Aneka Rempah-rempah Di Indonesia Yang Mendunia

 

rempah-rempah
image source rmol

Indonesia adalah negara berkembang yang kaya akan banyak hal, mulai dari kepulauannya, aneka ragam budaya dan agama serta alamnya yang indah hingga berbagai aneka rempah-rempah yang dimiliki oleh Indonesia.

Ya, Indonesia memang terkenal dengan berbagai macam rempah-rempahnya. Rempah-rempah yang telah dimiliki oleh Indonesia tersebut sudah tersohor ke berbagai belahan dunia, bahkan beberapa penajajah Indonesia dahulu seperti Jepang dan Belanda susah-susah datang ke Indonesia agar bisa mendapatkan rempah-rempah yang dimiliki oleh negara kita ini.

Percaya atau tidak, dari hasil jajahan yang kebanyakan berupa rempah-rempah kedua Negara tersebut sudah cukup untuk membiayai armada perang mereka. Karena pada saat itu harga rempah-rempah sangatlah mahal dan juga banyak orang-orang dibeberapa negara yang membutuhkan rempah-rempah.

Bukan hanya itu, di beberapa negara Eropa atau di Amerika harga rempah-rempah masih sangat mahal, karena rempah-rempah memiliki berbagai macam manfaat yang bisa digunakan oleh manusia. Di Indonesia sendiri banyak orang yang menggunakan rempah-rempah menjadi obat herbal yang bermanfaat, sehingga tidak lagi digunakan unutk bahan makanan saja.

Saking kayanya akan rempah-rempah Indonesia pun memiliki jenis rempah-rempah khas Indonesia dan tidak ada atau jarang sekali berada di negara-negara lain. Rempah-rempah tersebut umumnya digunakan untuk bahan makanan, namun ada juga yang sudah digunakan untuk bahan obat-obatan herbal.

Berikut beberapa rempah-rempah khas Indonesia hingga mendunia, diantaranya adalah:

1.      Andaliman

rempah-rempah
image source atemalem

Mungkin nama andaliman masih sedikit asing terdengar ditelinga anda, ya memang tidak dapat disalahkan bila anda jarang sekali mendengar nama rempah-rempah ini. Karena andaliman  merupakan salah satu rempah-rempah yang masih jarang sekali ditemukan, dan hanya dapat ditemukan di daerah Sumatera Utara dan biasanya dikenal dengan sebutan merica batak. Andaliman memiliki rasa menggigit yang khas, biasanya digunakan untuk bahan masakan arsik dan sambal tuktuk khas batak.

2.      Kecombrang

rempah-rempah
image source fitinyou

Kecombrang merupakan rempah-rempah yang hanya bagian bunganya saja digunakan. Bunga kecombrang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap bahan makanan seperti pecel, sambal, dan juga lalapan. Tumbuhan khas Indonesia bisa ini ditemukan didaerah mana saja di Indonesia. Dan, menjadi salah satu rempah yang sangat mendunia.

3.      Kapulaga

rempah-rempah
image source menshealth

Kapulaga merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat yaitu sebagai bahan obat-obatan herbal juga untuk bahan masakan khas Indonesia. Indonesia memiliki 2 jenis kapulaga yaitu kapulaga jawa dan juga kapulaga India. Kapulaga memiliki biji hitam yang ukurannya kecil dan termasuk rempah-rempah termahal didunia.

 

4.      Kemukus

rempah-rempah
image source photobucket

Rempah-rempah yang memiliki nama latin Piper Cubeba L ini merupakan salah satu rempah-rempah yang masih asing bahkan ditelinga orang-orang Indonesia sendiri. Biasanya dari tanaman ini, bagian yang diambil adalah buh dan juga minyak atsirinya. Rempah-rempah ini ini bisa ditemukan di daerah Jawa dan Sumatera.

Demikian beberapa rempah-rempah khas Indonesia yang mendunia. Kita sebagai rakyat Indoensia ada baiknya untuk selalu mencintai dan merawat semua hal yang menjadi ciri khas Indonesia, salah satunya adalah ciri khas rempah-rempahnya. Mari kita jaga bersama-sama segala kekayaan yang telah diberikan oleh Yang Kuasa kepada negara kita ini.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

March 10, 2016

Posted In: Intermezzo, Must See

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami