Resolusi Keuangan yang Bisa Kamu Jalankan di Tahun 2016

MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean ialah sebuah komunitas ekonomi yang dibentuk oleh para pemimpin ASEAN dan mulai diterapkan pada tahun 2015. Salah satu cara yang dilakukan untuk mulai mengembangkan perekonomian tesebut ialah dengan membentuk kerjasama dalam hal pengembangan pada sumber daya manusia untuk mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan dan keterampilan lebih, meningkatkan infrastruktur, melakukan pengembangan pada transaksi elektronik melalui e-ASEAN, pengakuan terkait kualifikasi yang profesional dan adanya langkah untuk pembiayaan perdagangan.

resolusi keuangan 2016

Ada baiknya anda mempersiapkan beberapa resolusi untuk membangun perekonomian anda lebih baik lagi di tahun 2016 sehingga tidak menjadi ketinggalan karena adanya MEA ini.

Berikut cara yang dapat anda ikuti dan semoga bermanfaat :

1. Miliki Dana Darurat

Jika anda masih sering kehabisan dana disaat yang genting maka ada baiknya anda mulai untuk memiliki dana cadangan yang aman di tahun 2016 nanti. Perencanaan yang tepat merupakan kunci utama dalam prinsip keuangan seperti mengalokasikan penghasilan anda perbulan untuk persiapan hal-hal darurat.

2. Berinvestasi

Jangan pernah berfikiran bahwa investasi harus dalam bentuk atau nominal yang besar. Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal yang  kecil namun bisa berdampak besar dikemudian hari, seperti berinvestasi pada emas, dolar dan deposito. Adapun investasi jangka panjang seperti investasi pendidikan anak, investasi hari tua dan reksa dana. Dengan adanya MEA, kita secara tidak langsung dituntut memiliki pendidikan dan ilmu yang tinggi, agar dapat menghasilkan generasi muda ASEAN yang kreatif.

3. Memiliki Asuransi

Banyak yang beranggapan asuransi merupakan hal yang kurang penting dalam perencanaan keuangan, namun jika anda mengetahui lebih dalam manfaat dari kepemilikan asuransi, maka anda akan merasakan pentingnya asuransi dalam perencanaan keuangan. Asuransi merupakan jaminan yang melindungi anda dalam menghadapi kondisi yang tidak diharapkan. Ada baiknya anda mulai memasukan asuransi dalam perencanaan anda kedepannya dengan catatan bahwa anda sudah mengetahui seluruh manfaatnya juga.

4. Batasi Hutang

Berhutang tidaklah salah, jika untuk tujuan yang baik seperti berhutang untuk membuat usaha/memajukan usaha anda. Namun, jika anda berhutang untuk hal-hal yang tidak penting atau hanya untuk memuaskan keinginan anda, ada baiknya anda membatasi anggaran belanja anda sekarang juga sebelum anda terbelit hutang dan menyesali hutang tersebut. Akan tetapi, jika anda sudah berhutang kepada sebuah lembaga keuangan, usahakanlah untuk melunasi hutang tersebut sebelum jatuh tempo dan mulai rencanakan berhutang dengan bijak dan cerdas untuk tahun 2016 nanti.

5. Kebutuhan & Keinginan

Jika anda adalah tipe orang yang memiliki sifat “shopaholic”, ada baiknya anda mulai membedakan antara kebutuhan & keinginan berbelanja di tahun 2016. Hal ini penting untuk disadari dan direncanakan sebagai langkah untuk menuju kesuksesan anda me-manage keuangan.

Dengan menerapkan langkah-langkah diatas, anda juga sudah berpartisipasi menjadi masyarakat ekonomi ASEAN. Gaya hidup berhemat dan pintar mengelola keuangan, dapat mendukung Indonesia menjadi negara yang semakin berkembang tanpa sikap konsumtif.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

December 18, 2015

Posted In: Financial

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami