Spion Mobil, Fungsi, dan Jenis Spion Mobil

spion

Bagi beberapa orang yang jarang menggunakan kaca spion, kehadiran spion mungkin dianggap tidak terlalu penting. Kenyataannya, spion mobil adalah aksesoris pelengkap yang harus kamu miliki, karena berperan penting dalam keamanan berkendara.

Fungsi Spion Mobil

Spion memiliki banyak fungsi, karena dapat membantu untuk terhindar dari kecelakaan. Berikut ini adalah beberapa fungsi spion mobil yang harus kamu ketahui, yaitu:

  • Melihat Kondisi Lalu Lintas di Bagian Belakang

Adanya kaca spion membuat kamu lebih mudah melihat kondisi lalu lintas yang terjadi di bagian belakang. Selain itu kamu dapat lebih berwaspada untuk melihat bagaimana posisi kendaraan.

Selain keamanan dalam berkendara, kamu dapat berwaspada akan hal yang mencurigakan di jalan. Seperti apakah ada yang mengikuti mobilmu dari belakang, atau pelaku begal.

  • Mencegah Tabrakan Ketika akan Berpindah Jalur

Sebelum berpindah jalur, khususnya di jalan tol kamu harus melihat spion terlebih dahulu. Hal tersebut berguna untuk melihat apakah kondisi mobil kamu memungkinkan atau tidak untuk berpindah saat itu.

Jika kondisi jalanan sedang macet, kamu harus memperhitungkan kapan saat yang tepat untuk berpindah jalur. Adanya spion dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan atau tabrakan ketika akan berpindah jalur.

  • Mempermudah Saat Parkir dan Memundurkan Mobil

Saat akan memundurkan mobil, kamu harus menggunakan bantuan kaca spion. Karena dengan adanya spion, kamu dapat lebih untuk melakukan manuver mundur.

Menggunakan spion saat akan melakukan parkir mundur juga sangat disarankan. Karena kamu dapat memposisikan mobil secara tepat agar tidak bersinggungan dengan kendara lain yang sedang parkir.

Jenis Spion Mobil

Mobil memiliki tiga jenis spion yang terbagi menurut perannya masing-masing. Berikut ini adalah tiga jenis spion mobil, yaitu:

  • Spion Luar

Spion luar mobil berada di sisi kanan dan kiri bagian mobil. Letaknya sama dengan kendaraan bermotor lainnya.

Adanya spion luar dapat membuat kamu melihat dengan mudah sisi belakang kiri dan kanan mobil, sehingga kamu dapat mengetahui kendaraan atau kondisi di bagian belakang mobil. Spion luar memiliki dua sistem pengaturan, yaitu manual dan elektrik.

  • Spion Dalam

Sesuai namanya, spion ini berada di bagian dalam mobil, atau seringkali disebut sebagai interior. Spion ini diletakkan menempel pada plafon mobil di bagian depan dekat kaca.

  • Spion Tambahan

Spion tambahan atau biasa dikenal dengan blind spot mirror adalah aksesoris tambahan atau pelengkap dari spion yang telah ada. Melalui spion ini, kamu dapat melihat objek yang berada di area blind spot atau titik buta yang biasanya tidak dapat terlihat oleh spion standar.

Biasanya spion ini berada di bagian spion luar dengan cara ditempelkan. Namun ada pula yang menempatkannya di bagian atas tender ban, yang berfungsi agar dapat mengetahui jarak antara roda mobil dengan pembatas jalan, trotoar, atau bahkan got.

Spion dapat membantu kamu untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan atau tabrakan. Namun asuransi dapat membantumu jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan, seperti tabrakan, pencurian, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin mencari asuransi mobil terbaik, Cek Premi dapat membantu untuk menemukan apa yang kamu butuhkan. Sehingga kamu akan mendapatkan asuransi yang terbaik dan terpercaya.

Asuransi Mobil

Pertanyaan Seputar Spion Mobil

Fungsi spion bagi pengemudi sangat penting, sehingga kamu harus mengetahui beberapa pertanyaan berikut ini, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Kenapa kaca spion pada kendaraan menggunakan cermin cembung?” answer-0=”Karena dengan menggunakan cermin cembung, spion dapat menangkap atau memantulkan objek yang jaraknya masih jauh dengan lebih jelas.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah kaca spion mobil yang pecah bisa diganti?” answer-1=”Kamu dapat mengganti kaca spion yang pecah dengan menggantinya sendiri di rumah, atau membawa ke bengkel. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]