Tempat Wisata Edukasi di Jakarta yang Cocok untuk Liburan Sekolah

wisata edukasi

Wisata Edukasi adalah kegiatan ke suatu tempat dengan tujuan utama untuk mendapat pengalaman belajar secara langsung terkait dengan lokasi yang dikunjungi. Gampangnya, selain melancong untuk liburan, pengunjung juga akan mendapat pengetahuan tentang tempat tersebut. Kegiatan ini bisa dilakukan siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa.

Sebagai orang dewasa, pastinya kita membutuhkan refreshing untuk menghilangkan penat dari kehidupan sehari-hari. Begitu pun dengan anak-anak yang jenuh karena sekolah. Daripada itu, bepergian bersama keluarga menjadi pilihan yang tepat saat memasuki libur sekolah. Tetapi, jangan lupa untuk kunjungi tempat yang bukan hanya untuk bersenang-senang, melainkan juga untuk edukasi. Sebab selain bermain, anak-anak juga butuh belajar. 

Ternyata, di Jakarta ada tempat untuk anak bermain sambil belajar juga loh. Berikut adalah tempat wisata edukasi di Jakarta yang cocok untuk liburan sekolah. Simak sampai habis ya.

  • Taman Impian Jaya Ancol

Ancol merupakan salah satu ikon di Jakarta. Tempat ini berlokasi di Jakarta Utara. Ancol selalu ramai didatangi oleh pengunjung karena selain menyajikan pantai yang bagus, ada banyak tempat-tempat lain di dalamnya yang bisa dikunjungi seperti pertunjukan mamalia laut lumba-lumba. Disini, anak-anak bisa bermain sambil belajar. Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp25.000 per orang.

  • Dunia Fantasi

Dunia fantasi atau biasa disebut Dufan menjadi tempat paling banyak digemari oleh banyak kalangan. Baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tempat yang masih berada di dalam Ancol ini, selalu ramai pengunjung baik akhir pekan atau libur sekolah. Dufan menawarkan wahana penguji adrenalin yang dapat melatih keberanian anak. Selain itu, pengunjung tidak akan cepat bosan karena terdapat berbagai macam wahana.

  • Kidzania

Meskipun berlokasi di dalam mall, Kidzania tetap merancang sedemikian rupa agar tempat ini menyerupai bentuk kota. Kota disini yakni kota anak-anak. Kidzania menawarkan berbagai permainan berbasis profesi masa depan yang bisa dilakukan oleh anak-anak seperti menjadi pemadam kebakaran, seorang insinyur, dokter, perancang busana, dan masih banyak lagi. Seakan anak hidup di dalam sebuah kota dan mereka dapat bekerja di sana. Sehingga banyak sekali anak-anak yang ingin pergi ke tempat ini. 

  • Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sangat cocok untuk pengetahuan anak terkait keberagaman Indonesia. Disini terdapat berbagai macam bangunan rumah adat dari setiap daerah, rumah ibadah dari berbagai agama dan suku hingga danau yang terdapat pulau-pulau di tengahnya yang membentuk peta Indonesia. Pantas saja jika TMII ini dijuluki sebagai miniatur Indonesia. Selain itu, masih banyak tempat lainnya yang bisa dikunjungi di dalam TMII seperti istana boneka, taman-taman, hingga kereta gantung.

  • Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini menjadi tempat yang cocok untuk liburan sekolah. Bagaimana tidak, disini pengunjung bisa melihat berbagai macam hewan sekaligus membaca informasi dari hewan tersebut. Tentunya ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Selain itu, disini juga ada bermacam-macam tumbuhan yang tersebar di lahan dengan luas 140 hektar. 

Itulah rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi. Selain itu, untuk menjamin perjalananmu tetap aman dan nyaman, kamu bisa menggunakan asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan berfungsi untuk menjamin perjalananmu selama perjalanan darat/laut/udara. Asuransi perjalanan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Tokio Marine. 

Produk Asuransi Jiwa Tokio Marine unggul karena memiliki limit tahunan sampai Rp1 miliar dan proteksi hingga usia 99 tahun. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi. Kami menyediakan berbagai asuransi perjalanan terlengkap yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat liburan! 

Pertanyaan Terkait Wisata Edukasi

Apakah kamu sudah mengerti apa maksud dari wisata edukasi? Jika belum, simak pertanyaan dan jawaban berikut yang dapat menambah wawasanmu.

Apa itu wisata edukasi?

Wisata edukasi adalah kegiatan ke suatu tempat dengan tujuan utama untuk mendapat pengalaman belajar secara langsung terkait dengan lokasi yang dikunjungi.

Apa saja tempat wisata edukasi di Jakarta?

Jakarta memiliki banyak tempat bermain sambil belajar antara lain; Taman Impian Jaya Ancol, Sea World Ancol, Dunia Fantasi, Kidzania, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan dan Planetarium.