RON BBM Penjelasan dan Apa Efeknya Terhadap Kendaraan

ron bbm

Ada Yang Masih Belum Tau Apa Itu RON BBM?

RON BBM adalah bahan kimia yang didalamnya terdapat nilai oktan tertentu pada bahan bakar minyak untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. RON sendiri merupakan kepanjangan dari kata Research Octane Number.

RON menjadi nilai utama untuk kualitas bahan bakar minyak berdasarkan besar tidaknya nilai tingkatan Oktan. Semakin besar nilai tingkatan Oktan, maka semakin bagus nilai bahan bakar tersebut.

Angka RON, secara sederhana menampakan seberapa besar tekanan-tekanan yang bisa diberikan ketika sebelum bensin mulai terbakar dalam mesin kendaraan.

Bahkan berdasarkan edisi kolom otomotif surat kabar digital Tempo menyebutkan bahwa, BBM Oktan tinggi (RON tinggi) memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan Oktan yang lebih rendah.

Selanjutnya, surat kabar digital tersebut menyebutkan pula bahwa, meski begitu bensin Oktan tinggi belum tentu mempengaruhi kinerja mesin secara signifikan. Hal tersebut disebabkan performa mesin tidak hanya dipengaruhi oleh bahan bakar saja.

Setiap mesin mimiliki kapasitas dalam penerimaan besar-kecilnya nilai Oktan agar kinerja keseluruhan antara bahan bakar dan mesin dapat berjalan dengan maksimal dan tidak menyebabkan kerusakan pada unsur kendaraan.

Sebagaimana dilansir di surat kabar digital Kompas menyebutkan, Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, penggunaan bahan bakar yang paling bagus adalah sesuai rekomendasi pabrikan. “Misalkan mobil atau motor direkomendasi memakai bensin dengan RON 90, sebaiknya diisi dengan bensin RON 90, jangan serta merta diisi dengan nilai yang lebih tinggi seperti RON 92 atau RON 98,”.

Pada umumnya, di Indonesia sendiri terdapat berbagai pilihan bensin sesuai RON-nya, seperti RON 88 produk dari Pertamina yaitu Premium, RON 90 Pertalite, RON 92 Pertamax dan Shell Super, RON 95 Pertmax Plus dan Shell V-Power, dan yang terakhir RON dengan nilai oktan 98 adalah Pertamax Turbo.

Untuk lebih mudah dipahami, penulis akan menggambarkan dengan grafik jenis Oktan dan Rasio Kompresi standar RON BMM yang sesuai pada table di bawah ini :

Tabel Jenis Oktan Dan Rasio Kompresi Standar RON BMM

Jenis OktanRasio Kompresi MobilBahan Bakar
Oktan 887 s/d 9:1Premium
Oktan 909:1 s/d 10:1Pertalite
Oktan 929 s/d 10:1Pertamax 92
Oktan 9510 s/d 11:1V-Power 95
Oktan 9811:1 s/d 13:1Pertamax Turbo
Oktan 10013 s/d 1:1Pertamax Racing 100

Tabel di atas, menunjukan standar kesesuaian dalam penggunaan RON BBM untuk kendaraan mobil agar memaksimalkan kinerja mesin secara optimal. Penggunaan bensin yang berkualitas, yang dimana sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan agar berdampak dan membuat mesin bekerja lebih baik dan berusia lebih panjang.

Namun, apabila penggunaan bensin tak sesuai dengan nilai oktan dan spesifikasi pabrikan, kemungkinan akan berdampak kerusakan secara perlahan-lahan, berikut penjelasannya :

Dampak Menggunakan Bensin Tak Sesuai Spesifikasi Pabrik Pada Kendaraan Mobil

Mobil Modern memang dimodifikasi secanggih mungkin untuk daya efisiensi berkendara serta adaptif atau memungkinkan beradaptasi dengan standar bahan bakar yang tak sesuai dengan spesifikasi dari pabrik. Dengan cara menghitung otomatis derajat timing mesin sesuai pada tingkat oktan bahan bakar yang sedang digunakan,

Alhasil, gejala ngelitik atau Engine Knocking dimana sebuah fenomena proses pembakaran yang tidak sempurna memicu suara dan getaran aneh ketika mesin mobil dinyalakan.

Tetapi, hal tersebut dalam jangka panjang tertentu akan menyebabkan kerusakan dini pada beberapa komponen mesin. Dan menggunakan bahan bakar RON terlalu tinggi juga mempunyai dampak kurang sehat bagi mesin, yang kelak akan mengundang penyakit mesin yang disebut fuel dilution. Fuel dilution adalah suatu kondisi dimana bahan bakar masuk ke dalam ckrancase dan bercampur dengan oli mesin, sehingga akan mengurangi performa oli mesin dan membuat encer pelumas oli mesin.

Bahkan tak hanya itu, hal tersebut pun dapat membuat konsumsi bensin menjadi semakin boros.

Maka dari itu, penggunaan RON BBM haruslah betul-betul sangat diperhatikan untuk merawat mobil Anda agar tetap sehat dan berjalan dengan baik.

Namun, apabila Anda tidak cukup waktu untuk memikirkan perawatan mobil, terutama ketika dalam kondisi tak terduga yang membuat Anda mengeluarkan pembiayaan yang cukup besar, Anda dapat mencoba mendaftar Asuransi Mobil untuk perlindungan mobil terbaik Anda di Cekpremi.

Yuk, daftarkan diri Anda pada Asuransi Mobil di Cekpremi dan nikmati benefit serta manfaatnya untuk kehidupan Anda.

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa itu Asuransi Mobil?” answer-0=”Asuransi Mobil ini merupakan asuransi yang memberikan asset kendaraan Anda dari resiko berbagai jenis tabrakan, banjir, pencurian, dan lain-lain. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Ada berapa jenis Asuransi Mobil?” answer-1=”Pada umumnya, jenis asuransi mobil ada dua. Pertama, All-Risk. Kedua, TLO.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]