Setelah Tahu Fakta Berikut, Masih Mau Mudik Pakai Mobil Pribadi?

May - 16
2019
Setelah Tahu Fakta Berikut, Masih Mau Mudik Pakai Mobil Pribadi

Setelah Tahu Fakta Berikut, Masih Mau Mudik Pakai Mobil Pribadi?

Memang semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Dan trend ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Mereka tidak khawatir lagi mudik menggunakan kendaraan sendiri. Apalagi ketika mereka sudah mengambil polis asuransi All Risk mobil. Mereka jauh lebih tenang selama perjalanan.

Tentu setiap orang memiliki alasan mengapa mudik dengan mobil sendiri. Anda pun punya alasan sendiri. Akan tetapi, bisa saja alasan tersebut salah. Alasan yang Anda pahami tidak lebih dari sekedar asumsi yang salah.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Mungkin selama ini Anda merasa mudik dengan mobil pribadi jauh lebih aman. Apakah Anda yakin? Mudik dengan mobil pribadi jauh lebih nyaman dan menyenangkan. Benarkah demikian? Alasan tersebut harus Anda konfirmasi lagi.

Sisi Negatif Mudik Pakai Mobil Sendiri

Apakah Anda berencana untuk mudik pakai mobil pribadi atau transportasi publik tahun ini? Bagi Anda yang memilih mobil pribadi, Mungkin Anda perlu tahu apa saja sisi negatif dari pilihan yang satu ini.  

Risiko Kecelakaan Tinggi

Mudik menggunakan mobil sendiri memiliki risiko tinggi terkena kecelakaan. Memang dari data tahun 2018, angka kecelakaan di jalan raya ketika mudik menurun hingga 17%. Hal ini disebabkan lebih banyaknya jalan alternatif sehingga membuat perjalanan lebih lancar.

Selain itu, hampir semua jalan yang digunakan untuk mudik sudah diperbaiki. Belum lagi ada tol yang sudah jauh lebih bagus. Tidak ada lagi antrian di pintu masuk tol seperti yang terjadi dua atau tiga tahun yang lalu.

Akan tetapi, risiko kecelakaan itu tetap ada. Semakin banyak mobil, maka risiko kecelakaan itu semakin tinggi. Belum lagi faktor lain seperti kondisi badan Anda yang kurang fit dan lain sebagainya.

Mungkin Anda sudah merasa aman karena Anda sudah mengambil polis asuransi All Risk mobil. Namun, bagaimana jika kecelakaan terjadi? Anda memang bisa mengajukan klaim. Tapi Anda akan terlambat pulang ke kampung halaman. Ini juga harus Anda pikirkan.

Lelah Saat Sampai Di Kampung

Mudik seharusnya hal yang menyenangkan. Anda membawa seluruh anggota keluarga Anda untuk menemui sanak saudara di kampung.

Sayangnya, terkadang justru sebaliknya. Karena perjalanan jauh, Anda kelelahan. Ketika sampai di kampung halaman, Anda kurang fit. Anda tidak bisa menikmati waktu berkualitas bersama sanak saudara.

Bahkan, tidak jarang orang yang malah jatuh sakit setelah sampai rumah. Hal ini tidak lain juga dikarenakan kelelahan yang luar biasa.

Banyak Biaya Tak Terduga

Banyak yang menganggap mudik dengan mobil pribadi itu juah lebih irit. Sekilas benar. Apalagi jika Anda bandingkan dengan biaya untuk membeli tiket pesawat. Kalikan saja dengan jumlah anggota keluarga Anda. Sangat mahal, kan? Solusinya adalah naik mobil pribadi.

Akan tetapi, Anda tidak tahu jika ada biaya tak terduga. Contohnya saja biaya untuk parkir, makan di jalan, atau bahkan harus menginap karena Anda terkena kemacetan yang sangat parah.

Belum lagi jika ternyata Anda mengalami kecelakaan. Dengan polis asuransi All Risk mobil, memang Anda bisa tenang karena biaya perbaikan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun, bagaimana jika Anda kecelakaan karena mengantuk? Tentu Anda tidak bisa mengajukan klaim karena dalam kasus ini Anda lalai dalam berkendara.

Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan hal tersebut juga. Yaitu biaya-biaya yang tak terduga. Anda jumlahkan saja dengan biaya yang pasti Anda keluarkan seperti biaya membeli BBM, biaya tol, dan lain sebagainya.

Kurang Menikmati Perjalanan Mudik

Mudik seharusnya menyenangkan. Menjadi kurang atau bahkan tidak menyenangkan jika Anda mengendarai mobil Anda sendiri. Anda sepanjang perjalanan harus fokus melihat jalan. Bagaimana Anda bisa menikmati perjalanan ke kampung halaman?

Suasana yang begitu lelah akan sangat Anda rasakan jika kampung halaman Anda berada di pulau yang berbeda. Anda mungkin menghabiskan waktu lebih dari 1 hari untuk sampai di kampung.

Lebih Lama Sampai ke Kampung Halaman

Siapa bilang mudik dengan mobil pribadi jauh lebih cepat? Secara matematika, seharusnya lebih cepat. Namun, ada faktor yang membuat perjalanan menjadi jauh lebih lama. Contohnya saja kemacetan mengingat sekarang lebih banyak yang menggunakan mobil pribadi, istirahat di setiap beberapa jam perjalanan, dan lain sebagainya.

Lain hal jika Anda menggunakan transportasi umum. Supir memang sudah siap untuk mengantarkan Anda ke tujuan sesuai dengan jadwal. Apalagi jika Anda menggunakan kereta atau pesawat. Akan lebih cepat dan tepat perjalanan mudik Anda.

Terlepas dari hal tersebut, tentu bukan hal yang salah jika Anda memutuskan untuk mudik menggunakan mobil pribadi. Anda pasti punya pertimbangan yang lain.

Akan tetapi, pastikan Anda berkendara dengan aman. Usahakan Anda tidak memaksakan diri jika mengantuk atau lelah. Rencanakan perjalanan mudik Anda dengan baik.

Sebelum mudik, cek dulu kondiisi kendaraan Anda. Siapkan peralatan emergency yang mungkin Anda perlukan, mulai dongkrak, tool kit, ban serep, kotak P3K, dan lain sebagainya. Bawa juga makanan ringan karena itu bisa mengganjak perut Anda ketika Anda lapar namun Anda tidak menemukan restoran.

Proteksi dari kecelakaan juga Anda perlukan. Ambil saja polis asuransi All Risk mobil agar jika terjadi kecelakaan, Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu memikirkan keselamatan Anda dan keluarga. Mobil Anda yang rusak akan ditangani oleh perusahaan asuransi. Ajukan klaim saja dan biaya perbaikan mobi akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *