Ternyata Kelebihan Minum Air Putih Berbahaya

Air Putih
Image Source beauty-cleanse.com

Jika kita mendengar pakar kesehatan menyuarakan betapa pentingnya minum air putih untuk tetap sehat, itu adalah hal yang tentunya lazim kita dengar. Akan tetapi para pakar tersebut tidak menyarankan untuk minum air putih secara berlebihan. Ternyata air putih menyimpan bahaya tersendiri jika dikonsumsi terlalu banyak.

 

Dehidrasi adalah istilah bagi yang orang tubuhnya kekurangan air, lalu apa istilah untuk orang yang justru kelebihan air? Prof.Dr.dr. Parlindungan Siregar yang merupakan pakar penyakit dalam pernah menjumpai sebuah kasus dimana pasien mengalami kejang-kejang. Hasil pemeriksaan menunjukkan penyebab pasien tersebut kejang-kejang akibat terlalu banyak minum air. Keseimbangan garam di dalam tubuhnya hilang larut bersama air yang dia minum kemudian menyebabkan dirinya kejang-kejang.

 

Normalnya kadar garam dalam tubuh manusia adalah 140 miligram. Nah pada kasus tadi Dr. Parlindungan Siregar menemukan kadar garam dalam tubuh si pasien hanya 100 miligram. Rupanya pasien tersebut mengaku minum air lebih dari tiga liter setiap harinya.

 

Minum air putih memang baik bagi kesehatan, rata-rata orang dewasa membutuhkan 2-2,5 liter air putih setiap harinya, sedangkan untuk lansia dengan usia diatas 65 tahun konsumsi air putih minimal 1,5 liter setiap harinya dan jangan sampai kurang. Kurangnya konsumsi air pada saat lansia bisa mengakibatkan rapuhnya tulang sehingga mudah patah, hal itu disebabkan garam di dalam tubuh menurun.

 

Air Putih
Cek asuransi dengan biaya premi termurah (Klik Gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 25, 2015

Posted In: Health

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami