5 Tempat Wisata di Semarang Bersejarah yang Wajib Anda Kunjungi

Mei - 19
2021
Sam Poo Kong

5 Tempat Wisata di Semarang Bersejarah yang Wajib Anda Kunjungi

Semarang merupakan kota besar di Jawa Tengah yang menyimpan situs-situs peninggalan sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Nah, ulasan kali ini membahas beberapa tempat wisata di Semarang yang memiliki nilai sejarah tinggi yang wajib Anda ketahui.

Kota Semarang terletak di lokasi yang strategis di pulau Jawa sehingga menjadi pusat perkembangan peradaban pada zaman dahulu.

Jejak-jejak bersejarah terlihat pada hampir setiap bangunan di kota ini.

Beberapa di antaranya menjadi destinasi wisata sejarah favorit yang selalu dikunjungi para wisatawan lokal maupun asing.

Sebelum Anda berlibur ke kota Semarang, penting untuk mengetahui tempat mana saja yang sebaiknya Anda kunjungi.

Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Semarang yang memiliki nilai sejarah yang bisa Anda kunjungi.

 

5 Tempat Wisata di Semarang yang Bernilai Sejarah Tinggi

1. Lawang Sewu

lawang sewu

Siapa yang tidak kenal Lawang Sewu? Lawang Sewu menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang bersejarah dan menarik untuk ditelusuri.

Dalam bahasa Jawa, Lawang Sewu berarti seribu pintu karena bangunan ini memang memiliki banyak pintu. Meskipun begitu, faktanya gedung ini hanya memiliki 429 pintu.

Ini adalah bangunan peninggalan zaman kolonial yang difungsikan sebagai kantor administrasi sebuah perusahaan kereta api swasta milik Belanda.

Akan tetapi, di balik kisahnya sebagai perkantoran pada masa itu, bangunan ini mempunyai sejarah kelam yang tidak bisa dilupakan.

Salah satunya terdapat pada bagian bawah tanah gedung yang merupakan penjara bagi tawanan perang pada masa penjajahan Jepang.

2. Kota Lama

Kota Lama

Kota Lama merupakan salah satu kawasan di Kota Semarang yang kental dengan arsitektur era kolonial.

Bangunan-bangunannya menjadi saksi bisu bahwa kawasan ini merupakan tempat tinggal orang-orang Belanda sekaligus salah satu pusat perekonomian penting di Indonesia.

Walaupun bangunannya sudah berusia ratusan tahun, banyak diantaranya masih terlihat kokoh dan dalam kondisi sangat baik.

Bahkan, hingga kini Kota Lama menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang favorit yang ramai dikunjungi.

3. Tugu Muda

Tugu Muda

Destinasi wisata di Semarang selanjutnya yaitu Tugu Muda.

Tugu Muda merupakan monumen peringatan yang dibangun pada 10 November 1950 kemudian diresmikan pada 20 Mei 1953 oleh Presiden Soekarno.

Monumen ini berbentuk seperti lilin dengan tinggi 53 meter sebagai penanda perjuangan pemuda Indonesia yang tidak pernah padam atas penjajahan Jepang kala itu.

Pertempuran ini pun dikenal dengan istilah Pertempuran Lima Hari.

Tugu Muda saat ini merupakan salah satu landmark di kota Semarang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

4. Sam Poo Kong

Sam Poo Kong

Sam Poo Kong merupakan Kelenteng bersejarah yang terkenal di Semarang hingga mancanegara.

Dalam sejarahnya, Kelenteng Sam Poo Kong adalah tempat berlabuhnya Laksamana Cheng Ho ketika melakukan perjalanan ke Nusantara.

Di dalam kelenteng, Anda akan merasakan perpaduan budaya Tionghoa dengan unsur agama Islam yang kental melekat pada bangunan ini.

Selain itu, Anda dapat menyaksikan relief Laksamana Cheng Ho, beberapa gua petilasan, serta pohon rantai yang diyakini berusia 611 tahun.

Sam Poo Kong dinobatkan sebagai situs warisan budaya, sehingga destinasi wisata di Semarang ini tidak boleh Anda lewatkan.

5. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Wisata di Semarang yang terakhir yaitu Benteng Pendem atau Benteng Fort Willem I.

Fort Willem I merupakan Raja Hindia Belanda yang membangun benteng ini pada abad ke 18 akibat terjadinya pergolakan revolusi Belgia kala itu.

Bangunan tua ini merupakan warisan Belanda yang masih berdiri kokoh dan masih ramai dikunjungi hingga saat ini. 

Dengan latar belakang ikonik khas arsitektur masa kolonial, bangunan ini pun sering dijadikan spot untuk melakukan foto prewedding.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Benteng Pendem, bangunan ini terletak di kecamatan Ambarawa dan hanya berjarak sekitar satu jam dari kota Semarang.

***

Itulah beberapa destinasi wisata di Semarang bersejarah yang bisa Anda kunjungi.

Jangan lupa, bekali perjalanan Anda dengan asuransi travel agar perjalanan liburan Anda semakin aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *