Sekarang Ada KIS, Lalu Bagaimana Nasib BPJS ?

BPJS
Image Source cikalnews.com

Jika kita berbicara tentang asuransi kesehatan dari pemerintah yang tahun lalu sangat booming apa yang ada di dalam pikiran anda ? Jamsostek ? Bila itu jawabannya maka silahkan anda mengganti kewarganegaraan anda menjadi Uganda. Karena jawaban yang paling tepat adalah BPJS, sebagai lembaga jaminan kesehatan yang diluncurkan pemerintah awal tahun lalu BPJS sempat booming dan dianggap sebagai salah satu solusi terbaik mengatasi masalah kesehatan di Indonesia.

Secara garis besar BPJS terdiri dari dua bagian, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk BPJS kesehatan sendiri awalnya adalah Asuransi Kesehatan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan ASKES. Lalu kemudian pada awal Januari 2014 kemarin pemerintah secara resmi mengubah namanya menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, setelah diberlakukannya sistem jaminan sosial atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) terbaru. Begitupun BPJS Ketenaga kerjaan yang merupakan perubahan dari Jamsostek.

Namun, pada tanggal 4 November 2014 kemarin, Presiden Joko Widodo yang baru saja dilantik meluncurkan 3 kartu sakti andalannya. Ketiga kartu tersebut terdiri dari Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera. Dari ketiga kartu tersebut Kartu Indonesia Sehat atau KIS lah yang bersinggungan dengan BPJS.

Lalu apa itu KIS ?

KIS adalah jenis kartu atau program yang mana memiliki fungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, kartu KIS ini dapat digunakan sesuai dengan nama yang tercantum untuk mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama hingga tingkat lanjut.

Secara fungsi KIS dan BPJS Kesehatan memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama untuk digunakan sebagai jaminan kesehatan kepada masyarakat dari pemerintah. Namun, tentunya ada beberpa perbedaan dari dua jaminan kesehatan pemerintah tersebut. Karena pada awalnya KIS merupakan perluasan dari program kesehatan yang diluncurkan masa pemerintahan sebelumnya.

Perbedaan KIS dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

1. KIS hanya diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu, beda dengan BPJS yang mana semua golongan masyarakan bisa menggunakannya. Hal ini dikarenakan BPJS adalah sebuah lembaga yang mengelola dan menyelenggarakan program jaminan sosial tersebut.

2. KIS dibiayai oleh pemerintah, oleh karena itu KIS hanya diperuntukan bagi warga yang kondisi ekonominya lemah. Beda dengan BPJS yang iurannya dibayarkan oleh para peserta sesuai dengan kategori pengobatan yang dipilihnya. Selain itu BPJS wajib dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia.

3. Seperti yang sudah dituliskan tadi program KIS adalah perluasan dari jaminan kesehatan yang diluncurkan masa pemerintahan sebelumnya. Bisa dilihat dari pemakaiannya yang bisa digunakan di fasilitas kesehatan manapun, baik itu puskesmas, klinik, ataupun rumah sakit. Tidak terbatas pada wilayah regional dimana kita mendaftar KIS. Sedangkan BPJS hanya dapat digunakan di tempat yang sudah dipilih saat mendaftar, dan pilihan klinik maupun rumah sakitnya juga terbatas.

Jadi apabila dilihat dari ketentuan dan persyaratan penggunaannya jelas KIS dan BPJS berbeda, mesikpun dari manfaat yang diberikan sama. Keuntungan dengan diluncurkannya KIS adalah masyarakat kelas bawah bisa memiliki lebih banyak pilihan mengenai jaminan kesehatan bagi mereka. Satu lagi, tujuan diluncurkannya dua program tersebut adalah tidak lain dan tidak bukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

BPJS
Lengkapi perlindungan kesehatan anda dengan asuransi kesehatan . Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

May 14, 2015

Posted In: Features

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami