Hati-Hati !!! Berikut Ini Adalah Serangga Berbahaya Yang Sering Muncul Di Rumah Kamu Pada Saat Musim Hujan

musim hujan
image source portalcania

Bulan Januari, beberapa orang menyebut bahwa Januari merupakan sebuah akronim dari kalimat “huJAN Sehari-haRi”. Tepat pada bulan Januari Indonesia memasuki musim dengan curah hujan tertinggi. Biasanya puncak musim hujan di Indonesia memang terjadi diantara bulan Januari atau Februari.

Hujan membawa dampak tersendiri bagi masyarakat Indonesia, namun terkadang tingginya curah hujan tidak dapat diimbangi dengan kesiapan masyarakat dalam mengantisipasi datangnya musim hujan. Oleh karena itulah tak sedikit beberapa wilayah di Indonesia yang malah terendam banjir yang diakibatkan tingginya intensitas dari hujan yang turun.

Bencana lain yang biasanya teradi pada musim hujan adalah tanah longsor. Semua dampak positif atau negatif yang ditimbulkan oleh hujan kembali lagi kepada bagaimana kesiapan dan perilaku warga terhadap lingkungan sekitar guna mengantisipasi datangnya musim hujan.

Selain bencana alam, kondisi iklim pada saat memasuki musim hujan menjadi waktu yang dipilih oleh beberapa serangga untuk berkembang biak. Tak dapat dipungkiri memang keberadaan serangga di dalam rumah memang cukup mengganggu dan membuat kamu merasa tidak nyaman selama berada di dalam rumah.

Meski kelihatan sepele, namun hal ini patut untuk tetap kamu waspadai mengingat resiko yang ditimbulkan oleh gigitan serangga tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Beberapa diantara serangga berikut ini bahkan gigitannya bisa menyebabkan kematian, oleh karena itu dibutuhkan penanganan yang tepat dan serius untuk menanggulanginya.

Berikut ini adalah 3 serangga berbahaya yang kerap muncul di rumah kamu pada saat musim hujan :

Nyamuk

serangga
image source yudhe

Selain gatal, gigitan nyamuk jenis Aedes Aegypti  juga bisa menyebabkan kematian, pada tahun 2004 nyamuk yang biasa kita kenal dengan ciri khas warna belang hitam dan putih tersebut telah menelan korban sedikitnya 241 orang meninggal dan sebanyak 21 provinsi di Indonesia menyatakan sebagai daerah Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk kasus Demam Berdarah Dengue.

Tomcat

serangga
image source soomaji blogspot

Racun dari seranga ini pernah menjadi dinyatakan lebih berbahaya ketimbang bisa ular kobra, meski demikian belum ada penelitian resmi yang dilakukan terkait pernyataan tersebut. Dengan bentuk tubuh kecil yang mirip semut tomcat memang sulit sekali terlihat disekitar kamu.

Dampak dari racun yang disebarkan oleh tomcat dapat membuat kulit kamu gatal-gatal dan menjadikan kulit kamu melepuh. Salah satu penyakit kulit terparah yang disebabkan oleh tomcat biasa dikenal dengan nama Dermatitis Linearis dan Aederus.

Jika kamu melihat ada serangga ini di rumah, sebaiknya segera basmi dengan spray anti serangga. Usahakan untuk tidak terjadi kontak langsung dengan kulit kamu mengingat racun yang dari tomcat yang berbahaya untuk kesehatan kulit kamu.

Kelabang

binatang
image source : tyrannostorm tumblr

Serangga dengan kaki yang berjumlah banyak ini juga memilih gigitan yang tak kalah berbahayanya. Dampak yang disebabkan dari Racun kelabang sendiri memang tidak seberbahaya tomcat, namun rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigitan kelabang dapat menimbulkan trauma yang cukup parah.

Efek yang ditimbulkan setelah terkena gigitan kelabang adalah gangguan pernafasan, sakit kepala, sakit di dada, denyut jantung meningkat, mual hingga tubuh kamu menjadi lemah. Untuk itu kalau kamu terkena gigitan kelabang dan dampak yang ditimbulkan cukup parah, segera dilakukan penanganan medis guna tidak ada efek berkelanjutan yang jauh lebih buruk.

 

musim hujan
Lindungi kesehatan anda dari penyakit akibat gigitan serangga dengan asuransi kesehatan, pilih yang terbaik disini.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 13, 2016

Posted In: Must See

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami