Sering Lewati Jalan Berlubang ? Ini Dia Komponen Sepeda Motor Anda Yang Harus Diawasi

Motor
Image Source merdeka.com

Walaupun bukan daerah konflik seperti di Timur Tengah, namun jalan di Indonesia masih saja banyak yang rusak dan berlubang. Entah mungkin itu adalah peninggalan ledakan granat tentara Belanda yang memang sengaja diabadikan atau memang ada kumpulan makhluk mutan berbadan besar yang melewati jalan tersebut, dan secara tidak sengaja merusak jalan yang sudah diperbaiki sebelumnya. Tapi yang jelas jalan-jalan tersebut rusak tanpa adanya usaha perbaikan dari dinas terkait dan beberapa diantaranya bahkan cukup mengganggu.

Disini kita tidak akan membicarakan tentang berapa anggaran yang diperlukan untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut, karena blog cekpremi bukanlah suatu organisasi yang dibuat untuk mengkritisi pemerintahan. Sebagai pengguna kendaraan bermotor yang sering melintasi jalan yang rusak, tentu tidak akan baik untuk kondisi kendaraan anda kedepannya.

Terutama para pengguna sepeda motor, jalan berlubang adalah mimpi buruk yang menghampiri saat berada di jalan. Komponen sepeda motor sangat rentan sekali rusak, apalagi jika frekuensi terkena lubang cukup sering. Semakin rajin motor anda bertemu dengan jalan yang rusak, maka sudah sebaiknya anda memperhatikan beberapa komponen berikut (dikutip dari otomotif.kompas.com) :

Roda/Ban

Saat melewati jalan berlubang, ban adalah komponen utama dan paling luar yang langsung merasakan dampak benturan. Periksa serat ban yang terdapat di dalam, serat tersebut terbuat dari logam. Jika sepeda motor anda mengalami benturan maka serat-serat tersebut berubah bentuk atau berpindah dari tempat seharusnya. Dampaknya adalah roda/ban motor anda akan menjadi benjol.

Pelek (Velg)

Setelah ban berikutnya dalah velg, komponen ini turut merasakan benturan yang terjadi pada ban. Velg motor anda bisa pecah jika benturan yang terjadi sangat keras. Atau pengok untuk velg jari-jari dan harus disetel ulang untuk memperbaikinya.

Roda Leher (Bearing)

Komponen ini hanya menopang atau menerima putaran ban. Benturan yang keras akan memberikan tekanan pada bearing yang akan menambahkan beban dan menyebabkan aus. Dengan begitu putaran ban akan terasa “oblak”.

Suspensi

Terlalu sering melewati jalan yang berlubang juga dapat membuat sil atau karet penyumbat cairan bocor lebih cepat dari seharusnya. Selain itu, as suspensi juga bisa bengkok.

Komstir

Sama seperti bearing, komponen ini tidak bersentuhan langsung dengan benturan. Karena terletak pada bagian setang, komponen tidak berfungsi sebagai getaran kejut. Namun jika terkena benturan yang keras, maka komponen ini lama kelamaan akan aus dan oblak.

Baut-Baut

Benturan yang terjadi juga dapat menyebabkan baut yang terpasang pada bodi akan melemah, ini dikarenakan torsi tidak terlalu kencang.

 

Motor
Cak Perlindungan Motor Terbaik Anda (Klik Gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 4, 2015

Posted In: Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami