan asuransi yang menjamin biaya pengobatan, pembedahan, pengobatan, dan sejenisnya bagi tertanggung atau pemegang polis. Asuransi ini menjamin biaya pengobatan yang disebabkan oleh penyakit atau cedera, hingga pembayaran biaya pengobatan secara langsung.

Apa saja manfaat asuransi kesehatan?

Ketika kamu mauk memerlukan pengobatan berlebih seperti gawat darurat sampai rawat inap, asuransi kesehatan dapat dimanfaatkan untuk peserta asuransi. Perusahaan asuransi kesehatan yang kamu ikuti akan membantu biaya pengobatan