Ternyata Jakarta Punya Taman Instagramable lho! Udah Cobain?

Mei - 31
2021

Ternyata Jakarta Punya Taman Instagramable lho! Udah Cobain?

Jakarta dikenal dengan gedung-gedung pencakar langit, macet, dan polusi di berbagai tempat. Katanya juga hiburan Jakarta hanya ada mall, kalau mau berdekatan dengan alam harus keluar kota. Tapi ternyata ada lho taman di Jakarta yang masih asri dan recommended untuk dikunjungi. Lokasinya strategis, bisa dicapai dengan berbagai angkutan umum. Mau tau dimana lokasinya? Simak di bawah ini ya!

10 Taman di Jakarta yang Asri dan Instagramable

1. Taman Menteng

taman menteng jakarta

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Dari cerita sejarah, awalnya taman ini hanya berupa lapangan terbuka yang kemudian menjadi Stadion Menteng dan menjadi base Persija pada masanya. Kemudian pada tahun 2006, stadion dibongkar dan dibuat menjadi Taman Menteng. Paling ikonik dari taman ini adalah bangunan berbentuk rumah kaca yang sering dijadikan spot foto. Banyak lho orang-orang yang melakukan foto prewedding di sini atau hanya sekedar foto-foto cantik untuk Instagram. Lokasinya ada di persimpangan Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. 

2. Taman Suropati

Taman Suropati

Tak jauh dari lokasi Taman Menteng, Anda bisa berjalan kaki ke Taman Suropati. Taman ini awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein, diambil dari nama Walikota Batavia pertama G.J. Bisshop (1916-1920). Kemudian saat ini sering dimanfaatkan sebagai tempat kopi darat para pecinta hewan. Sedangkan pada malam hari, akan ada banyak seniman jalanan yang datang untuk menghibur pengunjung. 

3. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng

Berlokasi di pusat sejarah Jakarta, taman ini telah ada sejak tahun 1970-an. Awalnya difungsikan sebagai terminal bus, kemudian tahun 1993 kembali menjadi ruang terbuka hijau. Saat ini, Taman Lapangan Banteng sering dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat, seperti pameran flora fauna ataupun tempat olahraga. 

4. Taman Ria Rio

Taman Ria Rio

Untuk warga Jakarta di daerah Timur, ada Taman Ria Rio yang bisa jadi lokasi bersantai sore Anda. Terletak di kawasan Kayu Putih, Pulo Gadung, taman ini dilengkapi dengan fasilitas arena lari dan area wifi. Ada juga waduk yang terdapat banyak burung bangau putih. Ikonik lainnya adalah pohon Baobab yang tumbuh di tengah taman. Pohon ini telah berusia ratusan tahun dan batangnya menyimpan air lho. 

5. Taman Ayodya

taman ayodya jakarta

Taman di Jakarta lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Ayodya. Lokasinya berada di Jalan Barito, Kebayoran Baru. Terdapat kolam dengan hiasan tanaman teratai, lampu berbentuk gurita, dan air mancur yang membuat taman ini semakin indah. Beberapa fasilitas lain juga lengkap lho, seperti gazebo, mini amphitheatre, trek lari, hingga danau buatan. 

6. Taman Kalijodo

taman kalijodo

Dulu Kalijodo dikenal sebagai kawasan kumuh di Jakarta Utara. Namun saat ini wajah barunya telah hadir. Kini Taman Kalijodo memiliki banyak fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan warga. Paling favorit adalah area skatepark yang ternyata termasuk area skate terbesar di Asia Tenggara! Total ruang terbuka hijau di area ini mencapai sekitar 1.4 hektar lho. 

7. Taman Tabebuya

 

Jika Anda menelusuri daerah Jakarta Selatan lebih dalam, ada Taman Tabebuya yang berlokasi di Jagakarsa. Taman hijau ini dipenuhi oleh udara sejuk, dengan angina semilir yang menenangkan jiwa. Berbagai fasilitas umum dan hiburan lengkap tersedia, seperti kolam bunga teratai dan ikan, hingga gazebo untuk duduk santai. 

8. Taman Cattleya

Taman Tabebuya jakarta barat

Beralih ke daerah Barat, ada Taman Cattleya yang masih asri dan hijau. Taman seluas 3 hektar ini ditanami dengan beragam tanaman, dan pohon-pohon yang tinggi menjulang. Sering juga dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding, atau sesi pemotretan oleh fotografer profesional. Anda juga bisa berolahraga lari ataupun sepeda mengelilingi taman. 

9. Taman Langsat

Taman Langsat mayestik

Di kawasan Kebayoran Baru, tepatnya di belakang Pasar Burung Barito, terdapat Taman Langsat yang sering dijadikan pusat kegiatan warga sekitar. Lokasinya tidak terllau ramai, cocok untuk berolahraga ataupun untuk duduk santai menikmati udara segar. Dulunya taman seluas 3,6 hektar ini merupakan tempat pembibitan tanaman unggul. Kemudian beralih fungsi menjadi taman untuk memenuhi sarana hiburan bagi warga ibukota. 

10. Taman Waduk Pluit

Waduk Pluit

Mau menikmati sunset di tengah kota? Cobalah untuk mengunjungi Taman Waduk Pluit yang berada di kawasan Utara, Menjelang senja, Anda bisa duduk di pinggiran waduk sambil menanti matahari tenggelam. Fasilitas lainnya adalah lapangan olahraga yang lengkap serta amphitheatre mini untuk event pertunjukan. 

Beberapa taman di Jakarta di atas bisa menjadi referensi tepat untuk Anda yang sedang penat. Selain itu, ada beberapa tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di Jakarta. Namun, di masa pandemi ini, pastikan untuk mengecek waktu buka kawasan tersebut ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *