SIM Khusus Untuk Pengendara Motor Besar

moge sim khusus

Tentu banyak diantara kita yang mengetahui bahwa jika ingin berkendara di jalan raya, yang paling di utamakan yaitu memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). SIM adalah sebuah syarat yang diberikan oleh polisi untuk warga negara yang ingin berkendara di jalan raya. Dengan adanya SIM seorang warga negara dinyatakan layak mengemudi di jalan raya, bukan itu saja mereka juga di harapkan sudah mampu untuk memahami dan mematuhi segala aturan yang belaku di lalu lintas.

Dan, seperti yang kita ketahui bahwa SIM terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kendaraan yang digunakan mulai dari SIM A untuk mobil (mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat tidak lebih dari 2500kg), SIM B1 untuk mobil (beratnya boleh lebih dari 3500Kg), SIM B2 mengemudi kendaraan alat berat ( kendaraan penarik atau kendaraan bermotor gandengan perseorangan, boleh lebih dari 1000kg) dan terakhir SIM C untuk sepeda motor. Sesuai dengan UU No.22 Tahun 2009 pasal 77 “Bahwa setiap orang yang mengemudi kendraan bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan”. Maka dari itu, semua warga negara Indonesia yang ingin berkendara di jalan raya wajib memiliki SIM. Dan hal penting lainnya yang mesti kita ketahui adalah aturan tentang mengklasifikasikan SIM C merupakan salah satu tindak lanjut Peraturan Kaporli No. 9 Tahun 2012 Pasal 28 mengenai masa berlaku SIM, lalu Kakorlantas Polri kembali mengeluarkan Surat Pembaruan No. ST/271/II/2015 pada tanggal 18 Desember 2015.

Saat ini kendaraan yang dibagi atas beratnya yaitu baru mobil saja, dimana setiap pengemudinya harus memiliki SIM yang berbeda jika ingin mengemudi mobil yang memiliki berat berbeda, karena tentunya mengemudi mobil pribadi akan berbeda dengan mengemudi truk. Setiap kendaraan tersebut memiliki keahlian khusus dalam mengendarainya. Ternyata, begitu pula yang terjadi dalam mengendarai sepeda motor. Motor juga memiliki bentuk dan berat yang berbeda-beda, tidak semua motor bisa dikendarai oleh masyarakat umum, contohnya ialah motor besar.

Beberapa tahun terakhir ini tingkat ketertarikan masyarakat akan motor besar atau istilah dalam masyarakat moge (motor gede) telah meningkat, ini terlihat dari banyaknya moge yang berkeliaran di jalan raya, khusunya jalanan ibu kota. Karena tingkat kesulitan pengendalian dalam memakai moge ini tidaklah gampang dan memerlukan skill khusus yang harus di pelajari maka dari itu Polri pun mulai memutuskan untuk membuat SIM khusus untuk motor besar ini. Dengan bobot yang besar dan tingkat kesulitan pengendalian jauh berbeda dengan motor-motor pada umumnya bisa membuat pengendara motor ini malah jadi celaka.

Rencananya untuk peluncuran SIM Moge ini akan dilaksanakan pada 2016 ini, tepatnya untuk pemberlakuannya mulai bulan februari – april 2016. Korps Lalu Lintas (Korlantas) mengatakan bahawa dibuatnya SIM khusus ini agar dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pada pengemudi. SIM untuk Moge ini juga akan memakai SIM C juga namun dengan tingkatan yang berbeda-beda, seperti untuk SIM C (dibawah 250cc), SIM C1 (250-500 cc) dan SIM C2 (diatas 500 cc).

Banyak masyarakat yang tidak setuju dengan keputusan ini, khususnya para pemiliki moge atas keputusan polri ini, karena mereka berpendapat keputusan itu terkesan ribet, namun menurut polri hal tersebut dilakukan untuk keamanan masyarakat, agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya pengenalan dan pemahaman kesadaran atas keselamatan berkendara.

ads banner untuk motor
Cekpremi asuransi motor termurah anda disini (Klik Gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 10, 2016

Posted In: Automotive, Hot News, Lifestyle

Tags:

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami