Sengaja Lewati Area Genangan Air, Klaim Asuransi Mobil Tidak Akan Cair

Asuransi Mobil
Image Source en.wikipedia.org

Bila anda melihat kembali isi polis asuransi mobil anda, disana tertera klausul tambahan untuk resiko banjir. Tapi jika anda dengan sengaja melintasi genangan air, maka bisa-bisa klaim asuransi anda untuk resiko terhadap banjir akan ditolak oleh perusahaan asuransi.

 

Hal tersebut sudah diatur sesual dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor (PSAKB) yang disahkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Dalam pasal 3 ayat 4 menyebutkan jika anda sengaja memasuki atau melintasi jalan tertutup, terlarang , tidak diperuntukkan bagi Kendaraan Bermotor, atau melanggar rambu-rambu lalu lintas.

 

Lain halnya jika banjir datang secara tiba-tiba pada saat anda mengemudi. Kondisi tersebut tidak memungkinkan anda untuk menghindarinya. Pasalnya perusahaan asuransi tidak akan menanggung klaim atas kesalahan yang anda buat sendiri.

 

Contoh lainnya adalah jika mobil anda tertimpa papan reklame yang jatuh, perusahaan asuransi akan menyelidiki apa penyebab jatuhnya papan reklame tersebut. Jika kondisi papan tiang papan reklame memang sudah kropos dan sudah tidak kuat berdiri lagi maka kejadian tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Tetapi jika papan reklame tersebut jatuh akibat hujan badai, kerusakan mobil anda tidak akan ditanggung kecuali jika ada kesepakatan mengenai persoalan jaminan klausul banjir.

 

mobil

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 9, 2015

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami