Tips dan Syarat Klaim Asuransi Mobil yang Lecet agar Diterima

Jun - 29
2021

Tips dan Syarat Klaim Asuransi Mobil yang Lecet agar Diterima

Mengetahui syarat klaim asuransi mobil sangat penting. Pasalnya jika tidak dilakukan sesuai syarat dan aturan pihak asuransi, maka klaim atas kerusakan kendaraan bisa saja tidak diterima.

Salah satu keuntungan mendaftar asuransi adalah jika terjadi kerusakan – baik sekecil apapun juga, maka kita bisa meminta ganti rugi atau perlindungan kepada perusahaan penyedia asuransi.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Meski begitu, tidak semua klaim atas kerusakan mobil bisa diterima oleh pihak asuransi. Di luar kewajiban memenuhi syarat klaim asuransi mobil, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tips Melakukan Klaim Asuransi Mobil

1. Lekas Menghubungi Pihak Asuransi

Jika suatu hal yang buruk terjadi pada mobil Anda, jangan tunda lagi untuk menghubungi pihak asuransi. Sebab semakin cepat kita melapor, maka semakin cepat pula proses klaim dilakukan.

Sebaiknya, melaporkan klaim asuransi mobil sendiri paling lambat dilakukan 3×24 jam pasca kejadian. Hal ini untuk mengantisipasi hilangnya bukti-bukti yang diperlukan saat klaim asuransi.

Baca juga: Prosedur dan Syarat Klaim Asuransi Mobil

2. Siapkan Segala Bukti-Bukti

Salah satu syarat klaim asuransi mobil ialah menyertakan bukti-bukti yang dapat menunjukkan, bahwa kejadian tersebut tidak Anda rekayasa demi mendapatkan uang asuransi semata.

Bukti kejadian sendiri biasa bermacam-macam, bisa berupa foto jika mobil mengalami kerusakan. Bisa pula berupa rekaman CCTV, apabila mobil tersebut hilang akibat tindak pencurian.

3. Catat Detail Kronologi secara Jelas

Saat mengajukan klaim, pihak asuransi akan meminta untuk kita menceritakan kronologi kejadian kerusakan. Jika bisa menjabarkannya secara jelas, maka kesempatan klaim diterima jadi lebih besar.

Karena itu selain sesegera mungkin melapor ke pihak asuransi, catat pula setiap detail kronologi kejadian. Pastikan Anda mengingat lokasi, waktu, hingga posisi mobil saat kejadian berlangsung.

Baca juga: Ini Cara Tepat dan Mudah Klaim Asuransi Mobil Penyok

4. Isi Formulir Pengajuan Klaim

Formulir pengajuan dapat dikategorikan sebagai syarat klaim asuransi mobil. Selain verifikasi data, formulir ini berguna sebagai identifikasi terhadap jenis pertanggungan yang akan Anda terima.

Sebab itu, isilah formulir permohonan klaim sesuai dengan informasi yang diminta. Semakin lengkap dan jelas informasi yang kita berikan, maka semakin kecil pula kemungkinan klaim asuransi ditolak.

5. Periksa lewat Bengkel Rekanan

Salah satu langkah verifikasi yang akan dilakukan asuransi adalah mengecek kondisi mobil. Agar proses ini berjalan dengan lancar, periksakan kendaraan tersebut lewat bengkel rekanan asuransi.

Beberapa bengkel memang ditunjuk secara langsung menjadi rekanan pihak asuransi. Karena itu jika pemeriksaan dilakukan di bengkel ini, maka hasilnya akan lebih dipercaya dan diterima asuransi.

Syarat Klaim Asuransi Mobil

Seperti yang telah disebutkan, melengkapi segala syarat klaim asuransi mobil juga sangat penting dilakukan. Dengan langkah ini, maka kesempatan pengajuan klaim diterima jadi semakin besar.

Lagipula, syarat dan ketentuan mengajukan klaim asuransi kendaraan sendiri sejatinya tidak sulit. Untuk membantu Anda, berikut Cekpremi.com selengkapnya.

  • Polis asuransi dalam bentuk asli dan fotokopi
  • Menyertakan fotokopi SIM dan STNK
  • Bukti laporan kepolisian jika mobil mengalami kerusakan berat atau kehilangan
  • Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan ditandatangani
  • Kronologi kejadian secara tertulis
  • Bukti kejadian berupa foto atau video

Saat mengajukan syarat klaim asuransi mobil, Anda akan diminta untuk membayar biaya tanggungan pribadi (own risk) sebesar Rp 250 – 300 ribu. Karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan dana ini ya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *