Surat Paklaring: Pengertian, Fungsi, Syarat dan Cara Membuatnya

paklaring adalah

Last Updated on January 10, 2022 by Andrian

Bagi kalian yang sudah terjun ke dalam dunia kerja, pastinya sudah tidak asing lagi dengan surat paklaring. Surat ini memang sangat berguna untuk berbagai keperluan administrasi seperti mencairkan dana pensiun BPJS dan masih banyak lagi. Mari simak pembahasan lengkap mengenai surat paklaring di artikel ini!

Pengertian Surat Paklaring

Surat paklaring adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa kalian pernah kerja di suatu perusahaan. Biasanya perusahaan akan mengeluarkan surat paklaring pada saat karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri.

Isinya adalah tentang bagaimana performa kalian selama bekerja di perusahaan bersangkutan. Mulai dari awal kalian masuk hingga akhir masa kerja kalian.

Biasanya surat paklaring akan diminta ketika kalian melamar di perusahaan baru, kebutuhan untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi dan lain sebagainya.

Fungsi Surat Paklaring

1. Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Pada saat kalian ingin mencairkan dana pensiun BPJS ketenagakerjaan, biasanya kalian akan diminta untuk menyertakan surat paklaring sebagai salah satu persyaratan.

Untuk penjelasan bagaimana cara mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan kami sudah membuat 1 artikel khusus yang membahas mengenai hal ini.

2. Syarat untuk Melamar di Tempat Kerja Baru

Mungkin tidak semua perusahaan akan meminta kalian untuk menyertakan surat paklaring, namun mayoritas perusahaan akan meminta surat paklaring.

Dengan begitu perusahaan baru akan mengetahui bagaimana kinerja kalian di perusahaan lama, dan seberapa kredibelnya kalian.

Maka dari itu sangat dianjurkan agar tidak berhenti secara tiba-tiba, karena kemungkinan besar perusahaan tidak akan memberikan surat paklaring bagi karyawan yang berhenti tiba-tiba.

3. Syarat Pengajuan Beasiswa dengan Jalur Profesional

Beberapa universitas memberikan program jalur beasiswa untuk S2 dan S3 bagi para profesional. Nah untuk mengajukan beasiswa tersebut, kalian akan diminta mengikutsertakan surat paklaring.

4. Mengajukan Pinjaman KPR, KTA, dan KKB

Meskipun tidak semua bank meminta surat paklaring, namun ada saja bank yang meminta surat paklaring sebagai syarat untuk dipenuhi peminjam.

Tujuan dari hal ini adalah bank ingin menilai seberapa besar kapabilitas kalian dalam menyelesaikan cicilan. Selain itu hal ini akan membantu bank menentukan seberapa besar uang yang akan dipinjamkan kepada kalian.

Syarat Membuat Surat Paklaring

1. Resign Secara Profesional

Maksud dari resign secara profesional adalah resign dengan cara yang baik. Melampirkan surat resign dan menyertakan alasan resign kepada HRD adalah hal yang harus kalian lakukan jika ingin resign secara profesional.

Jangan sekali-kali mencoba untuk kabur, karena perusahaan tidak akan mengeluarkan surat paklaring bagi karyawan yang seperti ini. Usahakan untuk resign secara baik.

2. Penuhi Segala Kewajiban

Usahakan juga agar menyelesaikan seluruh pekerjaan yang diberikan dengan baik sebelum resign. Hal ini akan mempermudah kalian untuk mendapatkan surat paklaring.

3. Minimal Kerja 1 Tahun

Meskipun ada saja perusahaan yang mau memberikan surat paklaring bagi karyawan yang bekerja di bawah 1 tahun, namun sebaiknya usahakan agar masa kerja kalian mencapai 1 tahun.

Pasalnya masih banyak perusahaan yang hanya memberikan surat paklaring bagi karyawan yang masa kerja nya telah mencapai 1 tahun.

Cara Membuat Surat Paklaring

Berikut kami berikan beberapa langkah yang harus kalian lakukan untuk mendapatkan surat paklaring:

  • Ajukan resign secara profesional
  • Minta kepada HRD untuk mengeluarkan surat paklaring
  • Biasanya membutuhkan waktu selama 1 minggu kerja
  • HRD akan mengabari kalian bahwa surat paklaring telah selesai

Perbedaan Surat Paklaring dengan Surat Keterangan Kerja dan Rekomendasi Kerja

Ketiga jenis surat ini seringkali di salah artikan, padahal ketiga surat ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Surat paklaring diberikan saat karyawan resign, sedangkan surat keterangan kerja akan diberikan sesuai dengan permintaan karyawan saat karyawan masih aktif bekerja.

Kalau membahas surat rekomendasi, biasanya yang mengeluarkan surat rekomendasi adalah atasan anda secara langsung bukan HRD.

Format Penulisan Surat Paklaring yang Benar

Selanjutnya kami akan menjabarkan apa saja bagian yang termasuk dalam format penulisan surat paklaring:

  • Kop Surat
  • Nama Perusahaan
  • Nama Surat
  • Nomor Pembuatan
  • Isi Surat (nama, jabatan, keterangan kerja karyawan)
  • Penutup (tujuan dibuatnya surat paklaring)

Contoh Surat Paklaring Bahasa Indonesia

contoh surat paklaring bahasa indonesia

Contoh Surat Paklaring Bahasa Inggris

contoh surat paklaring bahasa inggris

 

Dapatkan berbagai pilihan produk asuransi di Cekpremi!

asuransi cekpremi

Mari kunjungi Cekpremi Blog untuk berbagai informasi bermanfaat mengenai keuangan, dan bagi kalian yang sedang mencari asuransi klik gambar di atas ya!

 

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →