Resiko Parkir Liar Dan Tips Mencari Lokasi Parkir

parkir liar

Parkir liar merupakan fenomena negatif yang menjadi kasus tak terpecahkan. Bahkan, semakin hari pelakunya terus bertambah sekalipun penertiban dilakukan terus menerus. Akhirnya, bahu jalan yang seharusnya tidak untuk kendaraan, malah di salah fungsikan. Pertanyaannya, ialah siapa yang harus disalahkan terkait parkir liar? Memang tidak ada yang perlu dijadikan terdakwa, melainkan dibutuhkan kesadaran seluruh warga saja untuk tidak lagi melakukannya.

Seluruh masyarakat harus diberitahu kalau memarkir kendaraan sembarangan penuh dengan resiko. Baik, dalam kaitannya dengan kenyamanan area hingga masalah keamanan. Nah, untuk mengetahui resiko-resiko yang lebih detail, silakan baca list berikut sampai tuntas. Ini dia ulasannya:

1. Kendaraan Mengalami Kerusakan

Yang namanya parkir tidak legal, tentu cara meletakkan kendaraan asal-asalan. Bagi pelaku, posisi tidak penting. Mereka hanya ingin mendapatkan ruang yang luas supaya bisa menampung banyak kendaraan. Makanya, terkadang antara kendaraan satu dengan yang lain ditempatkan dengan sangat dekat.

Jika posisi antar kendaraan terlalu dekat, tentu yang terjadi kendaraan akan mudah tergores. Bahkan, jika ada satu unit saja yang terjatuh, maka akan merembet ke yang lain. Masalah ini tidak akan terjadi, jika kendaraan diparkir di tempat yang memang semestinya. Dijamin si pemilik akan lebih tenang.

2. Keamanan Kendaraan Tidak Terjamin

Apakah kendaraan diparkir secara liar itu aman? Kendaraan yang diparkir secara liar tidak menjamin keamanannya bagus. Bahkan banyak kasus pencurian yang justru dilakukan saat kendaraan diparkir semacam ini. Jika mengingat perkara tersebut, tentu si pemilik tidak akan melakukannya. Sebisa mungkin mereka akan mencari tempat parkir yang resmi.

Jumlah tukang parkir liar dengan jumlah kendaraan yang diparkir tidak seimbang. Bahkan sepertinya masih lebih banyak kendaraan daripada yang menjaga. Hal ini yang menjadi alasan mengapa keamanan kendaraan masih belum terjamin. Oleh sebab itu, silakan tinggalkan parkir liar dan ganti dengan jasa parkir profesional.

3. Merusak Estetika Jalan

Resiko parkir liar yang berikutnya ialah merusak estetika jalan. Hal ini disebabkan oleh penempatan kendaraan yang ala kadarnya saja. Sehingga tampilan parkir amburadul dan mengganggu pemandangan. Selain itu, area jalan terlihat kumuh, acak-acakan dan tidak menarik.

Salah satu variable penyebab rusaknya penataan kota adalah parkir liar. Sebagus apapun desain yang diusung, tetapi jika masalah ini masih ada, dijamin kota tetap amburadul. Lebih parah lagi, keberadaan parkir ilegal tersebut sampai mengganggu hak publik. Untuk itu, hentikan kebiasaan ini sekarang juga.

4. Membahayakan Para Pengendara

Sudah dijelaskan di atas kalau parkir liar terkadang sampai memakan bahu jalan. Bahkan ada yang sampai ke tengah jalan. Tentunya ini sangat membahayakan terutama bagi para pengendara. Bahkan kasus kecelakaan karenanya sudah banyak. Ini yang menjadi alasan pelarangan parkir sembarangan.

Tempat parkir memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun kalau area-nya salah apalagi sampai membahayakan warga lain, tentu ini juga tidak bagus. Untuk itu, bijaklah ketika memarkir kendaraan. Silakan pilih area yang memang disahkan dan tidak melanggar hukum.

Tips Mencari Lokasi Parkir

Sejatinya tidak cukup kalau hanya memarkir kendaraan di lokasi yang legal saja. Tetapi kenyamanan dan keamanannya juga perlu diperhatikan. Untuk itu, pemilik kendaraan perlu menerapkan tips-tips tertentu. Ini dia tips yang dimaksud:

1. Jangan Malu Bertanya Pada Petugas Jaga

Jika menurut kamu ada lahan parkir bagus, maka jangan dulu meletakkan kendaraan di sana. Lebih baik tanyakan dulu kepada petugas di sana apa benar itu parkir untuk umum atau tidak. Termasuk bertanya bagaimana sistem penjagaannya. Apakah ada durasi waktu penitipan atau tidak?

Semakin banyak yang ditanyakan, semakin jelas pula informasi yang didapatkan. Nah, informasi ini yang bisa dijadikan pertimbangan apakan akan menggunakannya atau tidak. Termasuk mengetahui apakah parkir itu legal atau termasuk parkir liar. Jadi, silakan parkir tetapi tanyalah dulu pada penjaganya.

2. Memilih Lokasi Parkir yang Dekat dengan Tempat Berkunjung

Jika berkunjung ke suatu tempat, maka pilihlah tempat parkir yang dekat dengan lokasi tersebut. Sehingga pemantauan kendaraan tetap dilakukan dan tidak selalu memasrahkan kepada penjaga. Kondisi ini tentunya menenangkan psikologi dan jiwa. Lain soal kalau parkirnya berada di tempat yang jauh dari area yang dikunjungi.

Kalau sudah mendapatkan tempat parkir yang dekat, pastikan ada penanda khusus di sana. Nantinya si pemilik bisa berpatokan pada penanda tersebut ketika akan mengambil kendaraan. Sedangkan kalau meletakkan sembarangan tentu area parkir akan sulit ditemukan. Apalagi kalau jumlah kendaraan mencapai ratusan unit.

3. Cari Tempat Parkir Melalui Google Map

Untuk mencari tempat parkir yang legal, silakan gunakan aplikasi Google Map. Lalu pilih lokasi yang berdekatan dengan tempat yang akan dikunjungi. Pemilik kendaraan harus mengaktifkan aplikasi pada saat masih dalam perjalanan. Dan berupaya untuk pelan ketika sudah hampir tiba.

Jika sudah menemukan tempat parkir yang pas, maka segera parkir kendaraan di sana. Lakukan pemarkiran kendaraan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa. Usahakan ada jarak antara kendaraan dengan kendaraan yang lain. Ini untuk mencegah terjadinya goresan di antara keduanya.

Itulah beberapa resiko parkir liar beserta tips menemukan tempat parkir yang tepat. Informasi tersebut tentunya untuk kenyamanan kamu sebagai pemilik kendaraan. Nah, biar tidak ada kekhawatiran yang besar, lebih baik asuransikan saja. Kamu bisa mengasuransikan kendaraan di Cek Premi. Selain layanan cepat, bengkel rekanannya juga banyak.

Pertanyaan seputar parkir liar

Parkir liar merupakan peristiwa pelanggaran yang mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah. Oleh karena itu, wajar kalau masyarakat bertanya-tanya tentang hal tersebut. Ini dia sebagian dari pertanyaan yang dimaksud:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Mengapa Parkir Liar Dilarang?” answer-0=”Parkir liar memang harus dilarang. Salah satu alasannya karena bisa mengganggu kelancaran lalu lintas. Apalagi banyak jejeran kendaraan yang hampir memakan separuh jalan.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah Parkir yang Legal itu Aman?” answer-1=”Dari sisi keamanan tentu masih lebih bagus parkir yang legal daripada yang liar. Namun yang jelas, kendaraan lebih rapi, penjaganya lebih awas sehingga pemilik kendaraan lebih nyaman. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]