Sebaiknya Simpan Polis Asuransi Anda di Tempat Ini

Polis Asuransi
Image Source allforyourinsurance.com

Sejatinya pengertian polis asuransi adalah kontrak yang menguraikan kewajiban perusahaan asuransi kepada pihak yang membayar premi, atau yang biasa dikenal sebagai pemegang kebijakan. Jika dilihat dari pengertiannya, sudah pasti polis asuransi adalah suatu dokumen penting bagi pengguna asuransi.

 

Selain pengertian di atas polis asuransi juga salah satu syarat mutlak dalam pengajuan klaim asuransi tertanggung, akan sangat sulit jika mengajukan klaim tanpa disertai polis asuransi yang asli.

 

Banyak dari anggota keluarga para pemegang polis asuransi tidak menyadari jika salah satu dari mereka adalah pengguna jasa asuransi. Terutama dalam hal asuransi jiwa, kadang si ahli waris tidak menyadari jika mereka masuk ke dalam daftar penerima klaim, biasanya hal itu terjadi akibat si pemegang polis lupa memberi tahu mereka.

 

Maka itu diperlukan keterbukaan bagi para pengguna asuransi kepada para keluarga, maupun orang-orang yang masuk ke dalam daftar tertanggung di polis asuransi anda. Tunjukkan dimana anda menyimpan dokumen polis asuransi tersebut. Jangan sampai anda kerepotan jika terjadi klaim nanti.

 

Lalu untuk dokumen sepenting itu, haruskah kita menyimpannya dalam safe deposit box di bank seperti halnya surat-surat penting lainnya? Jawabannya adalah tidak, jangan sekali-sekali anda menyimpan polis asuransi anda dalam safe deposit box.

 

Karena jika terjadi klaim, akan sangat banyak menyita waktu anda. Biasanya prosedur pengambilan dokumen di Safe Deposit Box cukup panjang. Apalagi bagi para ahli waris dari asuransi jiwa, akan sangat merepotkan bila harus membuka SDB terlebih dahulu.

 

Perencana keuangan kondang Aidil Akbar Madjid menyarankan, simpan dokumen polis asuransi anda di satu tempat yang mudah dijangkau. Kumpulkan semua dalam satu “wadah” seperti tas, map kertas, map pelastik. Jadi jika terjadi sesuatu yang bersifat darurat tas yang berisi dokumen penting tersebut jadi prioritas yang harus anda selamatkan.

 

Jangan lupa untuk beritahukan kepada keluarga atau ahli waris tempat dimana anda menyimpan dokumen tersebut, dan juga kontak yang perlu dihubungi.

 

Asuransi Motor

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 6, 2015

Posted In: Tips & Tricks

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami