Mau Fit Setiap Hari? Jalankan 10 Gaya Hidup Sehat Ini Yuk!

Mei - 10
2021
tips sehat

Mau Fit Setiap Hari? Jalankan 10 Gaya Hidup Sehat Ini Yuk!

Meski sadar menjalani gaya hidup sehat banyak manfaatnya, masih banyak orang yang mengabaikannya. Padahal menjalankan gaya hidup ini sangat mudah dan hasilnya bisa membuat lebih bahagia serta panjang umur. Jika Anda sedang mencoba untuk mengubah gaya hidup lama yang kurang sehat menjadi lebih sehat, berikut adalah beberapa hal yang penting dilakukan.

Cara Memulai Gaya Hidup Sehat

gaya hidup sehat

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Teratur Berolahraga

Orang dewasa disarankan untuk berolahraga minimal 2.5 jam setiap minggunya. Sempatkan waktu untuk berolahraga rutin agar tubuh dan pikiran lebih rileks. Tidak perlu olahraga berat, Anda bisa mulai dengan bersepeda, berenang, senam, yoga, atau jalan kaki. Banyak ahli juga merekomendasikan untuk berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari dalam menjaga kesehatan tulang.

Tidur yang cukup

Walaupun kebutuhan setiap orang mungkin berbeda, umumnya orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur di malam hari. Tidur yang cukup akan membuat organ tubuh beristirahat secara maksimal, membuat suasana hati menjadi lebih baik, mempertajam memori dan fokus. Dalam jangka panjang, cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan tetap stabil. 

Minum Air Putih

Seperti tidur, kebutuhan air putih untuk setiap orang juga berbeda-beda. Namun, sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Air putih juga menjaga Anda tetap fokus dan menjaga metabolisme tubuh. 

Makan Makanan Sehat

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu tubuh menyediakan energi dan menurunkan resiko terkena penyakit kronis. Pastikan asuran harian Anda memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, serat, dan lemak. Perbanyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari berbagai makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula.

Menjaga Berat Badan Ideal

Perhitungan berat badan ideal bisa berdasarkan Body Mass Index (BMI), dimana perhitungannya berdasarkan tinggi dan berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas dikaitkan dengan usia yang lebih pendek dan peningkatan risiko berbagai penyakit kronis. Mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga dapat membantu Anda mempertahankan atau mencapai berat badan ideal.

Hindari Rokok dan Alkohol Berlebihan

Menurut ahli, merokok menjadi salah satu pemicu terbesar timbulnya berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Jika Anda ingin mewujudkan gaya hidup sehat, hindarilah rokok dan alkohol berlebihan. Rokok dapat merusak paru-paru dan jantung, disfungsi ereksi, bahkan mampu mempercepat kerutan pada kulit.

Menjaga Kesehatan Mental

Tidak hanya kesehatan fisik, penting juga untuk menjaga kesehatan mental agar pikiran tetap tenang dan fokus. Kesehatan mental yang terganggu bisa mempengaruhi energi dan fokus Anda, bahkan memberikan efek ke gejala penyakit fisik. Jika Anda merasa stres, cemas, atau ketakutan berlebih, segera konsultasikan dengan profesional. 

Berjemur

Beberapa menit berada di bawah sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar vitamin D yang baik untuk tulang, jantung, dan suasana hati. Berada di luar ruangan juga cenderung membuat tubuh Anda lebih aktif bergerak. Akan lebih baik jika Anda sempatkan untuk berjalan-jalan di alam terbuka yang dapat membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.

Rutin Cek Kesehatan

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memudahkan Anda mendeteksi suatu penyakit atau masalah kesehatan lebih dini. Pemeriksaan kesehatan yang paling umum dapat Anda mulai dari pengukuran berat dan tinggi badan, tekanan darah, hingga cek dan deteksi dini kanker.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil, dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah yang benar. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan, seperti mencegah perkembangan sumber penyakit yang ada di lingkungan sekitar.

Gaya hidup sehat tersebut mudah untuk dilakukan dan memberikan efek jangka panjang hingga masa tua yang lebih sehat dan panjang umur. Anda juga bisa menambahkan asuransi kesehatan agar menghindari mengeluarkan biaya besar untuk perawatan kesehatan dan pastinya membuat pikiran lebih aman dan tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *