Mau Beli Mobil Secara Kredit Dengan Mudah? Cari Tau Yuk Persyaratannya!

Mei - 09
2021
syarat kredit mobil

Mau Beli Mobil Secara Kredit Dengan Mudah? Cari Tau Yuk Persyaratannya!

Ketika ingin memiliki mobil baru, Anda bisa membelinya secara tunai maupun kredit. Jika memiliki budget yang cukup, sebaiknya memang membeli secara tunai karena akan jauh lebih murah dan tanpa bunga. Sedangkan jika budgetnya belum cukup, alternatif kredit mobil bisa menjadi pilihan tepat. Syarat kredit mobil sebenarnya cukup mudah, seiring dengan kebutuhan dan daya beli masyarakat yang semakin tumbuh. Terlebih dengan banyaknya lembaga pembiayaan yang memfasilitasi pembelian mobil dengan sistem cicilan. Jika Anda tertarik untuk membeli mobil secara kredit, berikut adalah syarat dan persiapannya

Syarat dan Persiapan Kredit Mobil 

kredit mobil murah

1. Pilih Dealer dan Leasing Terpercaya

Jangan hanya tergiur dengan promo bunga ringan ataupun cashback, pastikan untuk memiliki dealer resmi dan leasing terpercaya. Setelah menemukan leasing yang tepat, Anda bisa mulai konsultasi bagaimana sistem pembiayaan pembelian mobil di tempat tersebut yang mencakup uang muka, besaran cicilan, jangka waktu, suku bunga, hingga denda. 

​​​​​​​2. Tentukan Masa Kredit

Aturan persyaratan kredit mobil berikutnya adalah menentukan masa jatuh tempo. Anda bisa memilih sendiri tenor 12, 24, 36, 48, dan 60 bulan.  Dalam menentukan masa tenor, sebaiknya Anda mempertimbangkannya dengan melihat rencana keuangan. Apakah memungkinkan bila dilunasi dalam 12 bulan, atau mungkin memang butuh waktu lebih lama. 

​​3. Pertimbangkan DP dan suku bunga

​​​​Besarnya DP bisa fleksibel mengikuti kemampuan Anda. Biasanya DP yang ditawarkan sebesar 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50%. Semakin besar DP yang Anda bayarkan, semakin kecil kredit yang harus dibayarkan. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda bisa mengambil DP kecil dengan cicilan tenor panjang.  Selanjutnya untuk masalah bunga, tanyakan dengan jelas kepada pihak leasing, apakah mereka memberlakukan sistem bunga tetap atau mengikuti bunga pasar. Suku bunga tetap lebih menguntungkan karena sampai akhir cicilan, nominal yang dibayarkan tidak berubah. 

4. Memiliki Rekening Sehat 

Syarat kredit mobil yang tidak secara langsung tertulis adalah memiliki rekening yang sehat. Rekening sehat bukan berarti anda punya uang yang banyak, melainkan memiliki pemasukan dan pengeluaran yang seimbang, serta bebas dari transaksi mencurigakan. 

5. Siapkan Dokumen 

Beberapa persyaratan yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

  • ​​​​​​​Dokumen bukti identitas, bisa KTP, SIM, atau paspor
  • Kartu keluarga
  • NPWP
  • Slip gaji
  • Bukti bayar PBB, rekening listrik, dan air
  • Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir, bila memiliki
  • Keterangan izin praktik untuk profesional
  • Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP bagi pengusaha.

Keuntungan Kredit Mobil

keuntungan kredit mobil

Ketika membeli mobil secara kredit, total harga yang dibayar akan menjadi lebih mahal dibandingkan secara tunai karena akumulasi dari uang muka, angsuran, dan bunga. Semakin besar DP yang dibayarkan, semakin kecil nominal angsurannya, walaupun total seluruhnya masih tetap besar. Namun, beberapa keuntungan ini bisa Anda dapatkan ketika membeli mobil secara kredit. 

Proses Cepat

Salah satu faktor terbesar sebagian orang membeli mobil secara kredit adalah kecepatan dalam mengurus unit dan berkas. Hal tersebut disebabkan dalam pembiayaan kredit akan dibantu oleh dua lembaga, yaitu agen penjualan mobil dan leasing.

Bisa Menentukan Cicilan Bulanan

Keuntungan lain membeli mobil secara kredit adalah bisa menentukan biaya angsuran tiap bulan berdasarkan masa waktu dan kemampuan Anda. Cek simulasi kredit dengan mengatur jumlah uang muka, cicilan, hingga jangka waktu kredit. Adanya simulasi kredit mobil ini, membuat Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

Perlindungan Asuransi

Ketika masa kredit kendaraan sudah berjalan, maka asuransi kendaraan juga aktif di dalamnya hingga pelunasan. Berbeda dengan pembelian mobil secara tunai, biaya asuransi terpisah dan harus dibeli tersendiri. Pilihlah asuransi mobil terbaik dari berbagai perusahaan asuransi yang penawarannya ada di cekpremi.com.

Penjelasan lengkap tentang syarat kredit mobil di atas semoga membantu Anda yang sedang mempertimbangkan untuk memiliki mobil dengan sistem kredit ya.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi