Rem Blong, Penyebab dan Cara Memperbaikinya Pada Kendaraan Mobil

Rem tangan mobil

Kondisi kendaraan mobil yang prima adalah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Satu komponen yang penting sekali dijaga kesehatannya adalah rem. Rem pada kendaraan mobil sangat penting dirawat supaya tidak terjadi kerusakan atau tidak berfungsi yang sering di sebut rem blong. Apabila rem blong, maka resiko kecelakaan yang akan terjadi sangat besar.

Komponen Penting pada Rem Mobil

Kondisi rem blong bisa dideteksi saat hendak mengendarai kendaraan. Cara agar Anda bisa mengetahui kondisi rem blong atau tidak pada mobil, harus diawali dengan cara mengenal setiap komponen pada rem mobil. Berikut beberapa komponen penting beserta fungsinya pada mobil yang harus kita ketahui:

  1. Kaliper merupakan salah satu komponen vital pada rem yang berfungsi menghimpit kampas rem pada piringan cakram sekaligus menopang kampas dan piston rem.
  2. Kaliper bracket ( Caliper bracket ) berfungsi menahan kaliper agar tetap berada pada tempatnya.
  3. Piston brake merupakan salah satu komponen rem yang berbentuk tabung memiliki fungsi untuk menekan kampas rem atau brake piringan cakram.
  4. Seal piston berfungsi menarik piston kembali ke tempat semula setelah proses pengereman.
  5. Selang hidrolik berfungsi unuk menyalurkan minyak rem ke calliper rem.
  6. Kampas rem ( brake pad) berfungsi menekan piringan cakram.
  7. Piringan cakram berfungsi menerima tekanan dari kampas rem kemudian diteruskan ke poros roda hingga akhirnya putaran roda berhenti.

8.Master silinder berfungsi mengubah tekanan dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik pada minyak rem.

  1. Minyak rem ( brake fluid ) berfungsi menggerakkan cakram selain itu minyak rem juga menggerakkan mekanisme hidrolik pada rem.
  2. Tangki minyak rem ( oil reservoir ), berfungsi untuk menampung cadangan minyak rem.
  3. Booster berfungsi untuk meringankan sekaligus melipatgandakan daya pengereman.
  4. Pedal rem berfungsi mengaktifkan atau mematikan pengereman.

Penyebab Rem Blong

Setelah Anda dapat mengenal setiap komponen pada rem mobil beserta fungsinya, maka dapat melakukan perawatan rem dengan baik sehingga bisa mencegah hal – hal yang dapat menyebabkan rem blong. Berikut penyebab terjadinya rem blong pada mobil beserta cara memperbaikinya:

  1. Ketersediaan Minyak Rem Habis atau Bocor

Agar tidak terjadi kehabisan atau kebocoran minyak rem, lakukan pemeriksaan secara rutin setiap kali melakukan service pada mobil Anda. Service pada mobil biasanya rutin dilakukan dalam jangka waktu setiap enam bulan sekali atau satu tahun sekali, hal ini tergantung pada seberapa sering dan seberapa jauh perjalanan yang dilakukan dengan kendaraan mobil Anda.

  1. Kampas /aus rem dan piston rem rusak

Jika kampas / aus rem dan piston rusak, maka gesekan yang terjadi pada rem tidak akan terjadi, sehingga tidak dapat menghentikan laju mobil. Cara untuk menghindari kerusakan pada kampas / aus rem dan piston mobil, perhatikan masa lamanya pemakaian kampas rem dan piston rem yang ada. Karena kerusakan pada kampas/ aus rem dan piston rem sering terjadi karena faktor usianya. Normalnya penggantian kampas/ aus rem setelah penggunaan jarak tempuh sebanyak 10.000 km.

  1. Tersumbatnya minyak rem

Hal ini dapat terjadi dikarenakan selang yang tersedia berukuran kecil sehingga tidak jarang terjadinya himpitan pada selang minyak rem. Cara memperbaikinya adalah dengan memeriksa kondisi selang minyak pada rem setiap hendak berkendara, agar kondisi selang dapat dipastikan dalam keadaan yang baik dan aman.

  1. Terjadi vapor lock

Vapor lock terjadi karena minyak rem melewati suhu yang telah ditetapkan sehingga minyak rem mendidih menghasilkan gelembung udara didalamnya yang membuat resistensi pada injakan pedal rem . Dengan adanya resistensi tersebut maka pedal rem akan terasa terkunci saat diinjak oleh pengendara mobil. Agar tidak terjadi vapor lock pada rem mobil Anda, sebaiknya melakukan pengecekan pada master silinder pada rem agar kinerjanya berfungsi dengan baik, karena vapor lock bisa terjadi akibat tidak berfungsi dengan baik tekanan hidrolik pada minyak rem.

  1. Master silinder rem yang tidak berfungsi dengan baik

Apabila master silinder pada rem tidak berfungsi dengan baik akan menimbulkan masalah pada sistem tekanan pada pedal rem sehingga akan terjadi peristiwa terkuncinya rem ( vapor lock ). Cara memperbaikinya dengan memastikan volume ketersediaan minyak rem pada tangki minyak ( oil reservoir ), sehingga dengan hal itu fungsi dari silinder rem dapat bekerja dengan baik saat Anda melakukan pengereman.

Kondisi rem blong dapat menyebabkan kecelakaan dan kerusakan pada mobil. Oleh karena itu Anda perlu mendaftarkan asuransi mobil untuk kendaraan kesayangan. Dengan mendaftar asuransi mobil, akan banyak sekali keuntungan yang didapat ketika Anda mengasuransikan kendaraan mobil Anda, Anda akan memiliki manajemen resiko yang baik jika suatu hal yang diluar prediksi terjadi pada mobil kesayangan Anda.

Solusi paling tepat dan cermat adalah dengan mengasuransikan mobil Anda di Cekpremi. Asuransi mobil bersama Cekpremi akan melindungi mobil Anda dari segala bentuk kerugian,diantaranya kerusakan yang disebabkan oleh :tabrakan, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, terbalik, tergelincir, termasuk juga kehilangan dan benturan. Untuk info selengkapnya kunjungi cekpremi untuk memudahkan Anda memilih asuransi mobil yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda, karena dengan kendaraan yang nyaman keluarga akan aman dan tercipta kebahagiaan.