Penyebab Suara Mesin Motor Kasar, Bagaimana Solusinya?

Mei - 10
2021
suara mesin motor kasar

Penyebab Suara Mesin Motor Kasar, Bagaimana Solusinya?

Mesin motor tentunya harus selalu dirawat agar terhindar dari yang namanya kerusakan. Jika mesin motor tidak dirawat, bisa-bisa suara mesin motor menjadi kasar dan tentunya mempengaruhi performa motor itu sendiri. Seringkali kita sebagai pengendara tidak memperhatikan kondisi mesin, padahal merawat mesin merupakan hal yang sangatlah penting. Mari kita simak apa penyebab suara mesin motor berisik dan bagaimana solusi memperbaikinya di artikel ini!

Penyebab suara mesin motor kasar

Berikut adalah beberapa penyebab mengapa mesin motor bisa kasar yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber:

– Oli mesin lama tidak diganti

Oli memiliki peranan penting untuk melumasi komponen mesin motor. Jika oli tidak diganti maka otomatis mesin tidak terlumasi dengan baik yang akhirnya dapat menyebabkan suara mesin menjadi kasar. Oleh karena itu hal pertama yang harus kalian cek jika mesin motor kasar adalah kondisi oli motor. Jika oli sudah menghitam itu tandanya kalian harus segera mengganti oli motor kalian.

– Timing chain yang kendor

Rantai motor seringkali menjadi penyebab bunyi mesin kasar. Pastikan pemasangan rantai ini presisi dan tidak kendor, seringkali bunyi kasar terjadi karena rantai yang kendor. Jika dirasa suara motor makin kasar, maka segera datangi bengkel dan minta mekanik untuk mengecek kondisi rantai motor kalian.

– Kompresi bocor

Kompresi motor memegang peranan agar tenaga motor tidak hilang dan proses pembakaran berjalan sempurna. Jika kompresor bocor, maka otomatis kinerja motor turun dan suara mesin motor menjadi kasar. Bahkan bisa menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih dan jika tidak segera diperbaiki kondisi mesin motor akan semakin parah dan dapat menyebabkan motor mogok.

Jika kondisi seperti ini terjadi segera bawa motor ke bengkel untuk diperbaiki ya!

– Baut motor kendor

Seringkali terjadi pada bagian cover mesin motor, jika baut tidak dipasang dengan baik maka cover mesin akan beradu dengan komponen motor lainnya dan menimbulkan suara mesin motor kasar. Jika kondisi ini terjadi segera bawa ke bengkel agar cover mesin tidak rusak karena gesekan dengan komponen lain.

– Piston bermasalah

Piston memegang peranan penting dalam mesin motor, jika piston tidak dijaga maka otomatis mesin akan bermasalah juga. Bunyi “klotok” akan terdengar jika piston bermasalah.  Segera bawa ke bengkel terdekat jika hal seperti ini terjadi.

– Umur motor

Faktor usia dalam motor memang tidak bisa dipungkiri lagi dapat mempengaruhi performa motor. Jika motor sudah berumur lebih dari 6 tahun, maka kalian harus rutin membawa motor kalian untuk dilakukan pengecekan. Jika ada komponen motor yang perlu diganti, segera diganti untuk menjaga performa motor tetap terjaga. Seringkali komponen berkarat sehingga timbul suara mesin motor yang kasar.

 

Berikan proteksi berupa asuransi kepada motor kalian!

Pastikan motor kalian juga diberikan proteksi berupa asuransi yang tentunya dapat meminimalisir biaya servis yang sewaktu-waktu diperlukan oleh motor kalian.

Pilih berbagai pilihan produk asuransi motor yang terpercaya di Cekpremi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi